PURI-PENDIDIKAN-5 TIPS MEMILIH SEKOLAH ANAK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

5 Tips Memilih Sekolah Anak

Agar anak mendapatkan pendidikan yang layak, sebagai orangtua, Anda bertugas untuk mencari sekolah yang tepat. Terlebih lagi banyak sekali sekolah yang ada mungkin membuat Anda bingung memilih di mana tempat terbaik untuk anak mengembangkan potensinya.

Lalu apa saja kah hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sekolah anak? Melansir dari metro.co.uk (3/1/2019), seorang Mantan Kepala Sekolah dan Konsultan Pendidikan yang juga merupakan Founder Inspired Futures, Florence Olajide membagikan tips untuk memilih sekolah anak.

  • Pertimbangkan Lokasi

Selain memilih sekolah, tentunya Anda harus mempertimbangkan hal ini. jika anak Anda masih bersekolah di jenjang SD, jangan pilih lokasi yang terlalu jauh dari rumah, kecuali Anda bersedia mengikuti fasilitas jemputan dari sekolah. Sedangkan untuk anak yang sudah memasuki jenjang SMP dan SMA, Anda bisa memilih lokasi yang sedikit jauh. Mempertimbangkan jarak lokasi sekolah ke rumah tentunya mempengaruhi uang saku harian dan waktu anak.

[Baca Juga: Open House, Sarana Temukan Sekolah Ideal]

  • Mengenal Sekolah Lebih Dalam

Untuk mengetahui keadaan dan kondisi kegiatan sekolah Anda harus mendatangi sekolah. Biasanya sekolah memiliki kegiatan school visit atau open house yang dikhususkan untuk para orangtua yang ingin melihat kondisi belajar mengajar, konsultasi dengan tenaga pengajar, dan fasilitas sekolah. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kriteria khusus untuk sekolah anak Anda.

Tenaga Pengajar yang Mumpuni

  • Sekolah dengan Budaya yang Baik dan Tenaga Pengajar yang Mumpuni

Dengan mendatangi langsung sekolah, tentu Anda sudah bisa menilai bagaimana kultur atau budaya yang diterapkan dalam sekolah tersebut. Jika Anda menginginkan sekolah yang berbasis agama, apakah budaya di sekolah tersebut sudah sesuai dengan nilai-nilai agama?

Pastikan pula, ajaran agama yang dibagikan di sekolah tidak radikal. Atau, jika Anda ingin memasukkan anak Anda ke sekolah umum, bisa juga periksa apakah di sekolah tersebut toleransi antarumatnya baik? Jika sempat, pastikan juga guru yang mengajar profesional dan mumpuni dengan cara bertanya dengan orang yang ada di lingkungan sekolah, misalnya penjaga kantin, satpam, cleaning service, atau bahkan murid.

  • Pilih Sekolah yang Bisa Menerima Keunikan Anak

Sekolah yang mengajarkan berbagai macam mata pelajaran untuk buah hati tentu banyak, namun sekolah yang bisa membantu mengambangkan potensi dan keunikan anak tidak banyak. Pilih sekolah yang cocok dengan karakteristik anak agar dia merasa nyaman saat belajar. Jika anak Anda suka bereksplorasi, coba pertimbangkan untuk masuk ke sekolah alam. Namun jika anak sulit diatur, Anda bisa memilih sekolah dengan sistem Montessori.

[Baca Juga: Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak]

  • Keunikan Sekolah

Keunikan sekolah yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah kegiatan di luar pelajaran, misalnya ekstrakulikulernya. Apakah sekolah yang akan jadi tempat anak Anda belajar memiliki pilihan ekstra kulikuler yang menarik dan berbeda dengan sekolah lainnya? Selain itu, ada kah kegiatan menarik seperti study tour atau field trip atau bahkan pertukaran pelajar ke luar negeri?

Itulah lima hal yang harus Anda perhatikan ketika sedang bingung untuk memilih sekolah terbaik untuk anak. Tips ini bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan sekolah terbaik untuk buah hati.

Read More

Artikel Lainnya

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bantu Pemerintah Atasi Stunting dan Anemia

Berita Kawasan

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bisa Bantu Atasi Stunting

16 December 2019, 16:00

Kelima pemenang I-PLAN Food Design Challenge terpilih lewat produk olahan lautnya yang mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Apa saja yang mereka ciptakan?

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

Pendidikan

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

16 December 2019, 15:00

Komen Festival menghadirkan perpaduan bazar makanan dan panggung musik. Meski menjadi salah satu program mata kuliah, acara ini tidak menghadirkan edukasi melainkan full entertiment.

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

Berita Kawasan

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

16 December 2019, 14:00

Tokoh Brown and Friends dari Line hadir sebagai serial animasi Netflix. Serial original tersebut akan hadir dalam bentuk film animasi komedi slapstick tanpa dialog.

Pembukaan Bakmitopia ke 33, Berikan Promo Makan Gratis

Kuliner

Bakmitopia ke 33 di Kalibata City Berikan Promo Makan Gratis

16 December 2019, 13:00

Setelah sukses mendirikan gerainya di berbagai tempat di Jabodetabek, kali ini Bakmitopa cabang ke 33 hadir di Kalibata City, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.