5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Bisnis

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Beberapa waktu belakangan, pemerintah pun mencoba mengajak masyarakat untuk berdamai dan bisa hidup berdampingan bersama virus SARS-CoV-2, kehidupan baru ini disebut new normal atau normalitas baru. Tujuannya adalah ingin menggerakkan kembali aktivitas dan laju perekonomian.

Fase pertama new normal di Indonesia ini rencananya akan dilakukan pada 1 Juni nanti dengan membuka kembali mal. Tak hanya mal, nyatanya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan aturan HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan aturan new normal di tempat kerja baik kantor maupun industri atau pabrik.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal Menkes Terawan

Ringkasnya, skenario yang disebut sebagai tatanan kehidupan yang baru ini, mengharuskan tempat kerja menyediakan fasilitas kerja yang aman dan sehat. Kondisi itu tentunya akan membawa beberapa perubahan di lingkungan tempat kerja.

Dihimpun dari berbagai sumber, PingPoint merangkum setidaknya paling sedikit terdapat lima hal perubahan yang terjadi di tempat kerja ketika kembali beraktivitas pada fase new normal. Berikut penjabarannya.

Fastwork Siap Dukung Freelancer Muda Tanah Air Hadapi New Normal

Kantor Lebih Resik

Ke depannya perusahaan diharuskan untuk lebih fokus pada kebersihan. Penggunaan lebih banyak pembersih, disinfektan, masker, sarung tangan akan jadi suatu keharusan selama jam kerja. Aturan baru seperti misalnya keharusan menjaga jarak, tentu harus dipatuhi. Artinya, lewat sudah momen hangat berbincang santai dengan rekan kerja di sudut pantry kantor.

[Baca Juga: Berdamai dengan Pandemi, Kedok Pemerintah Himpun Herd Immunity?]

Kehadiran Fisik Bukan Kewajiban

Situasi dan kondisi yang menunjukkan masih merebaknya virus SARS-CoV-2 di tengah-tengah masyarakat akan menjadi sebuah dorongan yang kuat untuk penerapan sistem kerja jarak jauh. Di fase new normal, tempat kerja akan digunakan secara bijaksana dan jam kerja yang tersebar akan menjadi hal yang lumrah.

Dengan bantuan aplikasi konferensi video seperti Skype atau Zoom, karyawan dapat sama produktifnya di rumah seperti di kantor. Dan kabar baiknya adalah karyawan jadi bisa lebih berhemat, khususnya soal menghemat waktu perjalanan. Di sisi lain, perusahaan melihat hal ini sebagai bentuk peluang untuk melakukan penghematan yang cukup besar.

Digitalisasi Bisnis

Gempuran pandemi telah membangkitkan kesadaran di seluruh lini bisnis tentang kekuatan digitalisasi dan dampak baiknya bagi perusahaan juga karyawan. Banyak yang memprediksi, pada fase new normal nanti, dampak digitalisasi akan beresonasi ke semua industri dan fungsi, tetapi peran baru harus dibuat sebagai penyelaras. Namun yang pasti segala proses dalam mengeksekusi pekerjaan akan jadi lebih sederhana berkat keterlibatan teknologi.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Gencar Pelatihan Virtual

Berkaitan dengan poin sebelumnya, terdapat dampak lain yang disebabkan dari digitalisasi bisnis. Kebutuhan terhadap pengembangan keterampilan karyawan pun menjadi meningkat. Karyawan diharapkan untuk mempelajari alat-alat baru dan memperoleh keterampilan baru, tidak hanya di bidang keahlian mereka tetapi juga di bidang fungsional lainnya. Di situasi ini, peran dari platform pembelajaran digital pun mulai dibutuhkan dan akan semakin banyak dicari oleh perusahaan.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Kesehatan Pekerja Jadi Orientasi Bisnis

Pada fase new normal nanti, diyakini bahwa karyawan yang sehat adalah segalanya bagi perusahaan. Hal-hal seperti izin sakit berbayar dan bekerja dari rumah, adalah keuntungan tambahan yang ditawarkan perusahaan pada pekerja. Selain itu, fasilitas penitipan anak untuk ibu yang bekerja, asuransi kesehatan kelompok, berbagai inisiatif kesejahteraan karyawan—misalnya Yoga dan Sesi Meditasi—akan menjadi fokus bagi perusahaan dalam fase new normal.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.