Bahan yang Merusak Smoothies.jpg

Kesehatan

5 Bahan yang Merusak Kesehatan Smoothies

Smoothies merupakan minuman yang dibuat dengan buah-buahan, sayuran, susu dan es batu. Untuk memperkaya rasa dan tekstur beberapa orang mencampurkan bahan lain seperti cokelat dan kacang-kacangan. Smoothies merupakan alternatif minuman yang dapat menyehatkan, sebab mengandung banyak nutrisi. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku jika Anda memasukkan bahan-bahan yang sehat, rendah gula, dan kalori. Bagaimana jika sebaliknya?

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Smoothies yang harusnya sehat bisa bisa jadi tak sehat apabila Anda mencampurkan bahan tinggi kalori dan rendah nutrisi. LeAnn Weintraub, MPH, RD, seorang ahli nutrisi dari Los Angeles, AS menjelaskan, ada enam bahan yang tak bagus Anda campurkan ke dalam smoothies buah dan smoothies sayur, seperti dikutip dari shape.com (28/1/2019).

1. Madu

Agar lebih sehat, mungkin Anda berpikir untuk mengganti gula dengan madu supaya lebih sehat. Padahal kandungan gula yang ada di dalam madu tidak lebih rendah dari gula. Sebagai gantinya, Anda bisa tambahkan buah-buah manis yang rasanya kuat, seperti nanas.

2. Sari Buah atau Jus Kemasan

Menggunakan jus buah instan yang ada di pasaran untuk menghemat waktu? Lebih baik urungkan niat Anda tersebut karena kandungan gula dalam jus kemasan sangat tinggi. Anda juga tidak sepenuhnya mendapatkan sari-sari buah. Biasanya jus kemasan hanya lebih banyak mengandung air, gula, dan perasa. Walaupun Anda harus berbelanja, pilihlah buah atau sayuran asli agar nutrisinya terjaga.

3. Yoghurt dengan Perasa Tambahan

Di pasaran jenis yoghurt sangat banyak, agar lebih nikmat saat dimakan beberapa perusahaan memberikan tambahan rasa buah. Bukan hanya memberikan perasa, namun gula agar rasanya lebih manis. Kandungan gula yang terkandung pada yoghurt dengan rasa ini hampir 29 gram per sajiannya. Jumlah tersebut merupakan empat kali porsi yang diajurkan per hari. Sebaiknya gunakan yoghurt tawar sebagai sumber kalsium dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

4. Susu

Jika Anda sedang memperkaya nutrisi dari sayuran hijau, hindari penggunaan susu. Karena susu dapat menghambat penyerapan zat besi yang dihasilkan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dan lainnya. Untuk gantinya, Anda bisa mengganti susu dengan air mineral dan air kelapa.

5. Protein Bubuk

Protein bubuk memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga baik untuk Anda yang ingin mengemukan badan. Namun alangkah baiknya jika Anda menggunakan sumber protein alami dari daging ayam, telur, kacang-kacangan atau ikan.

[Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Ikan Teri Bagi Kesehatan]

Itulah bahaya smoothies yang bisa berakibat ke dalam kesehatan tubuh Anda jika Anda tak menggunakan bahan yang tepat.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.