5 Cara Mudah Mengatasi Iritasi Kulit

Kesehatan

5 Cara Mudah Mengatasi Iritasi Kulit

Iritasi kulit dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Biasanya terjadinya iritasi kulit bukannya tanpa alasan, alasan yang paling umum adalah kulit terbakar, kemerahan akibat jerawat, kekeringan, dan lain sebagainya. Ini disebabkan beberapa hal seperti paparan sinar matahari, alergi, kurang istirahat, dan lainnya.

Saat hal tersebut terjadi pada Anda, jangan terkejut. Anda bisa megatasinya sendiri di rumah dengan beberapa cara yang cukup mudah. Mengutip dari boldsky.com (22/4/2019) inilah beberapa cara mudah untuk mengurangi dan menyembuhkan iritasi kulit.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

1. Perhatikan Makanan

Mengatasai masalah kulit dari luar memang bisa, namun akan lebih efektif jika Anda juga mengatasinya dari dalam. Perhatikan apa yang Anda konsumsi, jaga gaya hidup Anda. Coba lebih banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari merupakan sebab utama masalah kulit Anda sulit teratasi. Bahkan ada risiko kulit Anda semakin memburuk keadaannya jika terus-terusan terpapar sinar matahari, terlebih lagi untuk Anda yang memiliki kulit yang sensitif. Pastikan menggunakan topi, scarf, kacamata hitam, dan tabir surya saat keluar rumah atau ruangan.

3. Gunakan Air Dingin

Basuh kulit Anda menggunakan air dingin. Karena mampu menyegarkan kulit yang sedang iritasi. Saat kulit sedang iritasi, jangan menggunakan loofa atau bubble maker yang kasar untuk kulit. Anda juga bisa berendam terlalu lama di dalam air karena hal tersebut menyebabkan hilangnya minyak alami dalam tubuh, sehingga kuling terlalu kering.

[Baca Juga: 3 Langkah Pertolongan Pertama Reaksi Alergi Anafilaksis]

4. Jangan Pakai Pakaian Ketat

Kulit yang iritasi dapat menyebabkan infeksi, gatal, dan kemerahan. Jika Anda menggunakan pakaian ketat, kulit Anda akan makin sering bergesekan dengan pakaian. Hal tersebut membuat kulit makin iritasi. Coba gunakan pakaian yang longgar agar kulit Anda bisa bernafas.

5. Melembapkan Kulit Sangat Penting

Kulit yang iritasi biasanya akan lebih kering daripada biasanya. Maka dari itu, cari produk yang mampu membantu kulit Anda lebih lembap. Kulit yang lebih lembap akan melindungi kulit dari luar sehingga lapisan kulit dengan sendirinya membenahi diri. Pilih produk yang memiliki kemampuan anti-iritasi dan sensasi dingin pada kulit.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani iritasi kulit.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.