5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Punya benjolan di ketiak? Umumnya, benjolan di ketiak bukanlah kondisi yang berbahaya. Benjolan bisa disebabkan dari berbagai hal. Namun, biasanya munculnya benjolan pada ketiak disebabkan infeksi bakteri, virus atau peradangan.

Munculnya benjolan di ketiak tentu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, tidak nyaman beraktivitas dan merasa khawatir akan penyakit tertentu, khususnya pada perempuan. Benjolan di ketiak memang identik dengan kanker payudara. Pasti ada kekhawatiran bahwa benjolan tersebut merupakan gejala penyakit yang serius tersebut.

[Baca Juga: Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker]

Benjolan di ketiak akibat infeksi biasanya memiliki tekstur lunak dan akan terasa nyeri. Kondisi tersebut merupakan limfadenitis atau peradangan dan pembesaran kelenjar getah bening. Jika Anda mengalami benjolan di ketiak dengan kondisi tersebut bisa diobati untuk menghilangkan benjolan dan menghilangkan rasa nyeri.

Berikut lima cara alami menghilangkan benjolan di ketiak yang mudah dilakukan.

1) Kompres dengan Air Hangat

Cara paling mudah adalah Anda bisa mengompres benjolan dengan air hangat. Melansir dari brilio.net (27/6/2019), suhu air hangat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang nantinya juga akan membantu mengecilkan benjolan dengan sendirinya.

2) Pijat dengan Minyak Kelapa

Selain mengompres dengan air hangat, Anda juga bisa memijat ketiak dengan minyak kelapa. Memijat ketiak dengan lembut bisa meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan, penggunaan minyak kelapa bisa berkhasiat menghilangkan benjolan di ketiak. Karena, minyak kelapa mengandung anti-inflamasi, antiviral, dan antibakteri alami. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada ketiak, lalu pijat-pijat lembut dengan gerakan melingkar, dan diamkan selama beberapa menit. Cara ini cukup ampuh jika Anda melakukannya secara rutin, misalnya tiga kali sehari.

3) Oleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya juga memiliki kandungan yang sama seperti minyak kelapa, yaitu kandungan antiinflamasi yang efektif menghilangkan benjolan di ketiak. Sehingga, jika tak memiliki minyak kelapa, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada bagian yang benjol dan berikan pijatan lembut.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

4) Jus Lemon

Melansir grid.id (17/6/2018), jus lemon berkhasiat mengurangi benjolan yang terasa nyeri. Karena, jus lemon juga memiliki banyak sifat antiinflamasi yang bisa menghilangkan benjolan di ketiak. Cukup konsumsi jus lemon untuk penyembuhan, cara yang cukup mudah kan?

5) Buah Semangka

Selain jus lemon, semangka juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi benjolan di ketiak. Semangka kaya akan antioksidan bisa membantu detoksifikasi darah dan menghilangkan benjolan di ketiak. Semangka tidak hanya mengurangi bengkak, tapi juga membersihkan racun dari semua racun berbahaya.

[Baca Juga: Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak]

Itulah lima cara alami yang bisa menghilangkan benjolan di ketiak yang disebabkan infeksi bakteri atau bukan benjolan karena penyakit serius. Selama masa pengobatan, Anda diwajibkan untuk tidak mengonsumsi kafein, makanan pedas, jangan menggunakan deodoran, jangan mencukur bulu ketiak, dan jangan menggaruk ketiak.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.