5 Langkah yang Dilakukan Saat Menyewa Rumah

Properti dan Solusi

5 Langkah yang Dilakukan Saat Menyewa Rumah

Bekerja di Ibu Kota untuk kehidupan yang lebih baik memang tak ada salahnya. Namun jika Anda harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk pulang pergi karena jarak rumah dan kantor sangat jauh tentu sangat melelahkan. Belum lagi transportasi umum yang selalu penuh dah waktu tempuh yang panjang membuat Anda semakin kehilangan tenaga.

Untuk mengatasi persoalan ini, salah satu alternatifnya adalah menyewa tempat tinggal. Berbeda dengan indekos yang harus berbagi dengan penghuni lain, menyewa rumah memungkinkan Anda menggunakan semua bagian layaknya rumah sendiri. Pilihan ini merupakan pilihan yang cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil.

[Baca Juga: Ingin Menyulap Apartemen Studio Tampak Lebih Luas, Begini Caranya]

Menyewa rumah dekat kantor bisa menghemat ongkos dan tenaga. Namun sebelum Anda pergi menyewa, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dirangkum dari berbagai sumber (11/06/2019) inilah yang harus ada persiapkan sebelum menyewa rumah.

1. Persiapkan Biaya

Sebelum pergi mencari rumah yang ingin disewa tentu Anda harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan. Umumnya, ada dua tipe pembayaran terkait pembayaran sewa rumah, yaitu per bulan dan per tahun. Pilih opsi sesuai kemampuan Anda, jika Anda akan tinggal cukup lama ada baiknya pilih pembayaran tahunan agar lebih hemat. Sedangkan jika Anda tinggal dalam jangka waktu yang relatif pendek, Anda bisa memilih pembayaran secara bulanan.

2. Pilih Lokasi Sesuai Kebutuhan

Sebelum mendatangi dan melihat rumah sewa, ada baiknya Anda perhatikan lokasi yang akan dipilih. Jangan menyewa rumah yang jauh dari tempat yang ada tuju, cari rumah sewa maksimal 10 km dari kantor Anda. semakin dekat semakin baik, karena memengaruhi pengeluaran uang untuk transportasi.

[Baca Juga: Sewa Menyewa Properti Cepat Berkat Bantuan Digital]

3. Periksa Rumah Langsung

Jika Anda mencari rumah sewa dari internet, jangan percaya dengan harga murah. Langsung hubungi pembuat iklan untuk melihat langsung rumah yang disewakan. Periksa seluruh bagian rumah mulai dari kamar, pintu, kamar mandi, dapur dan keamanan lingkungan. Jika Anda melihat benda atau bagian rumah yang rusak segera hubungi pemilik agar tak terjadi salah paham di kemudian hari.

4. Buat Perjanjian Resmi

Jangan anggap remeh bagian terakhir ini, karena perjanjian di atas materai bisa melindungi hak dan kewajiban Anda maupun pemilik rumah. Perjanjian ini juga meminimalisir kerugian untuk kedua belah pihak, pastikan Anda membaca dan memahami seluruh isi perjanjian. Perhatikan tanggal pembayaran dan biaya tambahan jika ada.

Jika Anda sudah melakukan hal di atas, Anda sudah siap menempati rumah sewaan terbaru. Tak ada lagi rasa lelah saat pulang kerja karena tempat tinggal Anda sekarang sudah lebih dekat dengan kantor.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.