Sekolah Di Jakarta Untuk Anak Yang Berkebutuhan Khusus

Pendidikan

5 Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta

Anak berkebutuhan khusus tetap memiliki hak akan pendidikan. Sayangnya, pendidikan konvensional tidak mampu menangkap potensi anak-anak ini sehingga akhirnya mereka tidak mampu berkembang dengan maksimal. Padahal, anak berkebutuhan khusus atau ABK biasanya memiliki banyak kelebihan, talenta serta kecerdasan di bidang-bidang tertentu yang tidak jarang melebihi anak pada umumnya.

Sejak 2009, pemerintah telah menetapkan pendidikan inklusi yang artinya sekolah harus menyediakan layanan pendidikan bagi semua anak, tak terkecuali ABK. Namun, masih banyak sekolah yang belum siap menerima anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti ini. Karena itu, sekolah khusus masih menjadi andalan bagi para orangtua untuk kebutuhan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. Di sekolah seperti ini, kurikulum yang disesuaikan serta sistem pengajaran yang fokus untuk lebih membantu anak dalam mengembangkan karakter mereka yang unik.

[Baca Juga: Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus]

Dilansir dari beberapa laman, berikut rangkuman PingPoint.co.id untuk beberapa sekolah di Jakarta yang ditujukan untuk ABK dan yang memiliki program inklusi:

Sekolah di Jakarta untuk Anak Berkebutuhan Khusus Mandiga

1. Mandiga

Di sekolah ini, cara berkomunikasi bagi siswa nonverbal adalah dengan menggunakan cara pertukaran gambar atau yang dikenal dengan istilah Picture Exchange Communication System (PECS), mengetik, atau menulis. Selain belajar di luar kelas mengenai sains sederhana, bercocok tanam, serta pekerjaan rumah tangga, ada pula pengembangan minat dalam bidang memasak, musik, prakarya, komputer, dan olahraga. Setiap bulan, sekolah yang terletak di Jl. Puri Mutiara No.14 Cipete, Jakarta Selatan ini mengadakan kegiatan seperti berbelanja di supermarket atau pasar tradisional, berenang, menggunakan kendaraan umum, piknik, menonton film, ke salon, dan makan siang di restoran.

Sekolah di Jakarta untuk Anak Berkebutuhan Khusus Talitakum

2. Talitakum

Talitakum memiliki jenjang pendidikan dari Taman Kanak Kanak hingga Sekolah Dasar. Lembaga pendidikan ini juga menyediakan terapi bagi anak berkebutuhan khusus di luar jam sekolah. Selain mengembangkan kurikulum sekolah, terdapat pula pengembangan minat di berbagai bidang seperti seni. Pentas seni diselenggarakan setiap tahun untuk menyalurkan bakat para siswa di sekolah yang terletak di Jl. Perjuangan No.28, Kebun Jeruk, Kota Jakarta Barat.

Sekolah di Jakarta untuk Anak Berkebutuhan Khusus Cita Buana

3. Cita Buana

Cita Buana adalah sekolah umum yang memiliki unit-unit edukasi khusus bagi ABK, dengan rentang siswa dari usia 5-18 tahun. Uniknya, walaupun memiliki kelas khusus ABK, sekolah ini membuka kesempatan bagi para muridnya untuk sesekali bergabung dengan kelas umum. Program inklusi ini memungkinkan adanya interaksi yang memperkaya ABK mau pun murid lain di sekolah yang terletak di Jl. Paso No.84, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini. Pengalaman interaksi ini akan meningkatkan toleransi anak-anak pada perbedaan dan keunikan teman-temannya.

Sekolah di Jakarta untuk Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Purba Adhika

4. Sekolah Purba Adhika

Sekolah ini menangani siswa ABK mulai dari Pra sekolah (TK) hingga SMA, dengan kapasitas kelas maksimum 12 murid. Lembaga pendidikan yang terletak di Jl. H.Ipin No 31, Karang Tengah I, Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini khusus menangani siswa penyandang autisme, slow learner, yang mengalami gangguan komunikasi serta memiliki hambatan belajar spesifik seperti disleksia, disgrafia, dan diskalkulia. Uniknya, selain memiliki kegiatan pengembangan diri seperti desain grafis, kecantikan, laundry, musik, otomotif, seni tari, tata boga serta tata busana, sekolah ini juga menyelenggarakan lomba di cabang olahraga seperti renang dan lari, serta bidang kesenian yang kebanyakan dikategorikan untuk ABK.

Sekolah di Jakarta untuk Anak Berkebutuhan Khusus London School Beyond Academy

5. London School Beyond Academy

London School Beyond Academy (LSBA) adalah pengembangan dari London School Centre of Autism Awareness (LSCAA). Lembaga ini didirikan agar dapat menggali potensi siswa ABK. LSBA tidak menggelar pendidikan akademis, tapi memiliki program ekstrakurikuler seperti disain grafis, piano, gitar, drum dan yoga, serta Lembaga Pendidikan Ketrampilan yang menerima anak ABK yang telah lulus SMA dalam bidang disain grafis, multimedia, dan seni pertunjukan. Sekolah ini terletak di Sudirman Park Office Complex – Rukan C16, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 35 Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Edukasi Khusus bagi Orangtua Penyandang Difabel]

Selain sekolah, setara dengan seluruh anak di dunia, tentunya pendidikan orangtua di rumah adalah kunci dari perkembangan anak. Anda harus rajin mencari informasi mengenai sekolah bagi ABK, baik inklusi maupun khusus, karena masih banyak pilihan sekolah untuk ABK.

Semakin banyak perbandingan sekolah yang didapatkan tentu saja semakin banyak pertimbangan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah pertimbangan jarak antara sekolah dan rumah. Yang paling penting, dalami terlebih dahulu program yang ditawarkan oleh sekolah, untuk melihat cocok atau tidaknya dengan kebutuhan anak.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.