5 Minuman Hangat Khas Indonesia yang Terbuat dari Jahe

Kuliner

5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe

Senang minum minuman hangat? Nusantara tak hanya memiliki ragam makanan, minuman tradisional Indonesia pun beragam. Salah satunya adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe. Dengan adanya bahan dasar dari jahe, biasanya akan tercipta rasa hangat ketika diminum.

Minuman hangat khas nusantara dari jahe pun memiliki beberapa varian. Berikut lima varian minuman yang terbuat dari jahe yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (30/8/2019).

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Uwuh

1. Wedang Uwuh

Wedah uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta. Minuman ini berbahan dasar dari jahe. Namun, minuman ini juga menggunakan bahan lain, seperti cengkeh, kayu manis, kayu secang, pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Ronde

2. Wedang Ronde

Minuman yang kedua ini berbeda dengan wedang uwuh, meskipun namanya sama-sama memiliki nama wedang. Minuman tradisional ini berasal dari Solo yang juga terbuat dari bahan dasar air rebusan jahe, yang ditambahkan gula merah, daun pandan, kacang tanah, potongan roti, irisan kolang-kaling, serai, dan ronde yang berupa bola-bola dari ketan yang direbus dan berisi gula merah.

inuman Hangat Khas Indonesia Sekoteng

3. Sekoteng

Minuman hangat lainnya yang terbuat dari jahe adalah sekoteng. Minuman tradisional ini mirip dengan wedang ronde, namun di dalamnya ditambahkan susu. Sekoteng merupakan minuman

yang berasal dari Jawa Tengah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Bir Pletok

4. Bir Pletok

Minuman tradisional yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang memiliki rasa hangat. Bir pletok juga merupakan minuman tradisional yang terbuat dari jahe, dicampur dengan kapulaga, merica hitam, serai, pandan, kayu secang, dan kayu manis.

Minuman Hangat Khas Indonesia Sarabba

5. Sarabba

Pernah mendengar minuman yang terbuat dari jahe ini? Bagi orang Makassar, mungkin pernah mendengar atau tahu minuman tradisional ini. Sarabba adalah minuman hangat asal Makassar yang terbuat dari jahe, kuning telur, santan, lada, gula aren, dan rempah lainnya.

Dari lima minuman hangat khas Indonesia di atas, minuman mana yang paling Anda suka? Ada yang belum pernah Anda coba?

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]

Read More

Artikel Lainnya

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Kuliner

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  19 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  10 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.

Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asik Dengan Spotify Station

Bisnis

Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asik dengan Spotify Station

14 October 2019, 09:00  |  12 Views

Spotify Station merupakan aplikasi streaming musik untuk Anda yang ingin mendengarkan playlis terbaik. Sudah pernah mencobanya?


Comments


Please Login to leave a comment.