5 Ritual Penyembuhan untuk Pengidap Insomnia

Kesehatan

5 Ritual Penyembuhan untuk Pengidap Insomnia

Memiliki gangguan tidur tentu sangat menggangu aktivitas dan rutinitas yang Anda lakukan. Tubuh akan terasa lebih cepat lelah karena kurang tidur atau bahkan tidak tidur. Kebiasaan buruk ini tidak bisa terus-terusan dibiarkan karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan insomnia. Dilansir dari lifehack.org (10/4/2019), berikut cara ritual menyembuhkan insomnia yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

[Baca Juga: Hal Ini Bisa Membantu Pasien Kanker Alami Kesulitan Tidur]

1. Paksakan Tidur Lebih Cepat

Hal ini terdengar cukup sulit dilaksanakan bagi Anda yang sudah terbiasa tidur terlambat. Namun, coba paksa tubuh Anda untuk tidur lebih cepat setidaknya satu jam dibanding jam tidur biasa. Lakukan selama dua minggu berturut-turut, maka otak dan tubuh Anda akan ikut memaksakan adanya perubahan tersebut. Lambat laun, Anda bisa menambahkan durasi tidur dan jadi lebih sehat.

2. Buat Kebiasaan Sebelum Tidur

Para ahli mengatakan, untuk menstimulasi tubuh untuk tidur Anda harus memiliki rutinitas tertentu sehingga otak akan mengetahui kalau waktu tidur sudah dekat. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah mandi air hangat, membaca buku, menulis jurnal, dan mendengarkan musik yang tenang. Lakukan hal tersebut setiap hari di jam yang sama.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

3. Hentikan Penggunaan Elektronik

Salah satu penyebab utama kebanyakan orang susah untuk tidur adalah penggunaan elektronik di waktu istirahat. Ponsel, tablet, dan televisi mengeluarkan sinar biru yang dapat menganggu otak. Sinar ini menganggu ritme otak. Misalnya seharusnya otak Anda mengeluarkan zat melantonin untuk membuat seseorang terlelap, tapi akibat sinar tersebut, melantonin enggan keluar sehingga Anda tak kunjung mengantuk. Berhenti menggunakan elektronik pada 1-2 jam sebelum tidur.

4. Olahraga

Kegiatan ini juga jadi salah satu obat yang paling ampuh untuk menghilangkan insomnia. Orang yang secara rutin berolahraga memiliki pola tidur yang baik. Anda hanya perlu olahraga selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

5. Matikan Lampu Saat Ingin Tidur

Sama seperti sinar yang dihasilkan elektronik, sinar dari lampu juga dapat menganggu kerja otak Anda. Ada baiknya Anda mematikan lampu untuk menurunkan frekuensi tubuh sehingga lebih relaks dan mudah tidur.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan insomnia. Semoga setelah menerapkan cara-cara ini, pola tidur Anda semakin membaik.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.