Penyebab Penuaan Dini

Kesehatan

5 Hal Ini Dapat Mempercepat Penuaan

Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan. Namun jika Anda tak bisa merawat tubuh dengan baik, proses ini akan datang lebih cepat. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini dibandingkan rata-rata orang pada umumnya, misalnya radiasi sinar matahari dan gen.

[Baca Juga: 5 Langkah Atasi Kulit Terbakar Matahari]

Selain itu ada beberapa hal dan gaya hidup yang mempu mempercepat penuaan. Apa sajakah itu? Melansir dari shape.com (31/1/2019), berikut lima gaya hidup tidak sehat yang mengakibatkan penuaan dini,

1 Kurang Minum

Semakin banyak Anda minum makin banyak pula hidrasi yang Anda dapatkan. Berbeda dengan alkhohol, cairan ini akan menyerap kelembapan alami dalam tubuh Anda. Alkhol yang berlebihan juga akan memicu timbulnya garis-garis halus pada wajah. Dengan mengonsumsi banyak air putih, kinerja hati untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh akan bekerja lebih efisien.

2 Stres

Jika Anda mengalami stres, khawatir, dan kecemasan yang belebihan tubuh Anda akan mempercepat proses penuaan. Sebuah studi membuktikan, stres yang diakibatkan karena pekerjaan memiliki efek yang berbaya untuk DNA yang ada dalam sel. Orang yang stres karena pekerjaan menyebabkan sel mati atau rusak. Selain itu mempercepat proses penuaan dan miningkatkan tekanan darah. Jika stres melanda, kebiasaan tidur Anda juga akan terganggu sehingga Anda akan terlihat lelah.

3 Kurang Tidur

Hal ini tentu dapat berakibat buruk untuk tubuh Anda, misalnya peningkatkan berat badan, penurunan sistem imun, mengurangi fokus, kulit kusam, dan memori pendek. Anda harus mengusahakan tidur sepanjang enam sampai sembilan jam perhari. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai Anda tidur terlalu lama karena tidur dengan lama dapat menyebabkan timbulnya keriput.

4 Merokok

Tentunya kita semua sudah mengetahui bahaya merokok, seperti serangan jantung, kemandulan, kanker tenggorokan, tekanan darah tinggi, atau kanker paru-paru. Tapi Anda juga bisa memperburuk kondisi kulit, yaitu psoriasis. Merokok secara rutin juga bisa mengurangi sel kulit dari oksigen sehingga warna kulit menjadi lebih padat. Selain itu, juga memicu kerusakan kolagen, kulit kendur dan longgar.

5 Tidak Berolahraga

Olahraga ringan dapat menyebabkan badan, jantung, dan paru-paru Anda, tapi juga dapat meremajakan kulit. Asalkan Anda berkeringat, Anda bisa meminimalkan penuaan dini dan mengurangi kalori berlebih dalam tubuh.

[Baca Juga: Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan]

Itulah lima hal yang dapat mempercepat penuaan tubuh Anda. Jangan lupa hindari makanan cepat saji dan gaya hidup tidak sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.