5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Kesehatan

5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Masih ingatkah Anda kapan terkahir berjalan di atas rumput tanpa alas kaki? Mungkin Anda harus lebih sering berjalan tanpa alas kaki mulai sekarang. Pasalnya, berjalan tanpa menggunakan alas kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berjalan tanpa alas kaki, dikenal sebagai grounding. Karena anggota tubuh Anda bersentuhan langsung dengan alam, seperti rumput, tanah, ataupun pasir. Melansir dari boldsky.com (25/4/2019) inilah manfaat yang bisa Anda rasakan ketika berjalan tanpa alas kaki.

[Baca Juga: 5 Manfaat Berjalan-jalan di Area Hutan untuk Kesehatan]

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian aktivitas grounding ini dapat mengurangi viskositas darah, yang jadi faktor utama penyakit jantung. Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan muatan permukaan pada sel darah merah yang mampu mengurangi viskositas dan penggumpalan darah. Sehingga secara tidak langsung Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang mengancam jiwa.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat meningkatkan kualitas tidur karena mampu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Orang yang secara rutin berjalan tanpa alas kaki dipercaya dapat mengurangi stres dan mengurangi sakit.

3. Menunda Penuaan Kulit

Sebuah penelitian menemukan, berjalan tanpa alas kaki juga memiliki manfaat antiaging. Di mana pada penelitian tersebut hasilnya menunjukan aktivitas ini mampu meningkatkan peredaran darah menajdi lebih lancar seluruh tubuh termasuk wajah. Satu jam melakukan aktivitas ini dapat mengembalikan tekstur kulit menjadi lebih baik.

[Baca Juga: Komunitas Lari dan Trijee Sports Wear Gelar Community Birthday Run]

4. Mengurangi Peradangan Kronis

Berjalan dengan bersentuhan langsung dengan bumi juga mampu menyalurkan energi bumi ke dalam tubuh, yang dapat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan psikis. Energi yang ada di bumi menyembangkan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga mengurangi radang dan iritasi. aktivitas ini bekerja layaknya antioksidan yang baik untuk menangkal banyak penyakit.

5. Mengatur Sistem Endokrin dan Syaraf

Berjalan tanpa alas kaki juga berperan penting dalam mengatur sistem endokrin dan syaraf dengan mengembalikan berfungsinya sistem syaraf karena aktivitas ini termasuk terapi neuromodulasi, yaitu terapi yang menghambat, menstimulasi, memodifikasi, dan mengatur perubahan dalam tubuh.

[Baca Juga: Menghilangkan Bau Kaki dengan Bedak Bayi]

Itulah manfaat berjalan tanpa alas kaki. Aktivitas ini tak perlu Anda lakukan dalam jangka waktu yang lama, setidaknya lakukan setiap hari selama 30 menit atau dua hari dalam akhir pekan selama satu jam untuk tubuh yang lebih sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.