5 Inovasi Baru Kabupaten Bekasi untuk Permudah Masyarakat

Berita Kawasan

5 Inovasi Baru Kabupaten Bekasi untuk Permudah Masyarakat

Pelayanan publik di Kabupaten Bekasi semakin ditingkatkan agar mempermudah masyarakat. Melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, secara resmi meluncurkan lima inovasi pelayanan publik berbasis internet.

Lima inovasi yang dimaksud adalah aplikasi Bebunge (Bekasi Nyambung Bae), Call Center 112, Command Center, Sidalmentel, dan Newsroom. Peluncuran ini dilakukan di Kantor Diskominfosantik, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi dengan didampingi oleh Unsur Forkompimda, Pejabat Kemenkominfo dan Diskominfo Provinsi Jawa Barat, dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Eka mengatakan, kemajuan teknologi kini dapat membuat Pemkab Bekasi bisa melayani masyarakat untuk lebih mudah melayani publik dan tentunya inovasi ini akan memiliki dampak yang baik untuk masyarakat Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Disarpus Kabupaten Bekasi Dapat Penghargaan Tingkat Nasional]

“Kita ingin melayani masyarakat lebih mudah sehingga, kita integrasikan pelayanan yang ada di Kabupaten Bekasi. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, kita lebih mudah berkomunikasi. Kapan saja bisa melakukan, lebih mudah berkoordinasinya, dan responnya juga lebih cepat,” kata Eka.

Masyarakat bisa memanfaatkan layanan bebas pulsa lewat call center 112. Panggilan ini dibuat untuk panggilan darurat untuk masyarakat. Panggilan ini nantinya akan diterima langsung oleh operator yang sudah disiapkan oleh Diskominfosantik dan bekerja selama 24 jam. Kabupaten Bekasi tercatat sebagai daerah ke 44 se-Indonesia yang memiliki layanan 112 dan ketujuh se-Jawa Barat.

Sedangkan Sidalmentel atau Sistem pengendalian menara telekomunikasi merupakan inovasi yang bertujuan untuk mempermudah perizinan secara online. Masyarakat bisa langsung melihat titik koordinat yang dibutuhkan, sehingga memudahkan masyarakat dan dinas terkait untuk mengelola menara telekomunikasi.

5 Inovasi Baru Kabupaten Bekasi untuk Permudah Masyarakat

Bebunge sendiri merupakan sebuah layanan aspirasi pengaduan masyarakat secara daring yang dapat diakses melalui website dan telepon selular untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan kepada pemerintah daerah. Serta, terintegrasi dengan Dinas Teknis di lingkungan Pemkab Bekasi.

Mengutip dari humas.bekasikab.go.id (5/3/2020) nama aplikasi Bebunge diambil dari bahasa campuran yang ada di Kabupaten Bekasi. Kalau di bagian Utara lebih kental Bahasa Betawi, sedangkan bagian Selatan lebih kental bahasa Sunda. Nama Bebunge dianggap mudah diingat dan dianggap identik dengan Kabupaten Bekasi. Aplikasi Bebunge sudah bisa diunduh melalui handphone berbasis Android.

“Ini akan diintegrasikan dengan masing-masing OPD. Bebunge ini menjadi satu pintu, masyarakat mengenal Kabupaten Bekasi. Tentunya kita akan kembangkan lagi,” sebut Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Rohim Sutisna.

[Baca Juga: Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Ramai Berbagai Inovasi]

Kemudian, inovasi baru lainnya adalah, ruangan command center yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk mempermudah koordinasi antar Dinas terkait untuk melakukan komunikasi.

Comman center ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi, memantau secara cepat, dan mengefisiensikan waktu ketika terjadi keadaan darurat melalui CCTV yang sudah terpasang di traffic light, sekolah, dan pasar,” sebut Rohim.

Sedangkan Newsroom, merupakan pusat produksi dan penyebaran informasi melalui website, radio streaming Wibawamukti, Digital Signage Sistem (DSS), videotron, dan media sosial yang menyajikan informasi akurat dan positif sehingga dapat menangkal berita-berita hoaks yang sering meresahkan.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Ingin mendapatkan keuntungan tambahan sambil menyalurkan hobi main game, langsung saja bergabung bersama kami poker165,co / situsjadul,com dan dapatkan bonus melimpah yang menanti anda. Bonus bisa di claim di account anda sendiri, penasaran buruan buktikan sekarang juga.