5 Cara Bujuk Anak Minum Obat

Kesehatan

5 Cara Bujuk Anak Minum Obat

Si buah hati tidak mau minum obat ketika sedang sakit sering kali dikeluhkan para orangtua. Tentunya, hal ini disiasati dengan beragam cara untuk membujuk minum obat.

Membujuk si buah hati untuk minum obat di kala sakit bukanlah perkara mudah, dan hal ini kerap kali selalu dikeluhkan para orangtua. Dalam gambaran si buah hati, biasanya obat memiliki rasa yang tidak nyaman atau pahit. Dengan begitu, tak jarang si buah hati enggan membuka mulutnya.

Meskipun menjadi suatu keluhan, tentunya para orangtua tidak menyerah memberikan obat demi kesembuhan si buah hati. Banyak cara yang dilakukan orangtua untuk membujuknya minum obat, seperti mengiming-imingkan hadiah dan sebagainya.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Nah, berikut ini lima cara bujuk anak minum obat seperi dikutip dari laman Ciputra Hospital, Jakarta Barat (29/3/2019).

1. Tunjukan Wajah Bahagia

Ceritakan tentang waktu pengobatan itu seperti hal yang paling menyenangkan. Selingi pula dengan mengilustrasikan permainan pesawat terbang dan sendok obat sebagai medianya. Hal ini mengingat si buah hati dapat menangkap nada negatif atau positif dan bahasa tubuh.

2. Tergantung Selera

Si buah hati cenderung memuntahkan obat yang rasanya pahit. Guna menghindari hal ini, orangtua bisanya menggunakan suntik tanpa jarum, pipet, atau bahkah dengan cangkir ketika mereka cukup umur untuk minum obat.

3. Menyamarkan Rasa Obat

Beberapa perusahaan farmasi akan menambahkan rasa buah seperti pisang, anggur, atau semangka untuk obat cair. Hal ini tentu akan menjadikan pengalaman menyenangkan bagi si buah hati yang cukup umur untuk memilih rasa.

[Baca Juga: Pentingnya Makanan Penunjang Asi Bagi Bayi]

4. Selipkan Obat dalam Makanan

Alternatif lainnya untuk membuat si buah hati minum obat adalah dengan menyelipkan obat di antara makanan. Contoh, selipkan obat tablet (yang sudah digerus) ke dalam makanan seperti bubur atau di dalam roti isi. Bisa juga mencampurkan dengan madu. Namun, jika ingin melakukan hal ini baiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau apoteker.

5. Bermain Peran Dokter dan Pasien

Untuk membujuk si buah hati minum obat, para orangtua bisa melakukan permain lakon dokter dan pasien. Biasanya, mereka akan suka dengan permainan semacam ini. Ajak si buah hati bermain lakon ini sebelum minum obat. Jangan lupa juga selipkan percakapan yang mengatakan bahwa setiap orang yang sedang sakit butuh minum obat agar cepat sembuh.

[Baca Juga: Mencari Dokter Anak Favorit di Kemang Medical Care]

Itulah beberapa kiat untuk para orangtua membujuk si buah hati agar mau minum obat. Namun, para orangtua juga bisa melakukan hal lainnya jika dirasa lebih menyenangkan bagi si buah hati.


Read More

Artikel Lainnya

UM UndipOK3.jpg

Pendidikan

Tak Lolos SBMPTN 2021? UNDIP Buka Jalur Mandiri Hingga 17 Juni 2021

16 June 2021, 18:06

Ujian Mandiri (UM) UNDIP akan dilaksanakan dengan menggunakan dua macam tes sekaligus, yaitu ujian online dan unggahan portofolio.

pengaruh-media-untuk-anak.jpg

Pendidikan

Perkembangan Anak Akan Terhambat Karena Informasi Tak Seusai Usia

16 June 2021, 16:04

Hal itu mengemuka dalam webinar Eksploitasi Anak Di Media yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA).

jalur-mandiri-unimed.jpg

Pendidikan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

16 June 2021, 15:35

Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio.

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang T etap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19.jpg

Berita Kawasan

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang Tetap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19

16 June 2021, 15:03

Unsur tiga pilar di Kelurahan Glodok mendatangi kantor di wilayahnya yang nekat beroperasi setelah empat pegawainya positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.