BEKASI_KULINER_5-RESTORAN-GABUS-PUCUNG-KHAS-BETAWI-YANG-WAJIB-KAMU-DATANGI_KIKI_1000-X-600-px.jpg

Kuliner

5 Restoran Gabus Pucung Khas Bekasi yang Wajib Kamu Datangi

Jika Anda sedang berkunjung ke Bekasi, ada satu kudapan wajib yang harus Anda coba. Makanan ini merupakan makanan khas Bekasi yang tampilannya sangat mirip dengan rawon. Bedanya, rawon menggunakan daging sapi sedangkan gabus pucung, menggunakan ikan gabus. Ada beberapa tempat makan di Bekasi yang masih menyajikan gabus pucung sebagai hidangan utamanya. Beberapa tempat makan dekat dengan Summarecon bekasi dan ada juga yang bisa di temukan di Kabupaten Bekasi.

Sebenarnya bagaimana asal usul penganan khas betawi ini? Nama gabus pucung diambil dari dua bahan utama makanan ini, yaitu ikan gabus dan pucung yang merupakan buah kluwak yang banyak disukai masyarakat Betawi. Dulunya, Bekasi yang masih masuk teritorial Jakarta memang terdapat rawa, empang dan sungai yang menjadi tempat hidup ikan gabus.

[Baca Juga : Jelajah Makanan Nusantara di Sambara Cipete dan Jalan Cipete Raya]

Pada era penjajahan Belanda, karena ikan mas dan mujaer mahal, masyarakat lokal menggunakan ikan gabus yang lebih murah karena mereka bisa bebas mengambil di sungai. Makanan berkuah ini juga masuk ke dalam salah satu tradisi khas Bekasi, yang disebut nyorog. Ini merupakan tradisi mengantarkan makanan yang dimasak oleh anak untuk diberikan kepada orangtua atau mertua. Tradisi ini biasanya dilakukan menjelang puasa atau lebaran sebagi tanda pengikat tali silahturahmi.

Untuk Anda yang ingin mencicipi hidangan ini, coba Anda sambangi tempat makan berikut:

Gabus Pucung Mandor Juki

Disini Anda akan merasakan makan di warung makan tradisional Betawi. Tempat makannya berada di depan rumah pemiliknya, rasanya juga sangat otentik. Disini bukan hanya bisa menikmati gabus pucung, Anda juga bisa menikmati peucak gurame, sop iga dan makanan khas betawi lainnya. Lokasinya berada di Jl. Raya Jati Asih No.11, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17424

Pondok Gabus Lukman

Terletak di Jl. Jend. Sudirman No.32, Harapan Mulya, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat 17143. Buka mulai pukul 10 pagi hingga 22.00 ini lokasinya sangat dekat dengan Summarecon Bekasi, kurang dari 1 KM. Makanan unggulan di sini tentunya gabus pucung, peucak lele, dan semur jengkol khas betawi.

RM Lestari H Abdul Shomad

Rumah makan Betawi yang satu ini terletak di Jl. Raya Kalimalang, Gandasari, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520. Lokasi rumah makan ini jauh dari Summarecon Bekasi , namun cita rasa hidangannya tak bisa Anda lewatkan. Menu andalannya gabus pucung, namun Anda juga wajib mencoba makanan pendamping lain seperti sayur ase, pepes ikan, dan ayam kampung bakarnya. Untuk harga satu porsi gabus pucung dijual seharga Rp 35.000.

RM. Khas Betawi Udin Combo

Rumah makan ini kabarnya sudah ada sejak 1980-an. Menyajikan menu khas Betawi seperti gabus pucung, oblok tongki, sayur asem, soto kaki sapi, dan lainnya. Rumah makan ini merupakan salah satu rumah makan yang terkenal di Bekasi karena rasanya yang sedap dan tak mudah dilupakan, harganya juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Anda bisa datang ke Jalan Lintas Harapan Indah 2 Pusaka Rakyat, Tarimajaya Bekasi, Pusaka Rakyat, Bekasi, Jawa Barat 17214.

RM Ibu Wati

Salah satu restoran Betawi yang menyajikan gabus pucung di sekitar Summarecon Bekasi adalah Rumah Makan Ibu Wati. Tempat makan yang terbilang cukup tua ini terkenal karena sajian gabung pucung dengan bumbunya yang kuat dan kaya akan rempah. Tempat makan yang sudah beroperasi sejak 1988 ini menyediakan gabus pucung, soto tangkar, sop iga, dan makanan khas Betawi lainnya. Lokasinya berada di Jl. R.A. Kartini, No 98, Rawa Panjang, Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat.

[Baca Juga : Menikmati Makanan Jawa Timur di Wisata Kuliner Bintaro]

Itulah lima tempat makan yang menyajikan gabus pucung terenak di dekat Summarecon Bekasi. Gabus pucung kini keberadaannya sudah semakin sulit ditemukan. Agar hidangan ini tak hilang ditelan zaman, seperti makanan lainnya, ajak keluarga Anda menikmati hidangan tradisional ini.

Read More

Artikel Lainnya

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.