5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Kesehatan

5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Setelah berpuasa satu bulan penuh, ada bisa bebas makan kembali saat Lebaran tiba. Namun, sejak Idulfitri hingga beberapa hari setelahnya hidangan Lebaran yang ada di atas meja kemungkinan hanya makanan yang terbuat dari santan dan dipenuhi dengan banyak minyak. Seperti yang diketahui, makanan khas Lebaran di Indonesia kaya akan lemak dan kolesterol.

Maka dari itu, jika Anda makan secara berlebihan tak heran jika berat badan Anda bertambah. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menurunkan kolesterol dengan beberapa cara, salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Dilansir dari boldsky.com (11/06/2019) berikut buah-buahan yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

1. Pepaya

Papaya bukan hanya bagus untuk pencernaan, buah ini mengandung kalori yang rendah dan serat yan tinggi sehingga mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah agar dikeluarkan melalui feses. Proses ini mampu menurunkan kadar kolesterol dengan alami.

2. Tomat

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. tomat juga kaya akan vitamin, misalnya vitamin A, B, C, dan K. karena kaya nutrisi tomat mampu menyerap kolesterol jahat dan mampu membantu menurunkan tekanan darah dan juga menjaga kesehatan jantung.

3. Alpukat

Walau mengandung lemak, alpukat dianjurkan untuk para penderita kolesterol tinggi. Alpukat kaya akan vitamin K, C, B5, B6, dan E yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut sangat bagus untuk membawa LDL (Lipeprotein Desitas Rendah) yang merupakan kolesterol jahat turun dan menaikkan kadar HDL (Lipopretein Densitas Tinggi) sebagai kolesterol baik. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

4. Jeruk

Segala jenis jeruk sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol secara alami. Pasalnya jeruk mengandung hesperidin, senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi. Jeruk juga mengandung senyawa pektin yang mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

5. Apel

Buah yang satu ini sudah populer dikalangan orang yang sedang diet, bahkan apel disebut sebut buah super karena mampu membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin yang ada dalam serat apel mampu mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penggumpalan darah.

Itulah beberapa buah yang bisa Anda coba konsumsi pasal lebaran. Semoga kolesterol dari makanan lebaran tak begitu berpengaruh setelah mengonsumsi buah-buah di atas secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.