Cara Merawat Rambut Keriting

Kecantikan dan Fashion

5 Cara Merawat Rambut Keriting

Rambut adalah mahkota kepala, apalagi bagi kaum hawa. Memiliki rambut sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Bagi Anda yang memiliki rambut keriting memang susah-susah gampang dalam merawatnya. Kadang Anda merasa kesal jika rambut keriting Anda kusut dan susah diatur, sehingga menurunkan rasa percaya diri Anda.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang memilih mencatok rambut Anda agar lurus, atau bahkan memotong pendek. Sayang sekali, padahal memiliki rambut keriting itu unik dan indah. Bagi Anda pemilik rambut keriting, jangan khawatir! Mengutip dari laman goodhousekeeping.com (4/9/2019), berikut beberapa cara untuk merawat rambut keriting, di antaranya:

Cara Merawat Rambut Keriting

1. Perbanyak Conditioner, Bukan Sampo

Rambut keriting butuh banyak minyak alami di rambut, menggunakan conditioner selain menyehatkan juga melembapkan rambut keriting Anda. Sedangkan shampoo mengandung Sodium Laureth Sulfate atau detergen yang berfungsi menyatukan minyak dengan air. Terlalu sering keramas menggunakan sampo akan membuat rambut keriting Anda menjadi kering.

[Baca Juga: 9 Cara Tepat Perawatan Rambut Berhijab]

Jika aktivitas Anda tidak terlalu banyak di lapangan yang berdebu, ada baiknya jika keramas menggunakan air saja. Tetapi jika Anda merasa kurang bersih dan wajib menggunakan shampoo, Anda gunakan conditioner yang mengandung kelapa serta tidak mengandung silicone. Karena kelapa dapat meningkatkan kelembapan rambut, sedangkan silicone lama-lama bisa merusak rambut.

2. Jangan Diusap dengan Handuk

Rambut keriting tidak boleh terlalu sering diusap. Semakin sering Anda usap, rambut keriting akan kering dan frizz. Jika Anda ingin mengeringkan rambut Anda dari tetesan air dengan handuk, cukup tempel-tempel saja. Biarkan rambut Anda kering secara alami, tetapi jika Anda ingin mengeringkannya menggunakan hair dryer, cobalah menggunakan diffuser agar panasnya lebih merata ke rambut.

3. Gunakan Tangan untuk Mengatur Rambut

Rambut keriting dapat ditata dengan model messy hair atau agak berantakan. Untuk menatanya Anda boleh menggunakan jari tangan Anda. Selain mengikuti tekstur rambut, juga menghindari rambut kering karena hilangnya minyak alami pada rambut. Bila Anda kurang suka dengan model rambut berantakan, Anda dapat menggunakan sisir. Namun, pilihlah sisir yang bergigi jarang.

[Baca Juga: 7 Penyebab Rambut Lepek yang Harus Anda Ketahui]

4. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Alkohol bersifat menyerap air di sekitar rambut. Jikalau Anda tidak mau rambut keriting Anda kering dan kusut carilah produk rambut yang alcohol free.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan yang dapat melembapkan rambut. Cukup Anda oleskan langsung minyak zaitun secukupnya ke rambut sebelum tidur atau beberapa jam sebelum mandi. Minyak zaitun akan menutrisi rambut Anda, karena karakterisitiknya hampir sama dengan minyak alami sehat yang ada di tubuh Anda.

Dari beberapa cara mudah di atas, semoga dapat dijadikan solusi untuk merawat rambut keriting Anda agar tetap indah, sehat, dan berkilau. No bad hair day ! Sayangi rambut keriting alami Anda yang sering Anda rusak dengan catokan. Tahukah Anda memiliki rambut keriting juga akan memberikan kesan wajah Anda jadi lebih fresh, bisa dikatakan tampak terlihat muda?

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  11 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.