5 Langkah Mencuci Pakaian Bayi Yang Benar

Kecantikan dan Fashion

5 Langkah Mencuci Pakaian Bayi Yang Benar

Sebagai orangtua, menjadi kewajiban bagi Anda untuk merawat buah hati dengan baik. Segala hal yang bersangkutan dengan bayi harus Anda perhatikan, termasuk pakaiannya. Karena kulit bayi masih sensitif, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan pakaian bayi.

Banyak orangtua yang menganggap bahwa cara mencuci baju bayi atau balita sama dengan cara mencuci baju orang dewasa. Namun, sebenarnya Anda tidak boleh sembarangan saat mencuci baju si kecil, apalagi mencampurnya dengan baju Anda. Mencuci baju bayi yang baik dan benar penting dilakukan agar mereka merasa aman dan terhindar dari masalah kulit. Melansir dari bidanku.com (4/9/2019), berikut ini cara mencuci pakaian bayi yang benar:

5 Langkah Mencuci Pakaian Bayi Yang Benar

1. Cuci Baju Baru Sebelum Pakai

Jika Anda baru saja membelikan baju baru untuk bayi Anda, cucilah baju tersebut sebelum dikenakan si bayi. Meskipun baru tapi tidak menjamin baju bebas dari debu, kuman atau bahan kimia yang berbahaya lainnya. Anda tidak tahu bahan apa saja yang telah menempel pada baju saat proses produksi. Bayi umumnya memiliki kondisi kulit yang sensitif. Maka dari itu, agar terhindar dari masalah kulit, penting untuk melindungi kulitnya.

[Baca Juga: Ini Kriteria Sepatu untuk Anak yang Harus Anda Ketahui]

2. Gunakan Detergen Khusus

Sebaiknya pilihlah detergen yang tidak mengandung pemutih, pelembut dan pewangi. Pasalnya, detergen yang mengandung bahan kimia rentan mengiritasi kulit bayi dan menyebabkan alergi. Anda dapat memilih detergen yang aman untuk pakaian bayi. Detergen yang aman tidak terkandung paraben sehingga tidak akan membuat kulit bayi teriritasi. Ada baiknya jika Anda mencari detergen yang mengandung bahan alami yang aman digunakan untuknya. Apabila kulit bayi Anda termasuk tipe kulit sensitif, Anda bisa menggunakan detergen yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif.

3. Jika Kotor Segera Cuci

Jika bayi gumoh dan mengenai baju, atau pada baju terdapat bekas ASI, susu formula, makanan atau kotoran yang lainnya, sebaiknya jangan membiarkan bayi menggunakan pakaian tersebut dalam waktu lama. Segera ganti baju bayi dan cuci. Jika tidak dicuci segera, noda pada baju akan sulit hilang.

4. Mencuci Sesuai Jenis Bahan

Baju bayi tidak semuanya dapat dicuci dengan cara yang sama. Hanya saja, tidak sedikit orangtua yang mengetahuinya. Mencuci baju harusnya disesuikan dengan bahan bajunya. Dengan cara ini, kualitas pakaian si kecil akan tetap terjaga.

5. Bilas Hingga Bersih

Mencuci baju bayi baik dengan menggunakan tangan atau mesin cuci harus dibilas hingga benar-benar bersih. Akan lebih baik jika Anda membilasnya beberapa kali. Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa kotoran atau sabun yang menempel pada pakaiannya.

[Baca Juga: 5 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Tidak Anda Beli di Garage Sale]

Setelah Anda memastikan bahwa baju bayi bersih dari segala kotoran, baik noda atau sabun, keringkan baju menggunakan mesin pengering. Lalu, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung. Selain membuat pakaian mudah kering, sinar matahari akan membantu membunuh kuman. Bukan hanya pakaian saja, semua perlengkapan bayi sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan seperti seprai dan selimut. Dan dalam menyimpan pakaian atau pun peralatan bayi, pastikan Anda menaruhnya di tempat yang bersih.

Read More

Artikel Lainnya

5 Ide Hadiah Tak Biasa untuk Ayah di Hari Ayah

Berita Kawasan

5 Ide Hadiah Tak Biasa untuk Ayah di Hari Ayah

11 November 2019, 21:00  |  4 Views

Tidak hanya hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 12 Desember. Di Indonesia, setiap tanggal 12 November juga diperingati sebagai hari Ayah Nasional.

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

Berita Kawasan

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

11 November 2019, 20:00  |  0 Views

Kampung Teras Pancasila bisa menjadi inspirasi kampung lain. Kampung yang dapat mewujudkan kerukunan warga.

Little Tokyo, Kawasan Ginza Jakarta Tempat Kuliner Jepang Legendaris

Kuliner

Little Tokyo, Kawasan Ginza Jakarta: Tempat Kuliner Jepang Legendaris

11 November 2019, 19:00  |  0 Views

Pernah dengan kawasan Little Tokyo, di Jakarta? Kawasan yang berlokasi di Melawai ini terkenal sebagai Ginza nya Jakarta.

4 Mascara Maybelline Favorit Banyak Wanita

Kecantikan dan Fashion

4 Mascara Maybelline Favorit Banyak Perempuan

11 November 2019, 18:00  |  1 Views

Maskara mampu membuat mata Anda lebih terbuka dan terlihat lebih segar. Berikut beberapa maskara merk Maybelline yang paling jadi favorit banyak perempuan.


Comments


Please Login to leave a comment.