5 Ritual Penyembuhan untuk Pengidap Insomnia

Kesehatan

5 Ritual Penyembuhan untuk Pengidap Insomnia

Memiliki gangguan tidur tentu sangat menggangu aktivitas dan rutinitas yang Anda lakukan. Tubuh akan terasa lebih cepat lelah karena kurang tidur atau bahkan tidak tidur. Kebiasaan buruk ini tidak bisa terus-terusan dibiarkan karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan insomnia. Dilansir dari lifehack.org (10/4/2019), berikut cara ritual menyembuhkan insomnia yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

[Baca Juga: Hal Ini Bisa Membantu Pasien Kanker Alami Kesulitan Tidur]

1. Paksakan Tidur Lebih Cepat

Hal ini terdengar cukup sulit dilaksanakan bagi Anda yang sudah terbiasa tidur terlambat. Namun, coba paksa tubuh Anda untuk tidur lebih cepat setidaknya satu jam dibanding jam tidur biasa. Lakukan selama dua minggu berturut-turut, maka otak dan tubuh Anda akan ikut memaksakan adanya perubahan tersebut. Lambat laun, Anda bisa menambahkan durasi tidur dan jadi lebih sehat.

2. Buat Kebiasaan Sebelum Tidur

Para ahli mengatakan, untuk menstimulasi tubuh untuk tidur Anda harus memiliki rutinitas tertentu sehingga otak akan mengetahui kalau waktu tidur sudah dekat. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah mandi air hangat, membaca buku, menulis jurnal, dan mendengarkan musik yang tenang. Lakukan hal tersebut setiap hari di jam yang sama.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Hentikan Penggunaan Elektronik

Salah satu penyebab utama kebanyakan orang susah untuk tidur adalah penggunaan elektronik di waktu istirahat. Ponsel, tablet, dan televisi mengeluarkan sinar biru yang dapat menganggu otak. Sinar ini menganggu ritme otak. Misalnya seharusnya otak Anda mengeluarkan zat melantonin untuk membuat seseorang terlelap, tapi akibat sinar tersebut, melantonin enggan keluar sehingga Anda tak kunjung mengantuk. Berhenti menggunakan elektronik pada 1-2 jam sebelum tidur.

4. Olahraga

Kegiatan ini juga jadi salah satu obat yang paling ampuh untuk menghilangkan insomnia. Orang yang secara rutin berolahraga memiliki pola tidur yang baik. Anda hanya perlu olahraga selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

5. Matikan Lampu Saat Ingin Tidur

Sama seperti sinar yang dihasilkan elektronik, sinar dari lampu juga dapat menganggu kerja otak Anda. Ada baiknya Anda mematikan lampu untuk menurunkan frekuensi tubuh sehingga lebih relaks dan mudah tidur.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan insomnia. Semoga setelah menerapkan cara-cara ini, pola tidur Anda semakin membaik.

Read More

Artikel Lainnya

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direloka si.jpg

Berita Kawasan

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direlokasi

19 October 2020, 17:38

Puluhan warga di bantara Kali Rengas mulai direlokasi sebagai langkah awal normalisasi Kali Rengas demi mengantisipasi banjir.


Comments


Please Login to leave a comment.