ads
8.jpg

Berita Kawasan

5 Art Space di Kemang untuk Menambah Wawasan Seni

Kemang bukan hanya dikenal dengan kawasan hunian ekspatriat, pusat perbelanjaan berkelas, resto atau kafe untuk wisata kuliner. Di Kemang, banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menambah wawasan pengetahuan. Salah satunya adalah konsep art space. Ada banyak art space di Kemang yang bisa didatangi untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang seni.

Art space sendiri merupakan suatu wadah bagi seniman dalam menuangkan karya seni ke masyarakat dan melestarikan karya serta sebagai sarana pendidikan publik. Namun, jangan berpikir kalau di art space, pengunjung hanya bisa melihat karya-karya seni saja. Kini, konsep art space mulai dilengkapi berbagai fasilitas seperti kafe sehingga bisa sebagai tempat bersantai dan nongkrong sambil menikmati seni.

[Baca Juga : 5 Tempat Kursus Seni untuk Anak di Kemang Jakarta]

Jika memang tertarik, berikut ini beberapa art space di Kemang yang bisa dikunjungi sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

  • Art Gallery Hadiprana

Art space ini merupakan galeri seni pertama yang didirikan oleh Hendra Hadiprana pada 1961. Pada tahun 1997, galeri ini pindah ke kawasan Kemang, Jakarta Selatan yang kemudian dinamai Art Boutique Mall. Di art space ini, pengunjung bisa melihat berbagai karya seni dari para seniman seperti lukisan, artefak, dan berbagai karya seni lainnya. Selain itu, tempat ini juga membuka kelas seni untuk anak-anak seperti melukis dan menari. Art Gallery Hadiprana berlokasi di Jalan Kemang Raya, Bangka, Jakarta Selatan 12730. Jam buka galeri ini mulai dari Senin - Sabtu dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB dan tutup pada Minggu.

  • Dia.Lo.Gue

Dia.Lo.Gue adalah publik art space yang bertujuan untuk mendorong dialog atau percakapan antara orang-orang, seni dan desain. Art space yang berada di Jalan Kemang ini menggabungkan antara ruang seni, toko kecil dan restoran yang bergaya rumahan. Para pengunjung bisa membeli berbagai merchandise hasil karya rumahan di sini. Beberapa produk dibuat terbatas dan unik seperti peralatan kantor dan alat tulis, aksesoris rumah, karya seni, mainan dan lainnya.

Art space ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melihat aneka ragam lukisan yang dipajang atau sekadar menikmati berbagai kuliner yang ada di area restoran. Selain melihat berbagai karya seni kontemporer dari seniman lokal, pengunjung bisa membeli berbagai merchandise. Tidak cuma lukisan, Dia.Lo.Gue sering mempertunjukkan koleksi seni dalam bentuk lain seperti video, patung kertas, pameran dari komunitas-komunitas lokal. Jika tertarik, datang saja ke Dia.Lo.Gue yang berlokasi di Kemang Selatan No.99A, Kemang, Jakarta Selatan. Art space ini dibuka setiap hari pukul 09.00 - 18.00 WIB.

BIASA Art space

Galeri ini didirikan oleh Susanna Perini pada 2005 yang bertujuan untuk menjembatani pertemuan dirinya dengan para seniman muda di Jawa dan Bali sekaligus membangun fondasi untuk inspirasi artistik. Art space yang berada di lantai dua Gedung BIASA ini kemudian berkembang menjadi wadah para seniman untuk melakukan dialog dan interaksi dengan publik.

Pameran yang dilakukan di sini merupakan hasil kolaborasi seniman dalam dan luar negeri, serta institusi pemerintahan secara berkala. Pengunjung yang datang biasanya akan langsung merasakan hal-hal unik dan pengalaman yang berbeda. Di BIASA Artspace kamu juga bisa mengunjungi butik yang berada dalam satu atap. BIASA Art Space berada di lantai 2 Gedung BIASA, Jalan Kemang Raya No. 20A, Kemang, Jakarta Selatan. Untuk jam buka, pengunjung datang setiap hari pukul 09.00 - 20.00 WIB.

Edwin’s Gallery

Edwin’s Gallery merupakan salah satu galeri yang paling aktif di Indonesia. Didirikan pada tahun 1984, galeri ini selalu mempertahankan eksistensi dan kegiatannya dalam dunia seni. Berawal dari ruang galeri dan studio fotografi di garasi, kini Edwin’s Gallery menempati area cukup luas yang biasa digunakan untuk pameran. Galeri yang terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini banyak menampilkan karya seni beraliran kontemporer.

Berawal dari ruang galeri dan studio fotografi di garasi, kini Edwin’s Gallery menempati area cukup luas yang biasa digunakan untuk pameran. Edwin’s Gallery ini juga menyediakan shop art sehingga Anda bisa membeli berbagai karya seni maupun cinderamata milik seniman lokal. Galeri ini berada di Jalan Kemang Raya No. 21, Bangka, Jakarta Selatan dan jam buka setiap hari Senin - Sabtu pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB dan hari Minggu tutup.

[Baca Juga : Komunitas Salihara, Ruang Ekspresi Seniman di Jakarta Selatan]

2Madison

2Madison adalah sebuah art space di mana pengunjungnya bisa menikmati hasil karya seni seniman Indonesia sekaligus juga merasakan tempat yang nyaman untuk “nongkrong” dan bersantai. Didirikan oleh PT Madison Mahacipta, 2Madison memiliki visi untuk mengundang seniman muda Indonesia untuk berkolaborasi, memperkenalkan, dan memasarkan karya-karya mereka melalui Online Designer Gallery.

2Madison Eatery terdiri dari tiga lantai. Pada lantai dasar terdapat kafe dengan meja makan dan bar, lantai dua dan lantai tiga digunakan sebagai kantor pribadi. Keunikan lain dari 2Madison adalah gabungan antara toko gaya hidup, kafe dan juga sebuah art space. Di sini pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan makanan lezat dan minuman, tetapi juga furnitur unik dengan berbagai desain yang dapat dibeli dengan harga yang sangat wajar.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads