5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan

Kesehatan

5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan

Bulan Ramadan telah tiba. Ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang Muslim ini mengajarkan untuk menahan hawa nafsu dan tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan. Dalam prosesi ibadah ini, Anda bisa memilah-milih makanan yang Anda konsumsi sehingga tidak berlebihan dan kebutuhan nutrisi per bulan tetap terjaga.

Pasalnya, agar kuat menjalani puasa, Anda harus memastikan mengonsumsi makanan yang tepat saat waktu sahur. Makanan yang kurang tepat justru membuat Anda lebih mudah lapar di pertengahan hari.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Maka dari itu, melansir dari timesnownews.com (6/5/2019) berikut beberapa makanan sehat saat puasa dan bagus dikonsumsi ketika sahur dan berbuka sehingga puasa Anda lebih nyaman dan lancar.

1. Buah-buahan

Untuk memasok energi dan nutrisi bagi tubuh selama jam-jam puasa, saat sahur ataupun berbuka Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Pasalnya, buah mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya. Buah juha mampu membantu dalam mengotrol berat badan, mangatasi diabetes dan menjaga risiko banyak penyakit.

2. Sereal, Roti, dan Gandum

Sereal, roti, dan gandum kaya akan karbohidrat sehingga baik di konsumsi saat bulan Ramadan. Karbohidrat yang dimiliki ketiga jenis makanan tersebut lebih kompleks dibanding nasi sehingga bisa kenyang lebih lama. karbohidrat juga mampu memberikan tubuh Anda energi yang Anda butuhkan selama hari puasa, maka dari itu makanan ini sangat baik jika dikonsumsi saat sahur.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

3. Sayuran

Setelah menahan lapar satu hari penuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Maka dari itu, sayuran merupakan makanan yang paling tepat Anda konsumsi. Sayuran mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan sayur juga mudah dicerna dengan mudah. Jika, Anda langsung mengonsumsi makanan yang berat dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Sayuran juga sangat dibutuhkan ketika Anda sahur karena mengonsumsi sayur saat sahur dapat meningkatkan energi tubuh di siang hari.

4. Makanan Berprotein Tinggi

Jangan lupa isi perut Anda dengan protein saat berpuasa, Anda misa mengonsumsi ikan ataupun susu. Anda bisa memiliki produk susu yang tepat untuk kebutuhan, biasanya produk susu mengandung kalsium dan protein tinggi. selain itu, susu juga memiliki bakteri baik, yang penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat selama puasa. Konsumsi susu yang baik saat berpuasa bisa Anda lakukan saat sahur maupun berbuka.

5. Air Putih

Selama berjam-jam puasa, tidak makan dan minum membuat tubuh Anda kekurangan cairan. Sehingga saat waktunya buka hingga sahur, pastikan Anda meminum air yang cukup dengan kebutuhan harian yaitu sekitar 2 liter perorang. Walau terlihat banyak, namun Anda bisa membaginya ke dalam dua bagian, yaitu 1 liter pada saat berbuka hingga sebelum tidur dan 1 liter ketika baru bangun sahur dan sebelum imsak.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

Itulah lima jenis makanan sehat saat puasa. Kurangi mengonsumsi makanan kaleng atau cepat saji, agar lebih sehat makan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.