5 Tips Aman Bersepeda Saat Wabah Covid-19

Kesehatan

5 Tips Aman Bersepeda Saat Pandemi COVID-19

Di tengah kondisi pandemi ini, bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik Anda. Walau begitu, Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Bersepeda dengan waktu 30 sampai 60 menit efektif membantu sistem kekebalan Anda dan dapat melawan Virus Corona. Sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda ketahui apa yang sedang terjadi di wilayah Anda. Apakah ada PSBB atau peraturan lainnya. Dan, jika Anda sakit atau berisiko menyebarkan virus, Anda tentu saja tidak boleh keluar bersepeda. Agar Anda dapat bersepeda dengan aman selama pandemi COVID-19, begini tips dari Praktisi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dr. Endri B, MPH yang juga merupakan triathlete amatir yang diunggah di akun Facebook-nya.

[Baca Juga: Berolahraga Saat #Dirumahaja, 20Fit Hadirkan Kelas Virtual]

1) Lebih Baik Bersepeda di Rumah

Berolahraga tidak harus keluar rumah, Anda bisa tetap bersepeda di rumah dengan menggunakan sepeda khusus di dalam rumah atau indoor trainer. Sebagai gantinya bersepeda di luar rumah dengan menikmati suasana alamnya, di dalam rumah pun Anda bisa bersepeda sambil menonton televisi.

2) Bersepeda Sendiri

Sebaiknya Anda bersepeda sendiri dan tidak dalam per kelompok. Ketika orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, droplet bisa masuk ke benda yang banyak disentuh orang, dan memungkinkan orang menyentuh wajah mereka.

5 Tips Aman Bersepeda Saat Wabah Covid-19

3) Mencari Rute yang Sepi

Anda bisa melepaskan masker, sesaat ketika rute yang Anda tuju sepi. Cobalah mengatur napas ketika Anda melewati rute yang sepi.

4) Berjarak dengan Pengguna Jalan Lainnya

Di jalanan, tidak hanya Anda yang menggunakan jalan untuk bersepeda. Namun, ada pengguna jalan lainnya yang berisiko. Untuk itu, Anda sebaiknya menjaga jarak dengan mereka. Bila segaris lurus, berikan jarak 20 Meter dari depan dan belakang.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Disantap Sebelum Berolahraga]

5) Kurangi Intensitas Menggunakan Masker Bila Diperlukan

Penggunaan masker bila sudah basah tidak akan efektif lagi dalam mencegah droplet. Sebaiknya diganti bila sudah lembap atau setelah 4 jam penggunaan.

Saat bersepeda dengan menggunakan masker, dapat benar-benar efektif jika digunakan dengan benar. Namun, kebanyakan orang tidak dilatih untuk menggunakan masker dengan benar. Bahkan memakainya secara salah bisa berisiko.

Selama wabah COVID-19, bersepeda itu sangat baik dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, lebih baik lagi bila Anda dapat terapkan tips yang sudah dijelaskan di atas. Jangan abaikan kesehatan terutama protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.