5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Kesehatan

5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling terpenting dimiliki seseorang. Untuk menjaga tubuh tetap sehat beberapa orang rajin mengonsumsi multivitamin. Banyaknya produk multivitamin di Indonesia membaut Anda mungkin bingung manakah produk suplemen yang baik dan aman?

Jika Anda ragu, ada baiknya mencoba produk yang berbahan dasar herbal. Biasanya, bahan utama yang digunakan adalah tumbuhan yang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk pengobatan, misalnya daun pegagan atau centella asiatica.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Daun pegagan digunakan nenek moyang zaman dahulu karena dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun sebeneranya apa saja manfaat keseharan daun pegagan yang dikenal sebagai tanaman herbal?

Melansir dari healthyeating.sfgate.com (12/4/2019), berikut manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan Luka

Tanaman herbal ini dikenal mampu mempercepat penyembuhan luka. Sehingga tumbuhan ini sering digunakan untuk mengurangi luka berkat operasi. Biasanya orang yang mengonsumsi suplemen daun pegagan akan sembuh lebih cepat, apalagi jika ditambah produk yang berbentuk salep. Kebolehan daun pegagan ini dapat mengurangi risiko infeksi pada luka.

2. Membantu Menurunkan Gula Darah

daun pegagan juga dipercaya dapat menurunkan gula darah. Beberapa penelitian membuktikan, tumbuhan ini dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes dengan meningkatkan kandungan insulin.

[Baca Juga: Rasa Pahit Pare Ternyata Punya Manfaat yang Berlimpah]

3. Melancarkan Aliran Darah

Salah satu tanaman herbal ini juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Kemampuannya yang dapat memperlancar aluran darah ini kerap kali digunakan banyak orang yang memiliki varises dan hipertensi vena. Daun pegagan juga dapat membantu mengurangi nyeri dan kaki yang terasa berat. Hal ini bisa dilakukan daun pegagan karena kandungan triterpenes yang memiliki sifat antiperadangan.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Daun pegagan ternayata memiliki manfaat yang sama dengan asam folat. Keduanya mampu meningkatkan fungsi orak dan efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Sehingga daun pegagan cocok dikonsumsi pascastroke.

5. Mengurangi Stres

Daun pegagan juga dipercaya bisa mengurangi perasaan stres sehingga memiliki efek menenangkan. Pegagan juga bisa jadi pengganti obat antidepresan. Namun, untuk fungsi ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Karena baru segelintir penelitian saja yang dilakukan untuk hal ini.

[Baca Juga: 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit]

Itulah manfaat daun pegagan sebagai tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.