5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru

Kesehatan

5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang rentan terkena masalah, salah satunya adalah akibat penumpukan racun yang mudah masuk ke dalam tubuh melalui polusi udara. Paru-paru merupakan organ vital, maka perlu menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals (26/3/2019), berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

  • Karotenoid

Merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker. Manfaat karotenoid khususnya seringkali berkaitan dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kenker kulit. Contoh makanan yang kaya karotenoid adalah ubi manis, worter, sayur bayam, buah melon, paprika merah, kacang polong, dan brokoli.

[Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Umum]

  • Mineral

Beberapa contoh makanan yang mengandung mineral yaitu sayuran berwarna hijau, daging sapi dan ayam, ikan, telur, dan bawang putih. Bawang putih mengandung alisin yang bermanfaat mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan paru-paru. Bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

  • Vitamin B

Salmon, brokoli, bayam, susu, gandum, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh bahan makanan yang mengandung Vitamin B. salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, karena diperkaya asam Omega 3. Mengkonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejalan asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala.

Adapun sayuran hijau seperti brokoli juga kaya manfaat. Brokoli tinggi akan antioksidan yang secara efektif membuang racun dalam paru-paru. Menyisipkan makanan kaya antioksidan dalam menu santapan sehari-hari dipercaya mampu menjaga menjaga paru-paru agar selalu sehat.

[Baca Juga: Kualitas Udara Pantai di Jakarta]

  • Vitamin C

Vitamin C bisa didapat pada buah seperti jeruk, paprika kuning, papaya, jambu biji, dan kiwi. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran dan buah segar yang kaya Vitamin C memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker. Peningkatan konsumsi Vitamin C terhubung dengan kemungkinan penurunan kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, usus besar, rectum, perut, dan kerongkongan.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan istilah generik dari zat tokoferol yakni vitamin larut lemak (fat soluble) yang secara alami terdapat diberbagai makanan seperti minyak sayur, sereal, daging, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak gandum. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah kanker, terutama paru-paru dan kanker mulut pada perokok, kanker dan polip kolorektal serta lambung, kanker prostat, dan kanker pankreas.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

Itulah beberapa macam nutrisi penting yang dapat dikonsumsi untuk mejaga kesehatan paru-paru. Selain mengkonsumsi makanan tersebut, dianjurkan pula untuk menerapakan gaya hidup sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.