Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kecantikan

Kecantikan dan Fashion

5 Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kecantikan

Bekicot atau Achatina fulica adalah salah satu jenis siput darah. Hewan moluska satu ini pada dasarnya berasal dari Afrika Timur, tetapi saat ini dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah di dunia. Bekicot merupakan jenis spesies yang dapat menjajah habitat secara masif, bahkan pada habitat yang bukan merupakan habitat aslinya.

Salah satu manfaat bekicot untuk dikonsumsi. Bahkan di negara seperti Prancis, bekicot dianggap sebagai salah satu jenis makanan mewah. Bekicot dipercaya sebagai sumber protein dan memiliki kandungan zat antikanker serta antioksidan. Manfaat bekicot lainnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain dagingnya yang dikonsumsi, manfaat lendir bekicot kini juga mulai dilirik dunia. Jika dagingnya dikonsumsi, lendir bekicot justru dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Lendir bekicot memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang baik untuk kulit.

Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kecantikan

Dikutip dari The Cut (16/07/16), lendir bekicot memiliki kandungan mineral seperti tembaga, zinc, dan zat besi. Lendir siput juga mengandung senyawa seperti copper peptides, hyaluronic acid, glycolic acid, glycoprotein enzymes, proteoglycans, antimicrobial peptides, dan banyak senyawa lainnya. Semua senyawa tersebut dibutuhkan dalam perawatan kulit. Tidak heran jika perawatan menggunakan lendir bekicot mulai booming kembali beberapa tahun belakangan ini. Berikut ini rangkuman PingPoint.co.id tentang berbagai manfaat bekicot untuk perawatan kulit.

[Baca Juga: 5 Mitos Perawatan Diri Pada Pria Menurut Tompi]

1. Melembabkan Kulit

Kandungan berbagai macam senyawa dalam lendir bekicot memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi epidermis kulit sehingga kulit dapat lebih terjaga kelembapannya.

2. Mengatasi Jerawat

Lendir siput memiliki kandungan antimikroba sehingga dapat mengatasi peradangan akibat bakteri seperti jerawat. Selain dapat mengatasi jerawat, lendir siput juga dipercaya dapat mencegah jerawat datang kembali.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penemuan manfaat bekicot yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960-an di mana seorang ahli onkologi asal Spanyol, Dr. Rafael Abad Iglesias, yang melakukan penelitian sel kanker terhadap siput, menemukan bagian kulit siput yang sembuh dari luka lebih cepat. Setelah itu dilakukan penelitian pada kulit manusia dan ditemukan bahwa lendir siput juga dapat bekerja sebagai antiinflamasi pada kulit manusia. Jadi bukan hanya mengatasi jerawat saja, lendir siput juga dapat membantu meredakan jenis luka lain.

[Baca Juga: Ini Mitos Mengenai Perawatan Kulit yang Harus Anda Ketahui]

4. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat lendir bekicot yang satu ini berkaitan dengan berbagai senyawa dalam lendir bekicot yang dapat memicu produksi kolagen, elastin fibers, dan fibronectin yang bekaitan dengan proses regenerasi kulit.

5. Mencegah Penuaan Dini

Sebagian produk bahkan mengklaim dapat menyamarkan garis halus yang sudah terlanjur muncul di wajah. Hal ini tentu masih berhubungan dengan manfaat bekicot yang mampu memperlancar regenerasi kulit.

Meskipun perawatan ini terlihat menjijikan, tapi perawatan ini bisa jadi alternatif yang lebih natural ketimbang dengan kimia.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.