5 Timbangan Emas di Cikini Gold Centre Tidak Sesuai Aturan

Bisnis

5 Timbangan Emas di Cikini Gold Centre Tidak Sesuai Aturan

Lima dari dua belas sampel toko emas di Cikini Gold Centre, Menteng, Jakarta Pusat memiliki timbangan emas yang tidak sesuai dengan aturan timbangan emas yang berlaku. Perilaku para pedagang ini tentunya dapat merugikan konsumen. Sebagai warga, Anda sebaiknya lebih berhat-hati ketika membeli logam mulia ini.

Itu terungkap ketika Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta bersama Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan melakukan pengawasan alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) terhadap timbangan emas di tempat perbelanjaan emas itu.

CIKINI GOLD CENTER PUSAT BISNIS EMAS TERBESAR DI JAKARTA

Kegiatan pengawasan ini, menurut Elizabeth, merupakan bentuk pembinaan kepada pelaku usaha.

"Tujuh toko telah memiliki alat ukur timbangan emas yang sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan, lima toko lainnya tidak sesuai aturan," ujar Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo seperti dikutip dari beritajakarta.id (20/02/2020).

Agar tidak merugikan konsumen, lima timbangan yang tak sesuai aturan itu akan dimusnahkan. Elizabeth mengungkapkan bahwa pihaknya senang karena lima pemilik timbangan emas bersikap kooperatif. Mereka sukarela melakukan pemusnahan timbangan itu secara mandiri.

[Baca Juga: Cikini Gold Center, Pusat Bisnis Emas Terbesar di Jakarta]

Selain pengawasan, Dinas PPKUKM dan Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI juga melakukan sosialisasi Undang Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal kepada pelaku usaha.

Mengutip laman CGC, Cikini Gold Center atau dikenal dengan panggilan CGC sudah menjadi tempat perbelanjaan emas sejak tahun 1962.

Sebelum menjadi CGC, pusat perbelanjaan ini adalah Pasar Cikini. Pasar Cikini di tahun 70 hingga 80-an merupakan pasar yang ramai dikunjungi banyak orang. Kini, CGC tidak terlalu ramai dikunjungi.

[Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Perhiasan Emas]

CGC memiliki sepuluh lantai, dengan empat lantai pertamanya berisi toko-toko emas. Selain toko emas, terdapat pula toko batu akik, toko keranjang, dan food court. CGC tepatnya berada di Jalan Pegangsaan Timur No.3, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Lokasinya berdekatan dengan Stasiun Cikini. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari stasiun tersebut. CGC juga sering dilewati masyarakat untuk mendapatkan akses tercepat menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Hal ini karena terdapat jalan kecil di sampingnya yang sering disebut “jalan pintas” menuju RSCM.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.