5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Properti dan Solusi

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau

Menghemat air mungkin masih sedikit sulit bagi sebagian besar orang. Meskipun menjadi kebutuhan pokok, namun tidak jarang penggunaan air yang kita lakukan justru menjadi tidak efisien. Penggunaan air yang tidak efisien baru terasa kala memasuki musim kemarau. Pasokan air berkurang, bahkan air tanah pun habis. Meski sering dianggap sepele, penggunaan air yang baik akan bermanfaat. Maka dari itu, kali ini PingPoint.co.id ingin berbagi tips seputar cara menghemat air di musim kemarau. Setelah mengutip beberapa sumber, berikut tipsnya.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Mematikan Keran Dengan Benar

Lupa mematikan keran air masih dapat segera diatasi, namun tidak mematikan keran air dengan benar menjadi masalah pemborosan yang cukup merugikan. Air yang mengalir terus-menerus tanpa disadari akan menghabiskan penyimpanan tangki air (toren) hingga pemborosan listrik pompa air.Maka dari itu Anda diharapkan untuk memastikan kembali keran air tertutup dengan rapat setelah pemakaian.

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Memeriksa Saluran Air Secara Rutin

Kebocoran atau rembesan air pada saluran air menjadi salah satu faktor pemborosan air yang perlu Anda perhatikan. Karena kebocoran dapat terjadi tanpa kita sadari, maka salah satu tips menghemat air yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa saluran air secara rutin. Anda dapat melakukan maintenance sedikitnya satu kali dalam satu bulan. Jika ada kebocoran, matikan pompa air dan segera memanggil tukang untuk membenarkannya. Jika kebocorannya tidak parah, Anda dapat membenarkannya sendiri dengan selotip pipa dan lem besi.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Menggunakan Shower

Tahukah Anda, mandi dengan shower ternyata 65% lebih hemat dibandingkan menggunakan gayung atau berendam? Hal ini dikarenakan output air yang dikeluarkan oleh shower memiliki volume yang lebih sedikit. Selain itu, dengan pengeluaran air yang lebih sedikit, mandi menggunakan shower juga lebih efektif dalam membersihkan badan.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Mengurangi Pemakaian Detergen

Jika Anda sering mencuci baju sendiri di rumah, penggunaan detergen yang berlebihan bisa menyebabkan pemborosan air. Pemborosan air biasanya terjadi ketika waktu membilas baju. Semakin bayak detergen yang digunakan maka semakin banyak air yang dikeluarkan untuk membilas. Agar penggunaan air lebih efisien, cukup gunakan sedikit detergen saat mencuci baju.

[Baca Juga: Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau]

Membuat Biopori

Penggunaan air secara berlebih akan mengurangi sumber air yang ada di tanah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membuat lubang Biopori yang berguna untuk menjaga persediaan air. Cara membuat lubang Biopori cukup mudah:

  1. Buat lubang sedalam 10-15 cm di pekarangan rumah
  2. Isi lubang dengan sampah organik seperti daun kering

Pada saat hujan lubang akan terisi dengan air, Lalu air tersebut akan meresap kedalam tanah dan terikat menjadi sumber air tanah untuk suplai air yang Anda butuhkan.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.