5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Kesehatan

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Pada tahun 2000, Food and Agriculture Organization (FAO) atau lembaga pangan dunia menobatkan air kelapa sebagai minuman energi alami. Alasannya, air kelapa memang berisi cairan isotonik, serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Secara keseluruhan dari tanaman kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Air kelapa untuk banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai contoh dapat dijadikan sebagai minuman isotonik.

Zat antioksidan yang terdapat pada air kelapa bisa berguna sebagai antipenuaan. Seseorang yang mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan akan terhindar dari serangan penyakit ringan, bahkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan yang kurang lancar, mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Air kelapa juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badannya secara yang aman tanpa memberikan efek samping. Karena kandungan gula, kalori dan lemak dalam air kelapa sangat rendah.

Air kelapa juga mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh Anda. Berikut merupakan beberapa manfaat air kelapa bagi tubuh manusia, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber (6/9/2019).

[Baca Juga: Empat Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan]

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa memang mengandung berbagai vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit.

  • Memecahkan Batu Ginjal

Air kelapa memiliki fungsi sebagai diuretic, yang dapat meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui saluran air seni si pasien.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

  • Menurunkan Demam

Bagi penderita demam dengue, yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Air kelapa diperlukan karena punya kandungan seperti cairan isotonis tubuh, tapi bukan untuk menaikkan trombosit. Jumlah trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

  • Mencegah Dehidrasi

Kekurangan cairan akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal, terutama pada bayi. Pada kondisi itu, pemberian air putih saja tidak akan cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga yang membuat banyak keluar keringat. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa membantu Anda dari dehidrasi.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Menetralisir racun

Air kelapa mengandung antidotum, tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa bisa membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung secara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun itu sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui saluran ginjal.

[Baca Juga: 4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa]

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa seperti vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin dan biotin sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.