5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Bisnis

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Beberapa waktu belakangan, pemerintah pun mencoba mengajak masyarakat untuk berdamai dan bisa hidup berdampingan bersama virus SARS-CoV-2, kehidupan baru ini disebut new normal atau normalitas baru. Tujuannya adalah ingin menggerakkan kembali aktivitas dan laju perekonomian.

Fase pertama new normal di Indonesia ini rencananya akan dilakukan pada 1 Juni nanti dengan membuka kembali mal. Tak hanya mal, nyatanya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan aturan HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan aturan new normal di tempat kerja baik kantor maupun industri atau pabrik.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal Menkes Terawan

Ringkasnya, skenario yang disebut sebagai tatanan kehidupan yang baru ini, mengharuskan tempat kerja menyediakan fasilitas kerja yang aman dan sehat. Kondisi itu tentunya akan membawa beberapa perubahan di lingkungan tempat kerja.

Dihimpun dari berbagai sumber, PingPoint merangkum setidaknya paling sedikit terdapat lima hal perubahan yang terjadi di tempat kerja ketika kembali beraktivitas pada fase new normal. Berikut penjabarannya.

Fastwork Siap Dukung Freelancer Muda Tanah Air Hadapi New Normal

Kantor Lebih Resik

Ke depannya perusahaan diharuskan untuk lebih fokus pada kebersihan. Penggunaan lebih banyak pembersih, disinfektan, masker, sarung tangan akan jadi suatu keharusan selama jam kerja. Aturan baru seperti misalnya keharusan menjaga jarak, tentu harus dipatuhi. Artinya, lewat sudah momen hangat berbincang santai dengan rekan kerja di sudut pantry kantor.

[Baca Juga: Berdamai dengan Pandemi, Kedok Pemerintah Himpun Herd Immunity?]

Kehadiran Fisik Bukan Kewajiban

Situasi dan kondisi yang menunjukkan masih merebaknya virus SARS-CoV-2 di tengah-tengah masyarakat akan menjadi sebuah dorongan yang kuat untuk penerapan sistem kerja jarak jauh. Di fase new normal, tempat kerja akan digunakan secara bijaksana dan jam kerja yang tersebar akan menjadi hal yang lumrah.

Dengan bantuan aplikasi konferensi video seperti Skype atau Zoom, karyawan dapat sama produktifnya di rumah seperti di kantor. Dan kabar baiknya adalah karyawan jadi bisa lebih berhemat, khususnya soal menghemat waktu perjalanan. Di sisi lain, perusahaan melihat hal ini sebagai bentuk peluang untuk melakukan penghematan yang cukup besar.

Digitalisasi Bisnis

Gempuran pandemi telah membangkitkan kesadaran di seluruh lini bisnis tentang kekuatan digitalisasi dan dampak baiknya bagi perusahaan juga karyawan. Banyak yang memprediksi, pada fase new normal nanti, dampak digitalisasi akan beresonasi ke semua industri dan fungsi, tetapi peran baru harus dibuat sebagai penyelaras. Namun yang pasti segala proses dalam mengeksekusi pekerjaan akan jadi lebih sederhana berkat keterlibatan teknologi.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Gencar Pelatihan Virtual

Berkaitan dengan poin sebelumnya, terdapat dampak lain yang disebabkan dari digitalisasi bisnis. Kebutuhan terhadap pengembangan keterampilan karyawan pun menjadi meningkat. Karyawan diharapkan untuk mempelajari alat-alat baru dan memperoleh keterampilan baru, tidak hanya di bidang keahlian mereka tetapi juga di bidang fungsional lainnya. Di situasi ini, peran dari platform pembelajaran digital pun mulai dibutuhkan dan akan semakin banyak dicari oleh perusahaan.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Kesehatan Pekerja Jadi Orientasi Bisnis

Pada fase new normal nanti, diyakini bahwa karyawan yang sehat adalah segalanya bagi perusahaan. Hal-hal seperti izin sakit berbayar dan bekerja dari rumah, adalah keuntungan tambahan yang ditawarkan perusahaan pada pekerja. Selain itu, fasilitas penitipan anak untuk ibu yang bekerja, asuransi kesehatan kelompok, berbagai inisiatif kesejahteraan karyawan—misalnya Yoga dan Sesi Meditasi—akan menjadi fokus bagi perusahaan dalam fase new normal.

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.