5 Kehebatan Kencur Bagi Kesehatan

Kesehatan

5 Kehebatan Kencur Bagi Kesehatan

Kencur merupakan tanaman obat tradisional yang ditanam dan berada di daerah dataran rendah. Kencur biasa digunakan untuk bahan makanan dan obat tradisional yang sudah dikenal semenjak zaman dahulu. Biasanya, manfaat kencur sering dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Namun, selain bisa berkhasiat untuk sakit tenggorokan, kencur berfungsi sebagai obat sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan, disentri, infeksi bakteri, sakit perut, hingga ekspektoran.

Kencur telah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat kesehatan. Tanaman obat dengan nama ilmiah Kaempferia galanga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Kencur mengandung pati, mineral, serta minyak atsiri yang berupa sineol, asam metil kanil, asam sinamat, asam dasinat dan alkaloid. Kencur juga mengandung metanol yang dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menyerang.

[Baca Juga: 5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe]

Khasiat kencur yang terkenal di masyarakat Indonesia ialah sebagai obat batuk. Namun ternyata kencur masih menyimpan segudang manfaatnya bagi kesehatan, seperti yang PingPoint.co.id kumpulkan dari beragam sumber.

Obat Batuk Berdahak

Inilah manfaat kencur yang paling dikenal, yaitu kencur untuk obat batuk berdahak. Kandungan yang ada dalam kencur mampu mengencerkan dahak sehingga membuat saluran pernapasan jadi lebih lega. Ada beberapa cara mengolah kencur untuk obat batuk, salah satu diantaranya adalah parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat, lalu disaring. Tambahkan sedikit garam lalu diminum. Lakukan dua kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur agar batuk lebih cepat reda.

5 Kehebatan Kencur Bagi Kesehatan

Mengobati Sakit Tenggorokan

Masih berkaitan dengan fungsi kencur untuk obat batuk, tanaman obat ini juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Ramuan kencur hangat dan mampu membuat lega saluran pernapasan, termasuk tenggorokan. Cara mengolahnya sama seperti mengolah kencur untuk obat batuk, diminum sekali sehari agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

Menghilangkan Perut Kembung dan Masuk Angin

Kencur dapat menjadi penghangat alami untuk tubuh, sekaligus sebagai obat bila terserang perut kembung dan masuk angin. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan parutan kencur dengan garam dan air hangat. Minum larutan ini dua kali sehari untuk menghilangkan perut kembung dan masuk angin.

5 Kehebatan Kencur Bagi Kesehatan

Mengobati Radang Lambung

Kencur mampu menjadi obat mujarab dalam mengobati radang lambung. Caranya adalah dengan memarut kencur, lalu peras airnya dan campur dengan air hangat lalu diminum. Lakukan hingga kembali sehat.

Meredakan keseleo

Kencur dapat berfungsi mengobati kaki yang terkilir atau keseleo. Ini karena kencur berfungsi sebagai penghangat alami yang mampu melemaskan otot-otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keseleo. Cara menggunakannya adalah dengan memarut kencur, lalu dicampurkan dengan beras yang telah ditumbuk halus. Balurkan pada kaki atau tangan yang terkilir dan tutup dengan perban. Lakukan hingga tubuh terasa lebih membaik.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

Dari sejumlah khasiatnya di atas, kencur dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif tanpa banyak efek samping. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsi kencur terlalu sering agar tidak terjadi penumpukan nutrisi di dalam tubuh dan memberatkan kerja ginjal.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  5 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  11 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.