5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Kesehatan

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Pada tahun 2000, Food and Agriculture Organization (FAO) atau lembaga pangan dunia menobatkan air kelapa sebagai minuman energi alami. Alasannya, air kelapa memang berisi cairan isotonik, serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Secara keseluruhan dari tanaman kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Air kelapa untuk banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai contoh dapat dijadikan sebagai minuman isotonik.

Zat antioksidan yang terdapat pada air kelapa bisa berguna sebagai antipenuaan. Seseorang yang mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan akan terhindar dari serangan penyakit ringan, bahkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan yang kurang lancar, mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Air kelapa juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badannya secara yang aman tanpa memberikan efek samping. Karena kandungan gula, kalori dan lemak dalam air kelapa sangat rendah.

Air kelapa juga mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh Anda. Berikut merupakan beberapa manfaat air kelapa bagi tubuh manusia, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber (6/9/2019).

[Baca Juga: Empat Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan]

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa memang mengandung berbagai vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit.

  • Memecahkan Batu Ginjal

Air kelapa memiliki fungsi sebagai diuretic, yang dapat meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui saluran air seni si pasien.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

  • Menurunkan Demam

Bagi penderita demam dengue, yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Air kelapa diperlukan karena punya kandungan seperti cairan isotonis tubuh, tapi bukan untuk menaikkan trombosit. Jumlah trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

  • Mencegah Dehidrasi

Kekurangan cairan akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal, terutama pada bayi. Pada kondisi itu, pemberian air putih saja tidak akan cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga yang membuat banyak keluar keringat. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa membantu Anda dari dehidrasi.

5 Khasiat Air Kelapa Bagi Tubuh

Menetralisir racun

Air kelapa mengandung antidotum, tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa bisa membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung secara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun itu sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui saluran ginjal.

[Baca Juga: 4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa]

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa seperti vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin dan biotin sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  5 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  11 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.