5 Hal yang Membuat WFH Jadi Lebih Produktif

Bisnis

5 Hal yang Membuat Kerja dari Rumah Jadi Lebih Produktif

Salah satu cara untuk menjaga kesuksesan pembatasan sosial atau social distancing adalah dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Semua itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona jenis SARS-CoV-2 yang mengakibatkan pandemi COVID-19.

Bisa dibayangkan, jika dalam satu ruang kantor terdapat sedikitya 30 orang pekerja aktif yang saling berinteraksi, maka penyebaran virus akan sangat cepat meluas. Khususnya di keadaan seperti sekarang, pembatasan sosial menjadi langkah yang tepat untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di kawasan-kawasan aktif seperti kantor, transportasi umum atau tempat wisata.

5 Hal yang Membuat WFH Jadi Lebih Produktif

Meski masih banyak pekerja yang mengharapkan bekerja dari rumah, tidak sedikit orang yang tidak bisa produktif ketika bekerja jarak jauh. Hal itu biasanya dikarenakan ruang kerja yang kurang nyaman atau bosan di rumah karena pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Bahkan ada yang mengeluh kesulitan bekerja selama WFH karena tidak bisa menentukan jadwal kerja yang tepat.

[Baca Juga: Ini Penjelasan Pengertian Karantina, Isolasi Diri, dan Social Distancing]

Mengapa demikian? Hal yang cukup wajar terjadi ketika Anda terbiasa bekerja di kantor menjadi tidak efektif ketika harus bekerja secara jarah jauh dari rumah. Tanggung jawab bangun pagi dan berdandan menjadi hilang sehingga membuat Anda menjadi malas untuk bekerja pagi hari, ditambah dengan distraksi dari anak, binatang peliharaan, dan anggota keluarga lain yang menjadi faktor utama sulitnya mengatur jam kerja di rumah.

5 Hal yang Membuat WFH Jadi Lebih Produktif

Meski perlu dibiasakan, berikut ini ada beberapa tips membuat WFH jadi lebih produktif ala PingPoint yang bisa Anda coba.

  1. Bangun pagi seperti biasa agar semangat kerja pun tidak luntur akibat bangun siang.
  2. Selalu biasakan untuk sarapan sambil menyiapkan jadwal hari ini
  3. Bikin kopi dan teh juga jadi salah satu hal yang penting dilakukan sebelum bekerja agar pikiran tidak beku. Jangan lupa siapkan camilan sehat favorit Anda untuk menemani jam-jam bekerja.
  4. Buat meja bekerja Anda senyaman mungkin, siapkan segala item pendukung kerja seperti notes, aplikasi untuk rapat secara daring dan yang paling penting koneksi internet yang memadai.
  5. Lakukan semuanya yang terbaik, terapkan pola pikir untuk melakukan hal-hal yang bisa dilakukan sebaik mungkin. Meski kerja jarak jauh, ada baiknya menyelesaikan semua pekerjaan terlebih dahulu sebelum bersantai agar jadwal kerja Anda tetap teratur sesuai dengan Standar Operasional Prosedur atau SOP masing-masing kantor.

[Baca Juga: Pandemi Influenza 1918 Bukti Social Distancing Tekan Sebaran Virus]

Bagi Anda yang sudah mendapatkan jadwal dan SOP WFH dari kantor, mungkin permasalahan membagi waktu kerja di rumah tidak terlalu mengganggu. Meski begitu, pentingnya disiplin terhadap jadwal kerja sangat diperlukan. Biasakan juga untuk mencatat daftar pekerjaan yang sudah diselesaikan agar tenggat tetap terkejar.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.