5 Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan

Kesehatan

5 Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan

Selain membuat lingkungan asri dan sebagai kawasan resapan air, ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat itu bisa dirasakan baik untuk tubuh maupun mental.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Exeter, Inggris menyebutkan, warga kota yang tinggal di sekitar kawasan hijau memiliki risiko gangguan kecemasan atau depresi yang lebih rendah dibanding warga yang tinggal di wilayah tanpa kawasan hijau.

[Baca Juga: Perkembangan Properti dan RTH di Kawasan Pacuan Kuda Pulomas]

Mengutip dari Synthesis Residence Kemang Magazine (24/5/2019), berikut ini sejumlah manfaat ruang terbuka hijau untuk kesehatan.

1. Sebagai Paru-Paru Kawasan

Dedaunan pada tumbuhan mampu menyerap kadar karbondioksida (CO2) sehingga mengurangi polusi udara, memperbanyak oksigen, menurunkan suhu udara, meredam kebisingan, dan menjadi kawasan resapan air.

2. Meredam Stres

Berbagai penelitian sudah membuktikan ruang terbuka hijau dapat mengurangi stres, turunkan risiko depresi, dan gangguan kecemasan. Berjalan-jalan di ruang tebuka hijau bisa berdampak pada ketengan batin.

3. Sarana Relaksasi

Kicau burung, pemandangan alam, ditambah udara yang bersih dan suasana asri memicu tubuh medapatkan suasana relaksasi. Kondisi ini membantu diri meraih kesehatan tubuh dan jiwa secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Kebugaran

Manfaat ruang terbuka hijau di kawasan apartemen bisa dimanfaatkan untuk berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau jalan sehat. Udara yang bersih membantu otak dan paru-paru medapatkan lebih banyak oksigen sehingga kebugaran diri dapat terjaga.

5. Mingkatkan Kreativitas

Ketika diri merasa relaks dan nyaman berada ditengah ruang terbuka hijau yang indah, maka pikiran akan lebih mudah terasah sehingga daya kreativitas akan mudah terdongkrak.

[Baca Juga: 6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih]

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, sangat disayangkan jika ruang terbuka hijau yang tersedia dekat dengan hunia disia-siakan. Untuk itu, langkahkan kaki untuk segera mejelajahi ruang terbuka hijau guna mendapatkan berbagai mafaat bagi kesehatan tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Ulfa 1 year, 1 month lalu
    Ulfa

    Ruang terbuka hijau memiliki fungsi ekologis yaitu sebagai penyangga kehidupan perkotaan dan keberadaannya sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu merupakan hak setiap orang untuk menikmati fungsi dari ruang terbuka hijau. Saya memiliki artikel terkait, silahkan kunjungi web berikut http://repository.unair.ac.id/88223/