Cara Mengatasi Badan Pegal Linu

Kesehatan

5 Cara Ini Bisa Mengatasi Badan Pegal Linu

Berbagai hal dapat membuat otot bermasalah sehingga menyebabkan pegal linu. Pegal linu dapat menyerang siapa saja, terutama orang dewasa dan lansia. Ini bisa dikarenakan posisi tidur yang salah, olahraga berlebihan, postur tubuh yang buruk, dan stres.

Cara Mengatasi Badan Pegal Linu

Masalah kesehatan seperti rematik, flu, sindrom kelelahan kronis, hingga fibromyalgia juga bisa menyebabkan gejala pegal linu. Kondisi ini tentu berpotensi membuat gerakan tubuh Anda terbatas dan tidak nyaman melakukan aktivitas. Melansir dari hellosehat.com (28/10/2019), ada cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan pegal linu, di antaranya:

1) Minum Obat Pereda Nyeri

Minum obat pereda nyeri merupakan cara mengatasi pegal linu yang paling praktis. Tidak hanya pegal linu, obat ini juga bisa mengurangi rasa sakit akibat otot atau sendi yang menegang dan meradang. Meski bisa didapatkan dengan mudah, penggunaan obat pereda nyeri jangka panjang harus dihindari. Jika tidak juga sembuh, jangan menunda pengobatan dokter.

[Baca Juga: Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga]

2) Kompres Atau Berendam Air Hangat

Berikutnya, untuk meredakan pegal linu adalah mengompres atau berendam air hangat. Otot yang bekerja terus-menerus atau malah kurang digerakkan dapat membuat otot menerima banyak tekanan. Akibatnya, otot menjadi tegang kaku dan terasa nyeri.

Anda bisa menempelkan kompres hangat di area badan yang terasa pegal dan nyeri selama 20 menit. Selain menempelkan kompres hangat, Anda juga bisa berendam air hangat. Ini lebih ampuh lagi karena dapat mengenai hampir semua otot tubuh.

3) Latihan Relaksasi

Stres juga bisa menyebabkan badan Anda pegal-pegal. Jika pegal linu yang Anda alami disebabkan oleh stres, latihan relaksasi bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi pegal linu. Mulailah dengan menarik napas dari hidung dalam secara perlahan. Kemudian, keluarkan lewat mulut secara perlahan.

Latihan ini bisa membantu membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, laju pernapasan jadi lancar, dan otot yang tegang jadi relaks. Lakukan hal ini secara berulang sampai perasaan Anda membaik.

[Baca Juga: Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel]

4) Banyak Minum Air

Kebutuhan cairan bisa Anda penuhi dengan minum air putih, minum jus, makan buah, atau sayur. Saat Anda merasakan badan pegal linu, meningkatkan asupan cairan sangat dianjurkan. Asupan air dan mineral dapat menutrisi otot sehingga dapat bekerja normal.

5) Lakukan Terapi atau Pijatan

Selain minum obat, terapi atau pijatan juga bisa menjadi cara untuk meredakan pegal linu. Anda bisa melakukan pijatan lembut dengan minyak esensial, pijat refleksi (mengencangkan titik tekanan di kaki, tangan, dan telinga), pijat shiatsu, atau thai massage. Semua terapi dan pijatan bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi stres sehingga ampuh meredakan pegal linu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pegal linu. Istirahat yang cukup serta rajin berolahraga sangat baik untuk kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.