5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bantu Pemerintah Atasi Stunting dan Anemia

Berita Kawasan

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bisa Bantu Atasi Stunting

Sebanyak lima peserta kompetisi I-PLAN Food Design Challenge terpilih menjadi pemenang. Kelima produk itu adalah Biskuit Ikan Gabus Kelor, I-Fit Serealikan, Hokky Mie, Purulla dan Uni Urchin. Mereka terpilih karena inovasinya di bidang makanan dengan berhasil menciptakan suatu olahan untuk membantu menanggulangi stunting pada anak berusia di bawah dua tahun dan anemia pada ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja.

[Baca Juga: Cegah Stunting, Organisasi Ini Gelar Kompetisi Inovasi Makanan]

Nantinya kelima pemenang itu akan mendapatkan masing-masing dana pengembangan senilai total Rp200 juta. Selain itu, ke-5 pemenang juga memperoleh kesempatan untuk mengembangkan produknya melalui mentoring secara eksklusif dari Temasek Polytechnic College Singapore dan pendistribusian produk pada gerai-gerai ternama di Indonesia.

Beberapa hal yang menjadi penilaian para juri adalah inovasi produk makanan harus menggunakan bahan dasar produk air laut maupun air tawar, seperti ikan, rumput laut, kerang-kerangan, udang, dan cumi. Selain itu, produk juga harus siap santap dan siap masak yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, kalsium, dan zinc, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan termasuk untuk pencegahan stunting.

Cegah Stunting, Organisasi Ini Gelar Kompetisi Inovasi Makanan

Senior Analis Pengembangan Pasar Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Artati Widiarti yang juga menjadi juri berharap dengan terselenggaranya kompetisi ini, masyarakat bisa mudah mendapatkan olahan pangan yang menyehatkan. “Ke depannya, kita perlu untuk memanfaatkan sumber daya ini sebaik mungkin dan menemukan metode yang baik agar dapat menghasilkan produk yang mudah didapatkan oleh semua lapisan masyarakat,” kata Artati.

Selain merasa terbantu dengan digelarnya kompetisi I-PLAN Food Design Challenge ini, Artati yang juga mewakili pemerintah mengatakan bahwa pihaknya juga saat ini sedang melakukan berbagai upaya, termasuk melaksanakan program peningkatan gizi di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan remaja, serta program lainnya agar makanan-makanan bergizi mudah didapatkan. “Melalui I-PLAN Food Design Challenge, diharapkan akan semakin banyak inovasi produk-produk makanan bernutrisi yang lezat, terjangkau, dan mudah didapatkan oleh masyarakat," dia menerangkan.

[Baca Juga: Kemenristekdikti Dorong Penelitian Bebasis Inovasi]

I-PLAN Food Design Challenge diinisiasi oleh Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, serta Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia, dan diselenggarakan Innovation Factory.

Di tahun keduanya ini, GAIN dan Inovation Factory mengambil tema Inovasi dalam Food Design. Hal itu untuk mencari dan memperkuat inovasi produk makanan lokal, dengan memberikan bantuan teknis, dana pembinaan, serta kemudahan akses pada institusi keuangan dan fasilitas pasar bagi pengusaha makanan lokal yang berhasil melakukan inovasi.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.

Ekonomi Lesu, Pengusaha Bandung Tetap Tembus Eksport ke Australia

Bisnis

Ekonomi Lesu, Pengusaha Bandung Tetap Tembus Ekspor ke Australia

29 September 2020, 10:17

Untuk mendongkrak semangat, Pemkot Bandung memberikan ruang bagi para pelaku usaha agar mampu mengekspor produknya.

Ikapi Resmi Buka IIBF 2020 Secara Virtual dengan 175 Peserta

Bisnis

Ikapi Resmi Buka IIBF 2020 Secara Virtual dengan 175 Peserta

29 September 2020, 09:23

Pameran buku tahunan yang digelar untuk ke-40 kali ini akan berlangsung mulai 28 September sampai 7 Oktober dan bisa diikuti secara daring oleh masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 9 months, 2 weeks lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan SPESIAL KADO X’MAS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (DUPA88,Net) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘