pingpoint

PURI-PENDIDIKAN-5 TIPS MEMILIH SEKOLAH ANAK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

5 Tips Memilih Sekolah Anak

Agar anak mendapatkan pendidikan yang layak, sebagai orangtua, Anda bertugas untuk mencari sekolah yang tepat. Terlebih lagi banyak sekali sekolah yang ada mungkin membuat Anda bingung memilih di mana tempat terbaik untuk anak mengembangkan potensinya.

Lalu apa saja kah hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sekolah anak? Melansir dari metro.co.uk (3/1/2019), seorang Mantan Kepala Sekolah dan Konsultan Pendidikan yang juga merupakan Founder Inspired Futures, Florence Olajide membagikan tips untuk memilih sekolah anak.

  • Pertimbangkan Lokasi

Selain memilih sekolah, tentunya Anda harus mempertimbangkan hal ini. jika anak Anda masih bersekolah di jenjang SD, jangan pilih lokasi yang terlalu jauh dari rumah, kecuali Anda bersedia mengikuti fasilitas jemputan dari sekolah. Sedangkan untuk anak yang sudah memasuki jenjang SMP dan SMA, Anda bisa memilih lokasi yang sedikit jauh. Mempertimbangkan jarak lokasi sekolah ke rumah tentunya mempengaruhi uang saku harian dan waktu anak.

[Baca Juga: Open House, Sarana Temukan Sekolah Ideal]

  • Mengenal Sekolah Lebih Dalam

Untuk mengetahui keadaan dan kondisi kegiatan sekolah Anda harus mendatangi sekolah. Biasanya sekolah memiliki kegiatan school visit atau open house yang dikhususkan untuk para orangtua yang ingin melihat kondisi belajar mengajar, konsultasi dengan tenaga pengajar, dan fasilitas sekolah. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kriteria khusus untuk sekolah anak Anda.

Tenaga Pengajar yang Mumpuni

  • Sekolah dengan Budaya yang Baik dan Tenaga Pengajar yang Mumpuni

Dengan mendatangi langsung sekolah, tentu Anda sudah bisa menilai bagaimana kultur atau budaya yang diterapkan dalam sekolah tersebut. Jika Anda menginginkan sekolah yang berbasis agama, apakah budaya di sekolah tersebut sudah sesuai dengan nilai-nilai agama?

Pastikan pula, ajaran agama yang dibagikan di sekolah tidak radikal. Atau, jika Anda ingin memasukkan anak Anda ke sekolah umum, bisa juga periksa apakah di sekolah tersebut toleransi antarumatnya baik? Jika sempat, pastikan juga guru yang mengajar profesional dan mumpuni dengan cara bertanya dengan orang yang ada di lingkungan sekolah, misalnya penjaga kantin, satpam, cleaning service, atau bahkan murid.

  • Pilih Sekolah yang Bisa Menerima Keunikan Anak

Sekolah yang mengajarkan berbagai macam mata pelajaran untuk buah hati tentu banyak, namun sekolah yang bisa membantu mengambangkan potensi dan keunikan anak tidak banyak. Pilih sekolah yang cocok dengan karakteristik anak agar dia merasa nyaman saat belajar. Jika anak Anda suka bereksplorasi, coba pertimbangkan untuk masuk ke sekolah alam. Namun jika anak sulit diatur, Anda bisa memilih sekolah dengan sistem Montessori.

[Baca Juga: Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak]

  • Keunikan Sekolah

Keunikan sekolah yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah kegiatan di luar pelajaran, misalnya ekstrakulikulernya. Apakah sekolah yang akan jadi tempat anak Anda belajar memiliki pilihan ekstra kulikuler yang menarik dan berbeda dengan sekolah lainnya? Selain itu, ada kah kegiatan menarik seperti study tour atau field trip atau bahkan pertukaran pelajar ke luar negeri?

Itulah lima hal yang harus Anda perhatikan ketika sedang bingung untuk memilih sekolah terbaik untuk anak. Tips ini bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan sekolah terbaik untuk buah hati.


Artikel Lainnya

Bintaro-Kesehatan-4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah-Yakub 1.jpg

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama. Tak hanya itu, manusia sesungguhnya butuh ‘teman’ yang rutin menemani ketika aktivitas lowong.

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Kesehatan

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi Anda perlu diberikan makanan penunjang ASI agar bisa belajar menyantap makanan padat.

Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alami. Meskipun begitu, mengonsumsi bahan makanan sehat seperti minyak zaitun bisa membantu kulit terlihat muda.

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga terkenal dengan kelezatan buahnya dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu, buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.


Please log in to leave a comment.