5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kombucha

Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kombucha

Baru-baru ini, ada salah satu jenis teh yang sedang ramai dibicarakan di kalangan para penggiat gaya hidup sehat, yaitu teh kombucha. Kombucha dengan nama ilmiah Medusomyces gisevi ini berasal dari Tiongkok dan mulai populer pada abad ke-20. Dalam prosesnya, minuman tersebut dibiarkan menjamur selama 8-12 hari pada suhu 18-2 derajat celsius. Hasil proses fermentasi tersebut muncul berbagai zat, seperti asam astetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, dan alkohol.

Teh Kombucha memiliki ciri-ciri berwarna hijau kehitaman dengan rasanya yang manis dan memiliki manfaat kesehatan. Berikut lima manfaat kesehatan mengonsumsi teh kombucha seperti dilansir laman Healthline.com (10/10/2019).

5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kombucha

1) Mengandung Probiotik

Teh Kombucha mengandung beberapa spesies bakteri asam laktat yang memiliki fungsi probiotik yang baik untuk tubuh. Probiotik memberi bakteri sehat pada usus Anda. Bakteri ini dapat meningkatkan pada banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, peradangan dan bahkan penurunan berat badan.

2) Mengontrol Gula Darah

Teh Kombucha berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh yang dapat meningkatkan pembakaran kalori, mengurangi lemak perut, meningkatkan kadar kolesterol dan membantu mengontrol gula darah. Fungsi ini tentu sangat tepat untuk para penderita diabetes.

3) Berfungsi sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang melawan radikal bebas, molekul reaktif yang dapat merusak sel dalam tubuh. Banyak ilmuwan percaya bahwa antioksidan dari makanan dan minuman lebih baik untuk kesehatan daripada mengonsumsi suplemen antioksidan.

[Baca Juga: Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh]

4) Membunuh Bakteri

Salah satu zat utama yang dihasilkan selama fermentasi kombucha adalah asam asetat. Seperti halnya polifenol dalam teh, asam asetat mampu membunuh banyak mikroorganisme yang berpotensi berbahaya pada tubuh. Kombucha yang terbuat dari teh hitam atau hijau tampaknya memiliki sifat antibakteri yang kuat, terutama terhadap bakteri penyebab infeksi dan ragi Candida. Efek antimikroba ini menekan pertumbuhan bakteri dan ragi yang tidak diinginkan, tetapi mereka tidak memengaruhi bakteri probiotik yang menguntungkan yang terlibat dalam fermentasi kombucha.

5) Mengatur Diabates Tipe 2

Diabetes tipe 2 ditandai dengan kadar gula darah tinggi dan resistensi insulin. Mengonsumsi teh kombucha dapat memperlambat pencernaan karbohidrat yang juga bisa mengurangi kadar gula darah.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Dari beberapa manfaat yang didapat teh kombucha tersebut, teh ini bila tidak melalui proses fermentasi yang baik memiliki efek samping seperti sakit kepala dan mual karena kandungan alkohol di dalamnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.