5 Camilan Lebaran Tradisional Khas Betawi

Kuliner

5 Camilan Lebaran Tradisional Khas Betawi

Idulfitri merupakan hari perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Biasanya pada Hari Kemenangan ini dimanfaatkan sebagai hari untuk memanfaatkan dan berkumpul dengan keluarga. Maka dari itu tak heran, lebaran dijadikan momen untuk mempersiapkan hidangan terbaik. Biasanya tiap daerah memiliki sajian khas Lebaran yang berbeda dengan daerah lainnya.

Misalnya orang Betawi, suku asli Jakarta ini memili hidangan-hidangan tertenu yang biasa disajikan saat Lebaran tiba. Merangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa camilan Lebaran khas Betawi.

[Baca Juga: 5 Kue Kering Khas Lebaran yang Harus Ada Di Atas Meja]

1. Akar Kelapa

Kue ini merupakan kue khas Betawi. Kue kering ini berbentuk layaknya akar kelapa, rasanya gurih dan garing. Beberapa orang menggunakan parutan kelapa asli untuk camilan ini, namun ada juga yang tidak. Sudah pernah mencoba akar kelapa?

2. Kue Biji Ketapang

Yang dimaksud di sini bukan biji ketapang asli, namun kue kering yang bentuknya menyerupai biji ketapang. Bahan dan cara pembuatannya pun tak sulit seperti kue kering lainnya. Anda tak perlu memerlukan oven, karena kue ini matang sempurna jika di goreng.

3. Kembang Goyang

Tak lengkap rasanya jika Anda tak mencicipi kue kering yang satu ini. Kue ini memiliki banyak nama, biasa disebut kue antari atau kue matahari. Biasanya rasanya manis namun ada juga yang membuatnya hambar. Rasanya renyah karena adonan digoreng tipis.

[Baca Juga: Asal-usul Kebaya Kerancang Betawi dan Perkembangannya Sekarang]

4. Dodol Betawi

Camilan yang satu ini pasti harus ada saat lebaran tiba. Camilan manis dan kenyal khas Betawi ini dibuat dengan berbagai rasa, mulai dari ketan putih, ketan hitam, dan juga durian. Proses pembuatan kue yang satu ini memang terkenal rumit dan memerlukan waktu yang panjang layaknya dodol dari daerah lainnya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa membeli dodol Betawi di toko kue atau budaya Betawi. Biasanya dodol ini juga dijual di pinggir jalan, jika Anda beruntung menemukannya.

5. Manisan Kolang Kaling

Setelah mencicipi kue kering, Anda perlu camilan yang dapat menyegarkan dahaga. Salah satu yang camilan segar yang dimiliki Betawi adalah manisan kolang kaling. Biasanya memiliki warna cerah yang cantik karena diberi pewarna makanan. Biasanya camilan ini jadi favorit karena digemari anak-anak.

Itulah beberapa camilan lebaran khas Betawi yang harus Anda coba.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.