5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Kesehatan

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Pada tahun 2000, Food and Agriculture Organization (FAO) atau lembaga pangan dunia menobatkan air kelapa sebagai minuman energi alami. Alasannya, air kelapa memang berisi cairan isotonik, serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Secara keseluruhan dari tanaman kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Air kelapa untuk banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai contoh dapat dijadikan sebagai minuman isotonik.

Zat antioksidan yang terdapat pada air kelapa bisa berguna sebagai antipenuaan. Seseorang yang mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan akan terhindar dari serangan penyakit ringan, bahkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan yang kurang lancar, mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Air kelapa juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badannya secara yang aman tanpa memberikan efek samping. Karena kandungan gula, kalori dan lemak dalam air kelapa sangat rendah.

Air kelapa juga mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh Anda. Berikut merupakan beberapa manfaat air kelapa bagi tubuh manusia, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber (6/9/2019).

[Baca Juga: Empat Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan]

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa memang mengandung berbagai vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit.

  • Memecahkan Batu Ginjal

Air kelapa memiliki fungsi sebagai diuretic, yang dapat meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui saluran air seni si pasien.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

  • Menurunkan Demam

Bagi penderita demam dengue, yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Air kelapa diperlukan karena punya kandungan seperti cairan isotonis tubuh, tapi bukan untuk menaikkan trombosit. Jumlah trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

  • Mencegah Dehidrasi

Kekurangan cairan akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal, terutama pada bayi. Pada kondisi itu, pemberian air putih saja tidak akan cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga yang membuat banyak keluar keringat. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa membantu Anda dari dehidrasi.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Menetralisir racun

Air kelapa mengandung antidotum, tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa bisa membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung secara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun itu sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui saluran ginjal.

[Baca Juga: 4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa]

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa seperti vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin dan biotin sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.