5 Tips Aman Bersepeda Saat Wabah Covid-19

Kesehatan

5 Tips Aman Bersepeda Saat Pandemi COVID-19

Di tengah kondisi pandemi ini, bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik Anda. Walau begitu, Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Bersepeda dengan waktu 30 sampai 60 menit efektif membantu sistem kekebalan Anda dan dapat melawan Virus Corona. Sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda ketahui apa yang sedang terjadi di wilayah Anda. Apakah ada PSBB atau peraturan lainnya. Dan, jika Anda sakit atau berisiko menyebarkan virus, Anda tentu saja tidak boleh keluar bersepeda. Agar Anda dapat bersepeda dengan aman selama pandemi COVID-19, begini tips dari Praktisi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dr. Endri B, MPH yang juga merupakan triathlete amatir yang diunggah di akun Facebook-nya.

[Baca Juga: Berolahraga Saat #Dirumahaja, 20Fit Hadirkan Kelas Virtual]

1) Lebih Baik Bersepeda di Rumah

Berolahraga tidak harus keluar rumah, Anda bisa tetap bersepeda di rumah dengan menggunakan sepeda khusus di dalam rumah atau indoor trainer. Sebagai gantinya bersepeda di luar rumah dengan menikmati suasana alamnya, di dalam rumah pun Anda bisa bersepeda sambil menonton televisi.

2) Bersepeda Sendiri

Sebaiknya Anda bersepeda sendiri dan tidak dalam per kelompok. Ketika orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, droplet bisa masuk ke benda yang banyak disentuh orang, dan memungkinkan orang menyentuh wajah mereka.

5 Tips Aman Bersepeda Saat Wabah Covid-19

3) Mencari Rute yang Sepi

Anda bisa melepaskan masker, sesaat ketika rute yang Anda tuju sepi. Cobalah mengatur napas ketika Anda melewati rute yang sepi.

4) Berjarak dengan Pengguna Jalan Lainnya

Di jalanan, tidak hanya Anda yang menggunakan jalan untuk bersepeda. Namun, ada pengguna jalan lainnya yang berisiko. Untuk itu, Anda sebaiknya menjaga jarak dengan mereka. Bila segaris lurus, berikan jarak 20 Meter dari depan dan belakang.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Disantap Sebelum Berolahraga]

5) Kurangi Intensitas Menggunakan Masker Bila Diperlukan

Penggunaan masker bila sudah basah tidak akan efektif lagi dalam mencegah droplet. Sebaiknya diganti bila sudah lembap atau setelah 4 jam penggunaan.

Saat bersepeda dengan menggunakan masker, dapat benar-benar efektif jika digunakan dengan benar. Namun, kebanyakan orang tidak dilatih untuk menggunakan masker dengan benar. Bahkan memakainya secara salah bisa berisiko.

Selama wabah COVID-19, bersepeda itu sangat baik dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, lebih baik lagi bila Anda dapat terapkan tips yang sudah dijelaskan di atas. Jangan abaikan kesehatan terutama protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.