5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Kesehatan

5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling terpenting dimiliki seseorang. Untuk menjaga tubuh tetap sehat beberapa orang rajin mengonsumsi multivitamin. Banyaknya produk multivitamin di Indonesia membaut Anda mungkin bingung manakah produk suplemen yang baik dan aman?

Jika Anda ragu, ada baiknya mencoba produk yang berbahan dasar herbal. Biasanya, bahan utama yang digunakan adalah tumbuhan yang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk pengobatan, misalnya daun pegagan atau centella asiatica.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Daun pegagan digunakan nenek moyang zaman dahulu karena dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun sebeneranya apa saja manfaat keseharan daun pegagan yang dikenal sebagai tanaman herbal?

Melansir dari healthyeating.sfgate.com (12/4/2019), berikut manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan Luka

Tanaman herbal ini dikenal mampu mempercepat penyembuhan luka. Sehingga tumbuhan ini sering digunakan untuk mengurangi luka berkat operasi. Biasanya orang yang mengonsumsi suplemen daun pegagan akan sembuh lebih cepat, apalagi jika ditambah produk yang berbentuk salep. Kebolehan daun pegagan ini dapat mengurangi risiko infeksi pada luka.

2. Membantu Menurunkan Gula Darah

daun pegagan juga dipercaya dapat menurunkan gula darah. Beberapa penelitian membuktikan, tumbuhan ini dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes dengan meningkatkan kandungan insulin.

[Baca Juga: Rasa Pahit Pare Ternyata Punya Manfaat yang Berlimpah]

3. Melancarkan Aliran Darah

Salah satu tanaman herbal ini juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Kemampuannya yang dapat memperlancar aluran darah ini kerap kali digunakan banyak orang yang memiliki varises dan hipertensi vena. Daun pegagan juga dapat membantu mengurangi nyeri dan kaki yang terasa berat. Hal ini bisa dilakukan daun pegagan karena kandungan triterpenes yang memiliki sifat antiperadangan.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Daun pegagan ternayata memiliki manfaat yang sama dengan asam folat. Keduanya mampu meningkatkan fungsi orak dan efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Sehingga daun pegagan cocok dikonsumsi pascastroke.

5. Mengurangi Stres

Daun pegagan juga dipercaya bisa mengurangi perasaan stres sehingga memiliki efek menenangkan. Pegagan juga bisa jadi pengganti obat antidepresan. Namun, untuk fungsi ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Karena baru segelintir penelitian saja yang dilakukan untuk hal ini.

[Baca Juga: 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit]

Itulah manfaat daun pegagan sebagai tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.