Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan-Bahan Alami

Kecantikan dan Fashion

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe dengan nama ilmiah Pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus kronis atau pun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

Ketombe dapat juga merupakan gejala infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi.

[Baca Juga: Gunakan 4 Bahan Alami Ini Agar Miliki Bulu Mata Panjang]

Untuk mengatasi masalah ketombe, PingPoint.co.id merangkum dari beberapa sumber, tentang menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami :

1. Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

2. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan Acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun). Dapat menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

3. Jeruk Nipis

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan.jpg

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Kandungan nutrisi dalam minyak yang lebih umum digunakan untuk kecantikan kulit ini, sebenarnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala Anda.

5. Minyak Almond

Bukan hanya susu almond yang kaya manfaat untuk kecantikan, minyak almond juga demikian. Dalam mengatasi masalah ketombe, minyak ini memiliki fungsi yang sama dengan minyak zaitun. Penggunaannya dengan mengaplikasikannya pada rambut, tunggu beberapa saat kemudian keramas seperti biasa.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

Selain menggunakan bahan alami tentunya Anda juga harus rajin keramas. Jarang keramas akan menyebabkan ketombe karena rambut kotor. Keramaslah dengan sampo yang cocok. Biasakan tidak bertukar pinjam sisir dengan orang lain karena jamur bisa menular, selain itu kita tidak pernah tahu apa sisir yang kita pinjam bersih atau tidak.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.