5 Minuman Hangat Khas Indonesia yang Terbuat dari Jahe

Kuliner

5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe

Senang minum minuman hangat? Nusantara tak hanya memiliki ragam makanan, minuman tradisional Indonesia pun beragam. Salah satunya adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe. Dengan adanya bahan dasar dari jahe, biasanya akan tercipta rasa hangat ketika diminum.

Minuman hangat khas nusantara dari jahe pun memiliki beberapa varian. Berikut lima varian minuman yang terbuat dari jahe yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (30/8/2019).

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Uwuh

1. Wedang Uwuh

Wedah uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta. Minuman ini berbahan dasar dari jahe. Namun, minuman ini juga menggunakan bahan lain, seperti cengkeh, kayu manis, kayu secang, pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Ronde

2. Wedang Ronde

Minuman yang kedua ini berbeda dengan wedang uwuh, meskipun namanya sama-sama memiliki nama wedang. Minuman tradisional ini berasal dari Solo yang juga terbuat dari bahan dasar air rebusan jahe, yang ditambahkan gula merah, daun pandan, kacang tanah, potongan roti, irisan kolang-kaling, serai, dan ronde yang berupa bola-bola dari ketan yang direbus dan berisi gula merah.

inuman Hangat Khas Indonesia Sekoteng

3. Sekoteng

Minuman hangat lainnya yang terbuat dari jahe adalah sekoteng. Minuman tradisional ini mirip dengan wedang ronde, namun di dalamnya ditambahkan susu. Sekoteng merupakan minuman

yang berasal dari Jawa Tengah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Bir Pletok

4. Bir Pletok

Minuman tradisional yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang memiliki rasa hangat. Bir pletok juga merupakan minuman tradisional yang terbuat dari jahe, dicampur dengan kapulaga, merica hitam, serai, pandan, kayu secang, dan kayu manis.

Minuman Hangat Khas Indonesia Sarabba

5. Sarabba

Pernah mendengar minuman yang terbuat dari jahe ini? Bagi orang Makassar, mungkin pernah mendengar atau tahu minuman tradisional ini. Sarabba adalah minuman hangat asal Makassar yang terbuat dari jahe, kuning telur, santan, lada, gula aren, dan rempah lainnya.

Dari lima minuman hangat khas Indonesia di atas, minuman mana yang paling Anda suka? Ada yang belum pernah Anda coba?

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.