5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru

Kesehatan

5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang rentan terkena masalah, salah satunya adalah akibat penumpukan racun yang mudah masuk ke dalam tubuh melalui polusi udara. Paru-paru merupakan organ vital, maka perlu menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals (26/3/2019), berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

  • Karotenoid

Merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker. Manfaat karotenoid khususnya seringkali berkaitan dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kenker kulit. Contoh makanan yang kaya karotenoid adalah ubi manis, worter, sayur bayam, buah melon, paprika merah, kacang polong, dan brokoli.

[Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Umum]

  • Mineral

Beberapa contoh makanan yang mengandung mineral yaitu sayuran berwarna hijau, daging sapi dan ayam, ikan, telur, dan bawang putih. Bawang putih mengandung alisin yang bermanfaat mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan paru-paru. Bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

  • Vitamin B

Salmon, brokoli, bayam, susu, gandum, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh bahan makanan yang mengandung Vitamin B. salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, karena diperkaya asam Omega 3. Mengkonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejalan asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala.

Adapun sayuran hijau seperti brokoli juga kaya manfaat. Brokoli tinggi akan antioksidan yang secara efektif membuang racun dalam paru-paru. Menyisipkan makanan kaya antioksidan dalam menu santapan sehari-hari dipercaya mampu menjaga menjaga paru-paru agar selalu sehat.

[Baca Juga: Kualitas Udara Pantai di Jakarta]

  • Vitamin C

Vitamin C bisa didapat pada buah seperti jeruk, paprika kuning, papaya, jambu biji, dan kiwi. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran dan buah segar yang kaya Vitamin C memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker. Peningkatan konsumsi Vitamin C terhubung dengan kemungkinan penurunan kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, usus besar, rectum, perut, dan kerongkongan.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan istilah generik dari zat tokoferol yakni vitamin larut lemak (fat soluble) yang secara alami terdapat diberbagai makanan seperti minyak sayur, sereal, daging, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak gandum. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah kanker, terutama paru-paru dan kanker mulut pada perokok, kanker dan polip kolorektal serta lambung, kanker prostat, dan kanker pankreas.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

Itulah beberapa macam nutrisi penting yang dapat dikonsumsi untuk mejaga kesehatan paru-paru. Selain mengkonsumsi makanan tersebut, dianjurkan pula untuk menerapakan gaya hidup sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.