Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

Properti dan Solusi

5 Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

Tebatasnya lahan dan mahalnya harga rumah membuat tren rumah vertikal semakin digemari. Kini tak sedikit orang yang memilih tinggal di apartemen karena lebih dekat dengan pusat kota, dan harganya pun lebih murah. Namun apartemen tentu berbeda dengan rumah biasa yang memiliki cahaya yang baik dan ventilasi mumpuni.

Kurangnya sinar matahari yang masuk dan buruknya sirkulasi udara, membuat beberapa orang menghindari memiliki tanaman di dalam unitnya. Namun, para ahli baru-baru ini menyatakan bahwa setiap orang wajib memiliki setidaknya satu tanaman hidup di dalam rumah, sehingga dapat memberikan stimulasi udara yang baik dan menyegarkan tampilan rumah.

[Baca Juga: Apartemen Bisa Jadi Hunian Sehat dengan Bantuan Tanaman]

Menjaga tanaman di tempat yang kurang sinar matahari dan sirkulasi udara tentu jadi tantangan tersendiri. Seperti yang diketahui bersama, setiap tanaman membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Jika apartemen Anda tidak memiliki balkon, tempatkan tanaman di dekat jendela terbuka.

Melansir dari boldsky.com (1/7/2019) berikut beberapa kiat yang bisa Anda ikuti dan bisa digunakan untuk membantu menjaga tanaman apartemen tetap hidup.

1. Pilih Tanaman yang Tepat

Jika Anda memutuskan untuk memlihara tanaman di apartemen, jeli dalam memlih jenis tanaman yang tepat. Jangan memilih tanaman yang butuh perawatan sulit, justru pilihlah tanaman yang bisa hidup dalam kondisi apapun, misalnya lidah buaya, lidah mertua, dan voilet Afrika adalah beberapa tanaman yang bertahan lebih lama saat disimpan di apartemen. Tanaman cantik ini tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari.

Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

2. Jendela Terbuka

Walau sinar matahari tak seleluasa rumah yang memiliki halaman, namun jangan lupa untuk menempatkan tanaman di dekat jendela terbuka. Dengan cara ini, tanaman dapat menyerap karbon dioksida dan menerima sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Pastikan, tanaman disiram dengan baik sebelum ditempatkan di bawah sinar matahari hal ini menghindari tanaman kering.

3. Jangan Siram Air dengan Berlebihan

Walaupun tanaman diletakkan di dalam ruangan, jangan sampai lupa untuk menyiramnya. Jangan lupa pula, jika tanaman yang diletakan dalam ruangan, tidak bisa menerima banyak air karena tanaman akan lebih mudah busuk.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

4. Bantu dengan Cahaya Buatan

Jika sinar matahari dari rumah vertikal Anda terbatas, coba gunakan cahaya buatan yang diarahkan khusus ke tanaman. Tanaman membutuhkan kehangatan dari cahaya untuk pertumbuhannya, selain itu cahaya juga bisa membuat tanaman tetap hidup. Ini adalah tip penting untuk menjaga tanaman apartemen tetap hidup di rumah Anda.

5. Jangan Dipindah-Pindah

Jika Anda ingin memiliki suasana baru pada unit apartemen Anda, jangan terlalu sering menata ulang tata letak tanaman. Para ilmuwan menyatakan,tanaman menempel pada tempat mereka sehingga menggesernya sering kali dapat menempatkan mereka dalam keadaan terguncang (shock). Ini adalah salah satu cara terbaik untuk jaga tanaman tetap hidup dengan baik di apartemen.

Itulah lima kiat yang bisa Anda lakukan jika ingin merawat tanaman di apartemen.

Read More

Artikel Lainnya

TMII Kembali Beroperasi di Masa New Normal. Pengunjung Dibatasi

Berita Kawasan

TMII Kembali Beroperasi di Masa New Normal, Pengunjung Dibatasi

05 June 2020, 21:00

Nantinya, jumlah pengunjung dibatasi hanya sepertiga dari kapasitas tampung TMII di hari biasa

Puluhan DJ Siap Hibur Anda di Festival Musik Online GOOD VIBRATIONS .jpg

Hobi dan Hiburan

Puluhan DJ Siap Hibur Anda di Festival Musik Online GOOD VIBRATIONS

05 June 2020, 20:00

Festivalgoers di Indonesia bersiaplah untuk menari dan menikmati dentuman musik DJ di rumah melalui festival musik online GOOD VIBRATIONS..

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

05 June 2020, 19:00

Untuk memetakan sebaran COVID-19, pemkot Yogyakarta lakukan kegiatan rapid test untuk para pedagang tradisional.

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP

05 June 2020, 18:00

Pekan ini, Pemkot Medan mulai membuka PPDB 2020 secara online sekaligus menggelar uji coba untuk memudahkan pendaftaran anak sekolah tingkat SMP di tengah pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.