5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kesehatan

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Walaupun sayur dan buah dikenal sebagai dengan makanan yang sehat untuk semua orang, namun tidak dengan orang yang menderita diabetes. Penderita diabetes harus sangat berhati-hati ketika memilih buah-buahan yang tidak bisa dikonsumsi penderita diabetes karena mampu meningkatkan kadar gula darah.

Memang, buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat, yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan serat juga mampu menekan rasa lapar sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Maka dari itu, para penderita diabetes lebih baik mengonsumsi buah-buahan yang berbasis air, sehingga tak perlu khawatir dengan peningkatan gula darah.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Mengutip dari boldsky.com (29/5/2019) inilah buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

1. Jeruk Bali Merah

Buah yang satu ini mengandung 91 persen air. Jeruk ini kaya akan vitamin C, kadar gula rendah dan jumlah seratnya cukup tinggi. Kandungan yang ada di buah ini juga mampu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Makanlah setengah jeruk bali merah setiap hari untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

2. Stroberi

Buah yang terkenal dengan rasa asam yang sega ini kaya akan vitamin, antioksidan, dan serat yang mampu membantu mengendalikan diabetes. Stoberi rendah karbohidrat dan kaya akan serat sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Stoberi juga dapat membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah.

3. Ceri

Buah yang kerap kali ada di atas kue ini kaya akan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta-karoten, kalium, folat, magnesium dan serat. Ceri penuh dengan anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin hingga lima puluh persen. Mengonsumsi 150 gram ceri dalam sehari bisa sangat membantu menjaga penderita diabetes tetap terkendali.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

4. Apel

Kaya Vitamin C, serat, dan antioksidan, apel jadi buah-buahan favorit yang dikonsumsi saat diet. Apel mengandung pektin yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar tiga puluh lima persen.

5. Pir

Pir mengandung 84 persen kadar air. Pir juga mengandung serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah. Pir dianggap sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Itulah buah-buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Agar kadar gula darah tetap stabil, ada baiknya Anda melakukan diet dan kontrol makanan secara teratur.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.