5 Minuman Hangat Khas Indonesia yang Terbuat dari Jahe

Kuliner

5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe

Senang minum minuman hangat? Nusantara tak hanya memiliki ragam makanan, minuman tradisional Indonesia pun beragam. Salah satunya adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe. Dengan adanya bahan dasar dari jahe, biasanya akan tercipta rasa hangat ketika diminum.

Minuman hangat khas nusantara dari jahe pun memiliki beberapa varian. Berikut lima varian minuman yang terbuat dari jahe yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (30/8/2019).

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Uwuh

1. Wedang Uwuh

Wedah uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta. Minuman ini berbahan dasar dari jahe. Namun, minuman ini juga menggunakan bahan lain, seperti cengkeh, kayu manis, kayu secang, pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Wedang Ronde

2. Wedang Ronde

Minuman yang kedua ini berbeda dengan wedang uwuh, meskipun namanya sama-sama memiliki nama wedang. Minuman tradisional ini berasal dari Solo yang juga terbuat dari bahan dasar air rebusan jahe, yang ditambahkan gula merah, daun pandan, kacang tanah, potongan roti, irisan kolang-kaling, serai, dan ronde yang berupa bola-bola dari ketan yang direbus dan berisi gula merah.

inuman Hangat Khas Indonesia Sekoteng

3. Sekoteng

Minuman hangat lainnya yang terbuat dari jahe adalah sekoteng. Minuman tradisional ini mirip dengan wedang ronde, namun di dalamnya ditambahkan susu. Sekoteng merupakan minuman

yang berasal dari Jawa Tengah.

Minuman Hangat Khas Indonesia Bir Pletok

4. Bir Pletok

Minuman tradisional yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang memiliki rasa hangat. Bir pletok juga merupakan minuman tradisional yang terbuat dari jahe, dicampur dengan kapulaga, merica hitam, serai, pandan, kayu secang, dan kayu manis.

Minuman Hangat Khas Indonesia Sarabba

5. Sarabba

Pernah mendengar minuman yang terbuat dari jahe ini? Bagi orang Makassar, mungkin pernah mendengar atau tahu minuman tradisional ini. Sarabba adalah minuman hangat asal Makassar yang terbuat dari jahe, kuning telur, santan, lada, gula aren, dan rempah lainnya.

Dari lima minuman hangat khas Indonesia di atas, minuman mana yang paling Anda suka? Ada yang belum pernah Anda coba?

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.