5 Cara Hindari Kanker Kulit Versi WHO

Kesehatan

5 Cara Hindari Kanker Kulit Versi WHO

WHO (World Health Oganization) dalam laman resminya menuliskan mengenai kanker kulit. Menurut keterangan WHO, kanker kulit mengalami peningkatan selama beberapa dekade terakhir. Pengidap kanker kulit meningkat sangat terkait dengan kegiatan di luar ruang di mana paparan matahari bisa mengenai kulit secara langsung.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dinyatakan sebagai penyebab yang mendasari munculnya berbagai teori mengenai bahaya paparan matahari untuk kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya, empat dari lima kasus kanker kulit dapat dicegah, menurut para ahli kerusakan kulit akibat UV sebagian besar dapat dihindari.

5 Cara Hindari Kanker Kulit Versi WHO

Maka dari itu WHO merekomendasikan berbagai macam tindakan pencegahan sederhana. Diadaptasi dari Program Sun Wise School, berikut beberapa tindakan preventif yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kanker kulit sesuai dilansir dari who.int (24/9/2019).

  • Batasi Waktu Di Bawah Matahari

Walau sudah menggunakan tabir surya, Anda tak bisa serta merta bebas berkeliaran di bawah sinar matahari. WHO menyebutkan sinar UV paling berbahaya ada pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Sehingga, jika memungkinkan kurangi kegiatan di luar ruangan pada jam-jam tersebut.

[Baca Juga: Kota Bogor Buat Tim Khusus untuk Tekan Angka Penderita Kanker]

  • Perhatikan UV Index

Sebelum memutuskan melakukan kegiatan di luar ruangan, ada baiknya Anda melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan selalu rutin mengecek UV Index yang bisa dilihat dari ponsel pintar. Jika UV Index tercatat tinggi, ada baiknya gunakan perlindungan yang maksimal atau justru jangan keluar pada siang hari. Standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengategorikan indeks radiasi ultraviolet 11 atau lebih sebagai radiasi ultraviolet yang ekstrem sehingga membahayakan kesehatan.

  • Menggunakan Payung dengan Bijak

Menggunakan payung saat matahari sedang terik-teriknya merupakan salah satu langkah preventif yang patut di apresiasi namun, benda-benda ini tidak memiliki proteksi yang cukup baik. Tetap gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan.

  • Gunakan Pakaian yang Dapat Melindungi Kulit

Saat keluar ruangan topi jadi salah satu barang penting yang mampu melindungi area mata, kuping, dan wajah Anda. Menggunakan kacamata hitam juga dapat membantu melindungi mata dari sinar UVA dan UVB. Tah hanya itu, menggunakan pakaian longgar dinilai lebih baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

  • Tabir Surya Hukumnya Wajib

Sebelum keluar rumah, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15. Anda disarankan juga untuk kembali menggunakannya setelah dua jam sekali usai bekerja, berenang, dan kegiatan lainnya.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Program perlindungan matahari sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kesehatan dari radiasi UV. Selain itu, hal ini juga diperlukan untuk mencapai perubahan gaya hidup dan menahan berkembangnya pengidap kanker kulit.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.