5 Kue Kering Khas Lebaran yang Harus Ada Di Atas Meja

Kuliner

5 Kue Kering Khas Lebaran yang Harus Ada Di Atas Meja

Tak terasa, sebentar lagi Lebaran akan tiba. Hari besar untuk masyarakat Muslim di seluruh dunia ini memang selalu dinanti-nanti kehadirannya setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Di Indonesia, lebaran dibungkus dengan tradisi silahturahmi yang kental. Biasanya saat sedang mengunjungi rumah saudara saat Lebaran ada beberapa hal yang selalu ada menyambut tamu yang tiba.

Selain ketupat dan opor ayam, lebaran tak lengkap rasanya jika tak ada berbagai jenis kue kering di atas meja. Apa saja kue kering yang harus ada dan jadi khas Idulfitri? Merangkum dari berbagai sumber (15/5/2019) inilah kue kering pilihan untuk Anda.

1. Nastar

Jika tak ada nastar saat lebaran, rasanya tak lengkap. Kue kering ini dibuat dari tepung, mentega dan isian selai nanas yang lezat. Sebutan nastar ternyata muncul dari Bahasa Belanda yaitu ananas dan taart. Kue ini terinspirasi dari kue pie yang berisi apel, kue kegemaran banyak orang Eropa. Namun buah apel pada saat itu susah ditemukan, sehingga nanas dipilih jadi pengganti apel. Biasanya dibagian atasnya terdapat kismis ataupun keju.

[Baca Juga: 5 Tips Belanja Kue Lebaran Kiloan Murah dan Enak]

2. Kastangel

Kastangel juga merupakan salah satu kue kering favorit masyarakat Indonesia. berbeda dengan nastar yang manis, kanstangel cenderung asin karena bahan utamanya menggunakan keju. Keju yang digunakan juga beragam, mulai dari cheddar, edam, ghouda, hingga parmesan. Layaknya nastar yang terinspirasi dari kue pie favorit orang Eropa, sebutan kastangel juga datang dari Belanda, yaitu kaas yang berarti keju dan stengel yang berarti batang.

3. Putri Salju

Kue ini mungkin bisa disebut kue favorit anak-anak, karena kue kering yang biasanya berbentuk bulan sabit ini ditaburi gula putih layaknya salju. Rasa kuenya cenderung hambar, namun manisnya gula halus menyeimbangkan rasa kue jadi lebih nikmat.

5. Semprit

Kue kering yang satu ini asalnya datang dari Malaysia. Di Negeri Jiran, kue semprit merupakan kue khas lebayaran. Biasanya di bagian atas kue, diberikan cokelat atau berbagai macam selai.

[Baca Juga: 6 Inspirasi Gaya Rambut Trendi di Hari Lebaran]

6. Lidah Kucing

Namanya memang sedikit ekstrem, namun kue kering yang satu ini sama sekali tidak terkait dengani bagian tubuh kucing, sebutan tersebut muncul karena bentuknya yang mirip dengan lidah kucing. Kue ini juga berasal atau diserap dari Belanda, yaitu katte tong. Rasanya renyah dan manis.

Itulah lima kue kering khas lebaran yang selalu ada dan jadi favorit banyak orang di Indonesia. Apakah Anda sudah mempersiapkan kue untuk hari raya?

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.