5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak tahu terong? Anda mungkin sering melihatnya di rumah makan atau bahkan sering memasaknya di rumah? Terong ini kerap kali di kategorikan sebagai sayuran, padahal dia adalah buah yang dimasak seperti sayuran.

Walaupun begitu, terong tetap memiliki beberapa kandungan yang menarik karena bisa menyehatkan tubuh . Terong mengandung vitamin C, K, B6, potassium, dan serat. Namun apa manfaat terong untuk kesehatan?

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Melansri dari food.ndtv.com (18/4/2019) berikut manfaat terong untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Baik Untuk Jantung

Warna yang ada di kulit terong mengandung anthocyanins yang mampu menguatkan fungsi jantung. Kandungan tersebut juga membantu menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik agar mampu mengurangi proses penumpukan lemak di dalam tubu dan bekerja layaknya antioksidan.

2. Melancarkan Pencernaan Alami

Makanan yang kaya akan serat dikenal mampu untuk melancarkan pencernaan, begitu juga terong. Selain itu, air dan antioksidan dalam terong dapat mengurangi risiko peradangan di saluran pencernaan.

3. Penurunan Berat Badan 

Saponin dalam terong mampu mencegah penumpukan lemak sehingga lemak yang tidak berguna untuk tubuh bisa langsung dibuang. Proses ini membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk Anda yang sedang berdiet, mengkonsumsi terong juga cenderung aman karena rendah karbohidrat dan kalori.

[Baca Juga: Walau Asam, Ini 5 Manfaat Stroberi untuk Kulit]

4. Kaya Akan Antioksidan

Warna yang ada di kulit terong mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu memerangi sel kanker dan bakteri penyebab penyakit. Antioksidan juga membuat produksi kolagen lancar sehingga membuat kulit Anda tetap sehat. Dengan mengonsumsi sayur ini, Anda tak akan mudah terkena penyakit karena memiliki antibodi yang baik.

5. Menangani Anemia

Bagi Anda yang memiliki masalah anemia, Anda sangat direkomendasikan mengonsumsi terong karena sayuran ini kaya akan zat besi. Terong meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga mampu melawan anemia. Dengan rutin mengonsumsi terong, jumlah hemoglobin Anda bisa meningkat.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

Nah itulah berbagai manfaat terong untuk kesehatan Anda. Walau cenderung tak memiliki rasa, namun terong sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.