5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Jahe termasuk jenis tanaman sejenis kunyit, kapulaga dan lengkuas yang biasa digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional atau alternatif. Banyak cara yang dapat diolah dari Jahe sebagai pengobatan herbal dalam bentuk jahe yang masih segar, kering, bubuk atau bisa diolah dalam bentuk minyak atau jus yang berkhasiat mengatasi banyak gejala penyakit. Gingerol yang terdapat pada jahe ini memiliki senyawa bioaktif utama yang berfungsi untuk pengobatan. Berikut ulasan lima manfaat jahe yang dirangkum dari berbagai sumber kesehatan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

  • Meredakan Mual

Jahe sangat efektif mengatasi berbagai rasa mual. Jahe sebagai obat mual bisa dikonsumsi untuk mabuk laut atau perjalanan. Jahe juga dapat meredakan mual dan muntah setelah operasi, dan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Jahe juga sangat ampuh meredakan gejala mual yang dialami ibu hamil saat mengalami morning sickness.

  • Atasi Kolesterol

Bila kolesterol jahat pada tubuh meningkat, maka berisiko terserang penyakit jantung. Mengonsumsi jahe dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh yang dengan signifikan.

[Baca Juga: 5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe]

  • Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Stres oksidatif dan peradangan kronis salah satu penyebab terkena penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif. Antioksidan dan senyawa bioaktif pada jahe dapat menghambat respons peradangan yang terjadi di otak dan terbukti bahwa jahe dapat meningkatkan fungsi otak.

  • Memerangi Infeksi

Gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar, dapat membantu menurunkan risiko infeksi pada tubuh. Ekstrak jahe juga dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Misalnya pada peradangan gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Jahe segar juga efektif melawan virus RSV, penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

  • Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid adalah nyeri yang dirasakan perempuan selama siklus menstruasi. Mengonsumsi jahe dapat meredakan nyeri haid. Salah satu kegunaan tradisional jahe adalah untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk nyeri haid. Dalam satu studi, 150 wanita mengonsumsi 1 gram bubuk jahe per hari, selama tiga hari pertama pada periode menstruasi, jahe berhasil mengurangi rasa sakit sama efektifnya dengan obat asam mefenamat dan ibuprofen.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Kelima manfaat tersebut sangat efektif untuk mengusir berbagai macam penyakit yang tidak Anda inginkan. Buatlah minuman jahe hangat untuk menemani hari santai Anda yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Read More

Artikel Lainnya

4 Pilihan Sabun Natural Lokal yang Cantik dan Instagrammable

Kecantikan dan Fashion

4 Pilihan Sabun Natural Lokal yang Cantik dan Instagrammable

15 November 2019, 16:00

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, menggunakan produk yang berbahan dasar natural tentu lebih aman. Ini pilihan yang bisa Anda coba.

Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina

Berita Kawasan

Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina

15 November 2019, 14:00

Perwakilan dari negara Filipina berkunjung ke Bank Sampah Kumala untuk melihat metode pemberdayaan yang diterapkan di sini.

GoFood dan Mamimumemo 2, Untungkan Konsumen Serta Mitra Kerja Dengan Kuliner

Bisnis

GoFood dan Mamimumemo 2 Untungkan Konsumen Serta Mitra Kerja

15 November 2019, 13:00

Melalui Mamimumemo 2, GoFood tidak hanya mensejahterahkan bisnis mereka melainkan juga konsumen serta mitra kerja

Kiat Makan di Restoran AYCE Agar Bisa Coba Semua Menunya

Kuliner

Kiat Makan di Restoran AYCE Agar Bisa Coba Semua Menunya

15 November 2019, 12:00

Makan di restoran AYCE bisa lebih maksimal jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dengan cara berikut ini.


Comments


Please Login to leave a comment.