5 Makanan yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Migrain

Kesehatan

5 Makanan yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Migrain

Migran merupakan sakit kepala yang biasanya dialami seseorang dengan tanda kepala terasa berdenyut di satu sisi kepala. Migrain merupakan penyakit saraf yang kerap kali menimbulkan gejala berupa mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau suara.

Di Indonesia, ditemukan lebih dari 2 juta kasus migrain per tahunnya. Biasanya penyakit ini juga bisa didiagnosis sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Migrain bisa dialami karena beberapa faktor, yaitu genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk menangani migrain adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mulai dari mengubah pola makan Anda.

Beberapa penelitian menyebutkan, diet vegan atau hanya makan makanan yang berasal dari tumbuhan sangat baik untuk orang yang memiliki riwayat migrain. Tak heran, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah serangan sakit kepala. Berdasarkan lansiran dari boldsky.com (5/7/2019) inilah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi pengidap migrain.

[Baca Juga: Bahaya di Balik Obat Sakit Kepala]

1. Cokelat

Makanan manis ini mungkin jadi favorit banyak orang di kala merasa sedih, namun cokelat merupakan makanan yang dapat memicu migrain terbesar setelah alkohol. Menurut penelitian, cokelat dapat memengaruhi 22 persen orang yang menderita migrain karena mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang memicu sakit kepala migrain.

2. Pemanis Buatan

Di pasaran banyak sekali cemilan yang dibuat dengan gula buatam. Walaupun rasanya enak namun Anda harus berhati-hati karena karena pemanis buatan mengandung aspartam, sukrosa, stevia, dll. Pemanis buatan ini ditemukan dalam permen, makanan panggang, minuman ringan, makanan kaleng, selai, jeli dan produk susu, yang diduga memicu migrain.

3. Keju

Semua produk dari keju seperti keju cheddar, keju feta, keju biru, dan keju parmesan mengandung asam amino yang disebut tyramine. Asam amino ini biasanya terlihat pada makanan yang sudah tua atau melewati proses fermentasi. Tyramine merupakan senyawa yang diduga dapat pemicu migrain.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

4. Kafein

Walau Anda sangat menyukai kopi, ada baiknya kurangi bahkan kurangi minum kopi karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein seperti teh dikatakan penyebab migrain.

5. Daging Olahan

Anda bisa menemukan banyak daging olahan yang ada di pasar dalam bentuk sosis, ham, dan lain sebagainya. Produk daging ini mengandung bahan pengawet yang disebut nitrat, yang bertugas untuk menjaga warna dan rasa. Setelah dikonsumsi, kandungan tersebut dapat melepaskan nitrat ke pembuluh darah di otak dan menyebabkan serangan migrain

Itulah beberapa makanan yang haru dihindari Anda yang memiliki migrain. Prioritaskan makanan yang memiliki banyak gizi dan nutrisi seperti sayur, buah, daging, ikan, dan ayam.

Read More

Artikel Lainnya

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

Kesehatan

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

21 October 2019, 20:00  |  14 Views

Musik metal sering dianggap sebagai musik dengan konotasi yang negatif. Meski demikian, musik metal dipercaya dapat mengatasi masalah kegalauan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

21 October 2019, 19:00  |  16 Views

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

Berita Kawasan

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

21 October 2019, 18:41  |  15 Views

Ajang tahunan ini bakal memberikan kesempatan bagi para diecaster untuk melihat dan memiliki diecast langka yang hanya tersedia di The 6th IDE 2019 saja.

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

Pendidikan

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

21 October 2019, 18:00  |  12 Views

Seminar ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan generasi milenial mengenai pengelolaan sektor pertanian di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.