ads
IDE USAHA FAVORIT UNTUK PENGUSAHA MUDA

Bisnis

5 Ide Usaha Favorit untuk Pengusaha Muda

Memulai bisnis bukan hanya untuk golongan tua yang sudah berpengalaman. Namun kini juga banyak yang memulai bisnis di usia muda. Bahkan membuka usaha di usia muda kini jadi tren tersendiri. Banyak anak muda yang kini lebih tertarik untuk berbisnis disbanding kerja kantoran. Untung yang katanya lebih besar dibandingkan gaji karyawan kantoran tentu jadi pemicu banyak anak muda untuk membuka bisnis. Untuk Anda yang tertarik memulai bisnis, pilihlah jenis bisnis yang ingin Anda jalani, setelah itu memilih lokasi yang strategis. Salah satu daerah strategis adalah Cibubur. Area ini diapit oleh tiga Kabupaten atau Kota yaitu Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Lokasi yang strategis di Cibubur adalah sepanjang jalan alternatif cibubur, dari Bumi Perkemahan Cibubur hingga Legenda Wisata Cibubur.

Di sepanjang jalan ini sangat banyak toko, tempat makan, atau berbagai jenis usaha lainnya. Kawasan ini juga terkenal ramai sebagai destinasi nongkrong dan tempat makan masyarakat sekitar maupun orang yang datang dari Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Setelah menemukan lokasi yang cocok, sudahkah Anda menentukan, bisnis apa yang akan Anda mulai? Jika Anda masih bingung, berikut ada beberapa pilihan ide bisnis yang jadi favorit pengusaha muda:

Open Trip/Travel

Anda punya hobi travel dan aktif di sosial media? Kedua hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk peluang bisnis. Tidak memerlukan modal yang begitu besar, Anda hanya perlu memasarkan jasa dan rajin melakukan survey untuk menemukan harga termurah. Jasa ini sangat dibutuhkan banyak orang, karena banyak orang yang ingin berlibur ke tempat impian tanpa perlu repot mengurus hal lain. Selain bisa menemani orang berwisata, tentunya Anda bisa berwisata tanpa mengeluarkan biaya, justru mendapatkan banyak keuntungan.

Dimulai dari open trip kecil-kecilan, jika Anda sudah menemui banyak orang dan relasi, usaha Anda akan terus berkembang ke depannya. Berbeda dengan bisnis lainnya, usah perjalanan dengan konsep open trip ini modal utamanya bukanlah uang, melainkan relasi dan membuat rencana perjalanan. Mulai dari biaya perjalanan perorang, jumlah peserta, hingga jadwal wisata. Relasi sangat penting dalam usaha ini, Anda diwajibkan memiliki relasi untuk transportasi, penginapan dan tempat wisata.

Event Organizer

Munculnya berbagai hari perayaan menjadi penyebab bisnis ini semakin berkembang, misalnya saja bridal shower, baby shower, dan anniversary. Ketiga perayaan tersebut termasuk baru di Indonesia, hal ini membuat jasa event organizer sangat dibutuhkan banyak orang, tentunya karena kesibukan bekerja, beberapa orang tak sanggup untuk menyiapkan acaranya dari awal hingga akhir. Untuk membangun usaha ini, Anda harus gencar memasarkan jasa dan memiliki banyak relasi. Selain itu, Anda juga harus mencari vendor termurah untuk mendukung jasa Anda.

Lebih bagus jika Anda menguasai salah satu keahlian yang dibutuhkan event organizer, seperti fotographer, videographer, dekorasi ruangan, dan lain-lain. Untuk memulai usaha ini, sebanarnya Anda tidak memerlukan modal yang begitu besar, jika Anda memiliki relasi yang kuat justru Anda bisa memulai usaha ini tanpa modal. Namun jika vendor yang Anda kerja sama terhitung baru, Anda setidaknya menyiapkan uang minimal Rp5juta yang Anda gunakan untuk down payment atau uang tanda jadi. Tentunya jumlah modal tersebut untuk usaha EO kecil-kecilan yang Anda lakukan sendiri, bukan untuk usaha EO professional.

Café

Tak salah lagi, kalau café dicap sebagai usaha yang diminati kalangan muda. Jika Anda berkunjung ke Jakarta, bukan perkara sulit menemukan coffe shop. Tingginya peminat kopi di Indonesia, menjadi alasan terkuat untuk membuka kafe. Selain itu, kini, minum kopi di coffe shop merupakan gaya hidup yang dilakukan masyarakat. Agar kafe Anda banyak peminatnya, sediakan beberapa fasilitas pendukung seperti wifi, colokan, dan ambiance yang menarik. Bahan baku yang Anda gunakan untuk meracik kopi juga sangat penting.

Pilihlah bahan yang berkualitas dan sesuaikan dengan harga jual kopi, sehingga harga dengan kualitas yang Anda sajikan sepadan. Diimbangi dengan pemasaran digital untuk menarik anak muda mendatangi kafe Anda. Untuk memulai usaha café kecil-kecilan, Anda tetap memerlukan peralatan penyeduhan kopi seperti alat manual brewing, kompor, penyeduh, dan lain-lain, estimasi dana untuk kebutuhan ini adalah Rp4 juta sehingga total modal yang Anda butuhkan sekitar Rp20juta. Mencakup harga lokasi toko atau bangunan yang Anda sewa, gaji pegawai, dan banyaknya meja kursi, dan kebutuhan lainnya.

Laundry Sepatu & Tas

Kini laundry bukan hanya untuk pakaian saja. Karena banyak orang yang kesulitan untuk merawat sepatu dan tas berbahan khusus, tercipta lah ide bisnis ini. Bisnis ini memang terbilang baru namun sangat menjanjikan, prospek keuntungan yang terbilang besar juga bisa Anda dapatkan melalui bisnis ini. Pesaingnya belum terlalu banyak di Cibubur, selain itu minat konsumen juga tinggi. Modal utama untuk membuat laundry sepatu atau tas muali dari Rp3 juta, modal ini cukup untuk Anda yang ingin membuka laundry sepatu tanpa toko fisik, jadi Anda hanya menerima jasa dengan online. Modal tersebut digunakan untuk membuat bahan pembersih sepatu. Namun jika Anda yang ingin membuka toko fisik, Anda bisa menyediakan biaya minimal Rp10 juta tergantung lokasi dan besar toko.

Barbershop

Kalau zaman dulu, posisi cukur rambut asgar tak bisa tergantikan posisinya untuk kamu pria. Namun karena beberapa tahun belakangan ini, kaum adam lebih memperhatikan penampilannya, terciptala banyak barbershop dipinggir jalan. Tak perlu lagi ke salon mahal yang ada di mal, capster yang telah cakap menciptakan gaya rambut modis juga bisa Anda temukan di barbershop. Untuk memulai bisnis ini, tentunya Anda harus merekrut capster berpengalaman serta mendekorasi tempat agar ambiance-nya mendukung. Modal untuk membuka barbershop, Anda memerlukan modal minimal Rp 30juta. Harga tersebut termasuk sewa tempat juga peralatan seperti gunting dan mesing cukur.

Itulah lima ide bisnis yang bisa Anda lakukan dan bisa Anda buka di sepanjang Jalan Alternatif Cibubur. Lokasi bisnis yang paling strategis terletak mulai dari dari Bumi Perkemahan Cibubur hingga Legenda Wisata Cibubur. Karena setelah kawasan ini, tepatnya ke arah Cileungsi dan Jonggol, kawasannya sudah sepi dan tak begitu ramai.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads