5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Bisnis

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Beberapa waktu belakangan, pemerintah pun mencoba mengajak masyarakat untuk berdamai dan bisa hidup berdampingan bersama virus SARS-CoV-2, kehidupan baru ini disebut new normal atau normalitas baru. Tujuannya adalah ingin menggerakkan kembali aktivitas dan laju perekonomian.

Fase pertama new normal di Indonesia ini rencananya akan dilakukan pada 1 Juni nanti dengan membuka kembali mal. Tak hanya mal, nyatanya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan aturan HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan aturan new normal di tempat kerja baik kantor maupun industri atau pabrik.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal Menkes Terawan

Ringkasnya, skenario yang disebut sebagai tatanan kehidupan yang baru ini, mengharuskan tempat kerja menyediakan fasilitas kerja yang aman dan sehat. Kondisi itu tentunya akan membawa beberapa perubahan di lingkungan tempat kerja.

Dihimpun dari berbagai sumber, PingPoint merangkum setidaknya paling sedikit terdapat lima hal perubahan yang terjadi di tempat kerja ketika kembali beraktivitas pada fase new normal. Berikut penjabarannya.

Fastwork Siap Dukung Freelancer Muda Tanah Air Hadapi New Normal

Kantor Lebih Resik

Ke depannya perusahaan diharuskan untuk lebih fokus pada kebersihan. Penggunaan lebih banyak pembersih, disinfektan, masker, sarung tangan akan jadi suatu keharusan selama jam kerja. Aturan baru seperti misalnya keharusan menjaga jarak, tentu harus dipatuhi. Artinya, lewat sudah momen hangat berbincang santai dengan rekan kerja di sudut pantry kantor.

[Baca Juga: Berdamai dengan Pandemi, Kedok Pemerintah Himpun Herd Immunity?]

Kehadiran Fisik Bukan Kewajiban

Situasi dan kondisi yang menunjukkan masih merebaknya virus SARS-CoV-2 di tengah-tengah masyarakat akan menjadi sebuah dorongan yang kuat untuk penerapan sistem kerja jarak jauh. Di fase new normal, tempat kerja akan digunakan secara bijaksana dan jam kerja yang tersebar akan menjadi hal yang lumrah.

Dengan bantuan aplikasi konferensi video seperti Skype atau Zoom, karyawan dapat sama produktifnya di rumah seperti di kantor. Dan kabar baiknya adalah karyawan jadi bisa lebih berhemat, khususnya soal menghemat waktu perjalanan. Di sisi lain, perusahaan melihat hal ini sebagai bentuk peluang untuk melakukan penghematan yang cukup besar.

Digitalisasi Bisnis

Gempuran pandemi telah membangkitkan kesadaran di seluruh lini bisnis tentang kekuatan digitalisasi dan dampak baiknya bagi perusahaan juga karyawan. Banyak yang memprediksi, pada fase new normal nanti, dampak digitalisasi akan beresonasi ke semua industri dan fungsi, tetapi peran baru harus dibuat sebagai penyelaras. Namun yang pasti segala proses dalam mengeksekusi pekerjaan akan jadi lebih sederhana berkat keterlibatan teknologi.

5 Perubahan di Tempat Kerja Saat Fase New Normal

Gencar Pelatihan Virtual

Berkaitan dengan poin sebelumnya, terdapat dampak lain yang disebabkan dari digitalisasi bisnis. Kebutuhan terhadap pengembangan keterampilan karyawan pun menjadi meningkat. Karyawan diharapkan untuk mempelajari alat-alat baru dan memperoleh keterampilan baru, tidak hanya di bidang keahlian mereka tetapi juga di bidang fungsional lainnya. Di situasi ini, peran dari platform pembelajaran digital pun mulai dibutuhkan dan akan semakin banyak dicari oleh perusahaan.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Kesehatan Pekerja Jadi Orientasi Bisnis

Pada fase new normal nanti, diyakini bahwa karyawan yang sehat adalah segalanya bagi perusahaan. Hal-hal seperti izin sakit berbayar dan bekerja dari rumah, adalah keuntungan tambahan yang ditawarkan perusahaan pada pekerja. Selain itu, fasilitas penitipan anak untuk ibu yang bekerja, asuransi kesehatan kelompok, berbagai inisiatif kesejahteraan karyawan—misalnya Yoga dan Sesi Meditasi—akan menjadi fokus bagi perusahaan dalam fase new normal.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Dapur Tampak Luas Cat Kabiner dengan Warna Hijau Mint

Properti dan Solusi

Ingin Dapur Tampak Luas? Cat Kabinet dengan Warna Hijau Mint

11 July 2020, 14:00

Hijau mint mungkin bukan prioritas dalam pemilihan warna cat kabinet dapur, tetapi ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dapur apa pun, terutama yang kecil.

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda

Kesehatan

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda?

11 July 2020, 12:00

Para peneliti menemukan bahwa di tujuh uji klinis kecil, berbagai probiotik tampaknya memperbaiki gejala pada pasien dengan depresi klinis, setidaknya dalam jangka pendek.

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP dan B2W Indonesia Fasilitasi Transportasi Sepeda

Berita Kawasan

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP & B2W Fasilitasi Transportasi Sepeda

11 July 2020, 10:00

Dalam kolaborasi ini, untuk tahap awal telah disiapkan 35 unit sepeda bagi warga dan ditempatkan pada lima titik parkir sepeda dekat stasiun MRT.

Tokopedia Qurban.jpg

Bisnis

Layanan Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Dalam Berkurban

10 July 2020, 20:00

Tokopedia menghadirkan layanan baru untuk mempermudah masyarakat berkurban secara lebih amanah dan dengan harga yang terjangkau.


Comments


Please Login to leave a comment.