Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

Properti dan Solusi

5 Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

Tebatasnya lahan dan mahalnya harga rumah membuat tren rumah vertikal semakin digemari. Kini tak sedikit orang yang memilih tinggal di apartemen karena lebih dekat dengan pusat kota, dan harganya pun lebih murah. Namun apartemen tentu berbeda dengan rumah biasa yang memiliki cahaya yang baik dan ventilasi mumpuni.

Kurangnya sinar matahari yang masuk dan buruknya sirkulasi udara, membuat beberapa orang menghindari memiliki tanaman di dalam unitnya. Namun, para ahli baru-baru ini menyatakan bahwa setiap orang wajib memiliki setidaknya satu tanaman hidup di dalam rumah, sehingga dapat memberikan stimulasi udara yang baik dan menyegarkan tampilan rumah.

[Baca Juga: Apartemen Bisa Jadi Hunian Sehat dengan Bantuan Tanaman]

Menjaga tanaman di tempat yang kurang sinar matahari dan sirkulasi udara tentu jadi tantangan tersendiri. Seperti yang diketahui bersama, setiap tanaman membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Jika apartemen Anda tidak memiliki balkon, tempatkan tanaman di dekat jendela terbuka.

Melansir dari boldsky.com (1/7/2019) berikut beberapa kiat yang bisa Anda ikuti dan bisa digunakan untuk membantu menjaga tanaman apartemen tetap hidup.

1. Pilih Tanaman yang Tepat

Jika Anda memutuskan untuk memlihara tanaman di apartemen, jeli dalam memlih jenis tanaman yang tepat. Jangan memilih tanaman yang butuh perawatan sulit, justru pilihlah tanaman yang bisa hidup dalam kondisi apapun, misalnya lidah buaya, lidah mertua, dan voilet Afrika adalah beberapa tanaman yang bertahan lebih lama saat disimpan di apartemen. Tanaman cantik ini tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari.

Kiat Merawat Tanaman di Apartemen

2. Jendela Terbuka

Walau sinar matahari tak seleluasa rumah yang memiliki halaman, namun jangan lupa untuk menempatkan tanaman di dekat jendela terbuka. Dengan cara ini, tanaman dapat menyerap karbon dioksida dan menerima sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Pastikan, tanaman disiram dengan baik sebelum ditempatkan di bawah sinar matahari hal ini menghindari tanaman kering.

3. Jangan Siram Air dengan Berlebihan

Walaupun tanaman diletakkan di dalam ruangan, jangan sampai lupa untuk menyiramnya. Jangan lupa pula, jika tanaman yang diletakan dalam ruangan, tidak bisa menerima banyak air karena tanaman akan lebih mudah busuk.

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

4. Bantu dengan Cahaya Buatan

Jika sinar matahari dari rumah vertikal Anda terbatas, coba gunakan cahaya buatan yang diarahkan khusus ke tanaman. Tanaman membutuhkan kehangatan dari cahaya untuk pertumbuhannya, selain itu cahaya juga bisa membuat tanaman tetap hidup. Ini adalah tip penting untuk menjaga tanaman apartemen tetap hidup di rumah Anda.

5. Jangan Dipindah-Pindah

Jika Anda ingin memiliki suasana baru pada unit apartemen Anda, jangan terlalu sering menata ulang tata letak tanaman. Para ilmuwan menyatakan,tanaman menempel pada tempat mereka sehingga menggesernya sering kali dapat menempatkan mereka dalam keadaan terguncang (shock). Ini adalah salah satu cara terbaik untuk jaga tanaman tetap hidup dengan baik di apartemen.

Itulah lima kiat yang bisa Anda lakukan jika ingin merawat tanaman di apartemen.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  16 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.