5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori

Hobi dan Hiburan

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori

Di tengah peningkatan jumlah orang positif COVID-19 ini, jagad media sosial dihebohkan dengan dengan pro-kontra konspirasi perihal penyebab pandemi Virus Corona. Bahkan, opini dari beberapa publik figur perihal latar belakang kemunculan Virus Corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia ini pun juga dinilai masyarakat sarat akan teori konspirasi.

Teori konspirasi itu sendiri sebenarnya bukan hal yang baru terjadi di masyarakat. Sedari dulu, teori konspirasi ini kerap muncul pada isu-isu publik atau fenomena penting lainnya. Bahkan, ada pula film yang mengangkat mengangkat masalah teori konspirasi ini ke layar lebar.

Nah, apa saja film tersebut? Dilansir dari DW.com (26/5/2020), berikut beberapa rekomendasi film bertema teori konspirasi.

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori JFK (1991)

1) JFK (1991)

Film JFK yang tayang pada tahun 1991 ini disutradarai Oliver Stone. Film-film besutan sutradara Oliver Stone memang terkenal dengan cerita-cerita konspirasi. Apalagi film JFK, film yang berkisah tentang pembunuhan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy.

Kematian John F. Kennedy pada tahun 1963 memang mengejutkan publik. Seorang jaksa, Jim Garrison yang diperankan Kevin Costner tidak percaya bahwa seorang pria bersenjata membunuh JFK sendirian. Sebagaimana logika pemikiran teori konspirasi, Jim berpendapat bahwa ada jaringan yang luas atau "The Deep State” yang menjadi dalang di balik pembunuhan JFK.

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori The Manchurian Candidate (2004)

2) The Manchurian Candidate (2004)

Film The Manchurian Candidate bercerita tentang pasukan perang Amerika saat beroperasi pada Perang Teluk tahun 1991. Pasukan perang Amerika Serikat yang dipimpin Bennet Marco mereka diserang secara tiba-­tiba. Sejumlah tentara perang Amerika Serikat diculik dan mengalami pencucian otak.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Setibanya kembali dari medan tempur, sang kapten merasa aneh dengan mimpi buruknya dan merasa teman-temannya yang diculik juga merasakan hal yang sama. Kecurigaannya semakin menjadi manakala ada yang memanfaatkan kasus tersebut. Hanya saja tak ada satupun yang percaya dengan pemikirannya.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Richard Condon ini sebelumnya telah tayang pada tahun 1962 dan dibuat kembali pada tahun 2004. Plot film ini sejalan dengan mitos-mitos seputar konspirasi.

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori Vanilla Sky (2001)

3) Vanilla Sky (2001)

Film karya sutradara Cameron Crowe ini dibintangi aktor kenamaan Tom Cruise dan Penelope Cruz. Film ini berbeda dengan film bertema konspirasi teori lainnya yang kerap identik dengan persoalan politik. Meski demikian, dalam film ini menunjukkan adanya sebuah perusahaan yang dapat memprogram dan mengendalikan orang, yang mana ini sejalan dengan teori konspirasi.

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori The Da Vinci Code (2006)

4) The Da Vinci Code (2006)

Diadaptasi dari novel bestseller karya Dan Brown, The Da Vinci Code memiliki cerita dengan genre konspirasi. Penemuan simbol yang tampak seperti kode di tubuh seorang kurator Museum Louvre, mengantarkan pada misteri keberadaan sebuah aliran kuno yang dianggap menjadi ancaman.

5 Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Teori The Ghost Writer (2010)

5) The Ghost Writer (2010)

Film yang dibintangi Pierce Brosnan dan Ewan McGregor ini bercerita tentang konspirasi politik. Naskah film yang ditulis oleh Robert Harris dan Roman Polanski ini menceritakan tentang terbunuhnya seorang penulis biografi, McAra. Ia ditemukan tenggelam di laut. McAra meninggal saat ia tengah menulis biografi mantan perdana menteri Inggris, yang dikemudian hari diketahui berafiliasi dengan agen CIA. Kasus ini terungkap oleh seorang The Ghost Writer yang menggantikan McAra untuk menyelesaikan naskah biografi sang perdana menteri.

[Baca Juga: Hasil Penelitian Bantah Teori Konspirasi COVID-19]

Dilansir dari dw.com, dari rekomendasi film-film ini dapat dipelajari kalau teori konspirasi bukanlah sebuah teori, tetapi lebih pada permainan pemikiran yang tidak irasional. Film-film bertema teori konspirasi pun juga sekadar hanya menjadikan konspirasi sebagai subjek atau nampak seperti spekulasi saja. Bukan tidak mungkin bila nantinya akan ada film bercerita konspirasi tentang vVrus Corona.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.