5 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, mentimun sering dikonsumsi mentah atau sering disebut lalapan. Banyak orang juga tak lagi asing dengan manfaat kesehatan yang dimiliki timun. Sayuran yang satu ini dapat menawarkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh bagian luar maupun dalam. Mentimun juga kaya akan vitamin K, C dan A, serta potasium dan kalsium.

Sehingga, mentimun bisa jadi salah satu pilihan Anda saat membutuhkan asupan sayuran. Bukan hanya dimakan mentah, mentimun juga baik saat diolah menjadi jus. Olahan ini dapat membantu nutrisi agar lebih baik diserap ke seluruh saluran usus.

Minum jus mentimun kabarnya dapat membantu mengurangi potensi risiko kanker pada wanita, termasuk kanker paru-paru, rahim dan ovarium. Selain itu, pria yang rutin meminum tiga gelas jus mentimun perhari dapat membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Namun sebenarnya apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh?

[Baca Juga: Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang]

Melansir dari boldsky.com (18/6/2019) berikut manfaat jus mentimun yang harus Anda ketahui.

1. Detoksifikasi Tubuh

Minum jus mentimun dapat menghilangkan racun dalam tubuh karena kandungan air yang tinggi. Jus mentimun sangat baik untuk Anda yang sedang mengidap batu ginjal. Asupan jus mentimun yang teratur dapat membantu melepaskan racun sehingga tubuh Anda sehat.

2. Mencegah Osteoporosis

Kehadiran mineral yang ada dalam timun seperti tembaga, magnesium, dan kalium menjadikan sayuran yang satu ini jadi bahan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Meminum jus mentimun secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis dan gangguan tulang yang berkaitan dengan usia.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

3. Mengelola Hormon

Mentimun kaya akan kalsium sehingga sayuran ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, tapi juga mampu membantu menyeimbangkan kadar hormon. Hal ini membuat mentimun baik untuk membantu mencegah kerusakan kelenjar tiroid.

4. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Mentimun memiliki vitamin A, yang bersama dengan antioksidan membantu melindungi penglihatan dan kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian, rutin mengonsumsi jus mentimun dapat membantu menunda katarak.

5. Mencegah Obesitas

Mentimun merupakan sayur tanpa lemak dan karbohidrat sehingga olahan jus dari mentimun dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Rutin mengonsumsi jus mentimun merupakan solusi tepat untuk menurunkan berat badan sambil memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup.

Itulah manfaat timun untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya secara rutin dan teratur.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.