5 Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan

Kesehatan

5 Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan

Selain membuat lingkungan asri dan sebagai kawasan resapan air, ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat itu bisa dirasakan baik untuk tubuh maupun mental.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Exeter, Inggris menyebutkan, warga kota yang tinggal di sekitar kawasan hijau memiliki risiko gangguan kecemasan atau depresi yang lebih rendah dibanding warga yang tinggal di wilayah tanpa kawasan hijau.

[Baca Juga: Perkembangan Properti dan RTH di Kawasan Pacuan Kuda Pulomas]

Mengutip dari Synthesis Residence Kemang Magazine (24/5/2019), berikut ini sejumlah manfaat ruang terbuka hijau untuk kesehatan.

1. Sebagai Paru-Paru Kawasan

Dedaunan pada tumbuhan mampu menyerap kadar karbondioksida (CO2) sehingga mengurangi polusi udara, memperbanyak oksigen, menurunkan suhu udara, meredam kebisingan, dan menjadi kawasan resapan air.

2. Meredam Stres

Berbagai penelitian sudah membuktikan ruang terbuka hijau dapat mengurangi stres, turunkan risiko depresi, dan gangguan kecemasan. Berjalan-jalan di ruang tebuka hijau bisa berdampak pada ketengan batin.

3. Sarana Relaksasi

Kicau burung, pemandangan alam, ditambah udara yang bersih dan suasana asri memicu tubuh medapatkan suasana relaksasi. Kondisi ini membantu diri meraih kesehatan tubuh dan jiwa secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Kebugaran

Manfaat ruang terbuka hijau di kawasan apartemen bisa dimanfaatkan untuk berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau jalan sehat. Udara yang bersih membantu otak dan paru-paru medapatkan lebih banyak oksigen sehingga kebugaran diri dapat terjaga.

5. Mingkatkan Kreativitas

Ketika diri merasa relaks dan nyaman berada ditengah ruang terbuka hijau yang indah, maka pikiran akan lebih mudah terasah sehingga daya kreativitas akan mudah terdongkrak.

[Baca Juga: 6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih]

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, sangat disayangkan jika ruang terbuka hijau yang tersedia dekat dengan hunia disia-siakan. Untuk itu, langkahkan kaki untuk segera mejelajahi ruang terbuka hijau guna mendapatkan berbagai mafaat bagi kesehatan tubuh.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.