5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak tahu terong? Anda mungkin sering melihatnya di rumah makan atau bahkan sering memasaknya di rumah? Terong ini kerap kali di kategorikan sebagai sayuran, padahal dia adalah buah yang dimasak seperti sayuran.

Walaupun begitu, terong tetap memiliki beberapa kandungan yang menarik karena bisa menyehatkan tubuh . Terong mengandung vitamin C, K, B6, potassium, dan serat. Namun apa manfaat terong untuk kesehatan?

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Melansri dari food.ndtv.com (18/4/2019) berikut manfaat terong untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Baik Untuk Jantung

Warna yang ada di kulit terong mengandung anthocyanins yang mampu menguatkan fungsi jantung. Kandungan tersebut juga membantu menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik agar mampu mengurangi proses penumpukan lemak di dalam tubu dan bekerja layaknya antioksidan.

2. Melancarkan Pencernaan Alami

Makanan yang kaya akan serat dikenal mampu untuk melancarkan pencernaan, begitu juga terong. Selain itu, air dan antioksidan dalam terong dapat mengurangi risiko peradangan di saluran pencernaan.

3. Penurunan Berat Badan 

Saponin dalam terong mampu mencegah penumpukan lemak sehingga lemak yang tidak berguna untuk tubuh bisa langsung dibuang. Proses ini membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk Anda yang sedang berdiet, mengkonsumsi terong juga cenderung aman karena rendah karbohidrat dan kalori.

[Baca Juga: Walau Asam, Ini 5 Manfaat Stroberi untuk Kulit]

4. Kaya Akan Antioksidan

Warna yang ada di kulit terong mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu memerangi sel kanker dan bakteri penyebab penyakit. Antioksidan juga membuat produksi kolagen lancar sehingga membuat kulit Anda tetap sehat. Dengan mengonsumsi sayur ini, Anda tak akan mudah terkena penyakit karena memiliki antibodi yang baik.

5. Menangani Anemia

Bagi Anda yang memiliki masalah anemia, Anda sangat direkomendasikan mengonsumsi terong karena sayuran ini kaya akan zat besi. Terong meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga mampu melawan anemia. Dengan rutin mengonsumsi terong, jumlah hemoglobin Anda bisa meningkat.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

Nah itulah berbagai manfaat terong untuk kesehatan Anda. Walau cenderung tak memiliki rasa, namun terong sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.