5 Cara Bujuk Anak Minum Obat

Kesehatan

5 Cara Bujuk Anak Minum Obat

Si buah hati tidak mau minum obat ketika sedang sakit sering kali dikeluhkan para orangtua. Tentunya, hal ini disiasati dengan beragam cara untuk membujuk minum obat.

Membujuk si buah hati untuk minum obat di kala sakit bukanlah perkara mudah, dan hal ini kerap kali selalu dikeluhkan para orangtua. Dalam gambaran si buah hati, biasanya obat memiliki rasa yang tidak nyaman atau pahit. Dengan begitu, tak jarang si buah hati enggan membuka mulutnya.

Meskipun menjadi suatu keluhan, tentunya para orangtua tidak menyerah memberikan obat demi kesembuhan si buah hati. Banyak cara yang dilakukan orangtua untuk membujuknya minum obat, seperti mengiming-imingkan hadiah dan sebagainya.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Nah, berikut ini lima cara bujuk anak minum obat seperi dikutip dari laman Ciputra Hospital, Jakarta Barat (29/3/2019).

1. Tunjukan Wajah Bahagia

Ceritakan tentang waktu pengobatan itu seperti hal yang paling menyenangkan. Selingi pula dengan mengilustrasikan permainan pesawat terbang dan sendok obat sebagai medianya. Hal ini mengingat si buah hati dapat menangkap nada negatif atau positif dan bahasa tubuh.

2. Tergantung Selera

Si buah hati cenderung memuntahkan obat yang rasanya pahit. Guna menghindari hal ini, orangtua bisanya menggunakan suntik tanpa jarum, pipet, atau bahkah dengan cangkir ketika mereka cukup umur untuk minum obat.

3. Menyamarkan Rasa Obat

Beberapa perusahaan farmasi akan menambahkan rasa buah seperti pisang, anggur, atau semangka untuk obat cair. Hal ini tentu akan menjadikan pengalaman menyenangkan bagi si buah hati yang cukup umur untuk memilih rasa.

[Baca Juga: Pentingnya Makanan Penunjang Asi Bagi Bayi]

4. Selipkan Obat dalam Makanan

Alternatif lainnya untuk membuat si buah hati minum obat adalah dengan menyelipkan obat di antara makanan. Contoh, selipkan obat tablet (yang sudah digerus) ke dalam makanan seperti bubur atau di dalam roti isi. Bisa juga mencampurkan dengan madu. Namun, jika ingin melakukan hal ini baiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau apoteker.

5. Bermain Peran Dokter dan Pasien

Untuk membujuk si buah hati minum obat, para orangtua bisa melakukan permain lakon dokter dan pasien. Biasanya, mereka akan suka dengan permainan semacam ini. Ajak si buah hati bermain lakon ini sebelum minum obat. Jangan lupa juga selipkan percakapan yang mengatakan bahwa setiap orang yang sedang sakit butuh minum obat agar cepat sembuh.

[Baca Juga: Mencari Dokter Anak Favorit di Kemang Medical Care]

Itulah beberapa kiat untuk para orangtua membujuk si buah hati agar mau minum obat. Namun, para orangtua juga bisa melakukan hal lainnya jika dirasa lebih menyenangkan bagi si buah hati.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.