5 Minuman Hangat Khas Indonesia yang Terbuat dari Jahe

Kuliner

5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe

Senang minum minuman hangat? Nusantara tak hanya memiliki ragam makanan, minuman tradisional Indonesia pun beragam. Salah satunya adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe. Dengan adanya bahan dasar dari jahe, biasanya akan tercipta rasa hangat ketika diminum.

Minuman hangat khas nusantara dari jahe pun memiliki beberapa varian. Berikut lima varian minuman yang terbuat dari jahe yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (30/8/2019).

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Uwuh

1. Wedang Uwuh

Wedah uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta. Minuman ini berbahan dasar dari jahe. Namun, minuman ini juga menggunakan bahan lain, seperti cengkeh, kayu manis, kayu secang, pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Ronde

2. Wedang Ronde

Minuman yang kedua ini berbeda dengan wedang uwuh, meskipun namanya sama-sama memiliki nama wedang. Minuman tradisional ini berasal dari Solo yang juga terbuat dari bahan dasar air rebusan jahe, yang ditambahkan gula merah, daun pandan, kacang tanah, potongan roti, irisan kolang-kaling, serai, dan ronde yang berupa bola-bola dari ketan yang direbus dan berisi gula merah.

inuman Hangat Khas Indonesia Sekoteng

3. Sekoteng

Minuman hangat lainnya yang terbuat dari jahe adalah sekoteng. Minuman tradisional ini mirip dengan wedang ronde, namun di dalamnya ditambahkan susu. Sekoteng merupakan minuman

yang berasal dari Jawa Tengah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Bir Pletok

4. Bir Pletok

Minuman tradisional yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang memiliki rasa hangat. Bir pletok juga merupakan minuman tradisional yang terbuat dari jahe, dicampur dengan kapulaga, merica hitam, serai, pandan, kayu secang, dan kayu manis.

Minuman Hangat Khas Indonesia Sarabba

5. Sarabba

Pernah mendengar minuman yang terbuat dari jahe ini? Bagi orang Makassar, mungkin pernah mendengar atau tahu minuman tradisional ini. Sarabba adalah minuman hangat asal Makassar yang terbuat dari jahe, kuning telur, santan, lada, gula aren, dan rempah lainnya.

Dari lima minuman hangat khas Indonesia di atas, minuman mana yang paling Anda suka? Ada yang belum pernah Anda coba?

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.