5 Manfaat Teh Serai yang Membuat Tubuh Sehat

Kesehatan

5 Manfaat Teh Serai yang Membuat Tubuh Sehat

Teh berkhasiat membantu melawan radikal bebas, sehingga mengurangi timbulnya peradangan dalam tubuh. Peradangan merupakan faktor dalam banyak kondisi kesehatan yang merugikan, termasuk rasa sakit dan penyakit jantung. Teh serai yang mengandung senyawa peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin dapat menjadi minuman yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut ulasan lima manfaat teh serai yang dirangkum dari beberapa sumber kesehatan.

[Baca Juga: Kampung Serai Tangerang, Aromanya Tercium Saat Melewatinya]

1. Menyehatkan Mulut

Dalam suatu jurnal penelitian dari Jurnal Food Chemistry menemukan bahwa ekstrak herbal serai adalah salah satu tanaman herbal yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Bakteri seperti Streptococcus sanguinis dapat menyebabkan gigi berlubang.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa mengonsumsi serai membantu menurunkan kolesterol.

3. Menangkal Radikal Bebas

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda. Antioksidan yang mengandung asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner Anda.

4. Menghilangkan Kembung

Meminum teh serai dapat memiliki efek diuretik, yaitu merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin daripada biasanya. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Renal Nutrition, minum teh serai meningkatkan produksi urin lebih banyak dari minuman lain.

Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung. Ini adalah gejala umum sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Membakar Kalori

Teh serai adalah pilihan yang bagus untuk menjalani program diet penurunan berat badan karena membantu meningkatkan metabolisme Anda yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

[Baca Juga: Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan]

Itulah lima manfaat teh serai yang dapat Anda konsumsi sebagai minuman hangat di pagi hari.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.