5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Kesehatan

5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Tidur merupakan kegiatan yang wajib dilakukan semua orang agar tetap sehat. Namun tak sedikit juga orang yang mengalami kesulitan tidur karena beberapa alasan. Maka dari itu, sejak zaman dahulu orangtua selalu mematikan lampu kamar untuk menandakan sudah waktunya untuk tidur.

Rupanya mematikan lampu kamar sebelum tidur bukan hanya penanda waktu. Namun, mematikan lampu saat tidur memiliki beberapa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh terutama saat tidur. Namun bagaimana Anda yang tak terbiasa mematikan lampu saat tidur? Anda bisa menggunakan lampu tidur yang memiliki cahaya lebih redup dan tidak seterang lampu utama.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Hal ini penting dilakukan karena bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Sebenarnya apa saja manfaat mematikan lampu saat tidur? Merangkum dari berbagai sumber (12/06/2019) berikut manfaatnya.

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Menurut beberapa ahli, tidur dalam kondisi lampu mati akan membuat hormon melatonin yang berfungsi sebagai hormon kekebalan tubuh terhadap penyakit menyebar ke tubuh. Namun berbeda hal jika Anda tidur dengan lampu menyala, maka hormon ini tidak akan berproduksi.

2. Lebih Mudah Tidur

Saat mematikan lampu atau dalam kondisi minim cahaya, tubuh Anda mulai mengidentifikasi adanya perubahan waktu. Sehingga tubuh Anda menunrunkan frekuensinya sehingga lebih mudah merasa mengantuk dan kelelahan. Hal ini membuat Anda lebih cepat tidur.

3. Mencegah Obesitas

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology, menyatakan jika tidur dalam kondisi lampu padam dapat mencegah kegemukan. Wanita yang tidur dengan mematikan lampu tidur cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang kecil.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Menyalakan lampu saat tidur dapat membuat kualitas tidur Anda buruk, hal ini mengakibatkan Anda cenderung mengalami depresi. Maka dari itu, jika Anda tidur dengan lampu mati akan menurunkan kadar stres. Tidur lelap dalam gelap juga mampu mengurangi pikun saat memasuki usia lanjut.

5. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Sebuah penelitian menyebutkan, kanker payudara banyak dialami wanita yang tinggal di daerah yang hidup di pembangunan perkotaan yang masif, karena disebabkan banyaknya lampu di jalan raya, pusat perbelanjaan, dan rumah. Maka dari itu, karena sudah banyak terpapar banyak cahaya di luar ruangan, ada baiknya Anda mengurangi cahaya saat tidur agar tubuh lebih relaks dan nyaman.

Itulah manfaat mematikan lampu saat tidur yang bisa Anda rasakan. Tubuh yang sehat juga didukung dengan gaya hidup dan pola makan yang lebih teratur. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.