5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Properti dan Solusi

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau

Menghemat air mungkin masih sedikit sulit bagi sebagian besar orang. Meskipun menjadi kebutuhan pokok, namun tidak jarang penggunaan air yang kita lakukan justru menjadi tidak efisien. Penggunaan air yang tidak efisien baru terasa kala memasuki musim kemarau. Pasokan air berkurang, bahkan air tanah pun habis. Meski sering dianggap sepele, penggunaan air yang baik akan bermanfaat. Maka dari itu, kali ini PingPoint.co.id ingin berbagi tips seputar cara menghemat air di musim kemarau. Setelah mengutip beberapa sumber, berikut tipsnya.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Mematikan Keran Dengan Benar

Lupa mematikan keran air masih dapat segera diatasi, namun tidak mematikan keran air dengan benar menjadi masalah pemborosan yang cukup merugikan. Air yang mengalir terus-menerus tanpa disadari akan menghabiskan penyimpanan tangki air (toren) hingga pemborosan listrik pompa air.Maka dari itu Anda diharapkan untuk memastikan kembali keran air tertutup dengan rapat setelah pemakaian.

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Memeriksa Saluran Air Secara Rutin

Kebocoran atau rembesan air pada saluran air menjadi salah satu faktor pemborosan air yang perlu Anda perhatikan. Karena kebocoran dapat terjadi tanpa kita sadari, maka salah satu tips menghemat air yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa saluran air secara rutin. Anda dapat melakukan maintenance sedikitnya satu kali dalam satu bulan. Jika ada kebocoran, matikan pompa air dan segera memanggil tukang untuk membenarkannya. Jika kebocorannya tidak parah, Anda dapat membenarkannya sendiri dengan selotip pipa dan lem besi.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Menggunakan Shower

Tahukah Anda, mandi dengan shower ternyata 65% lebih hemat dibandingkan menggunakan gayung atau berendam? Hal ini dikarenakan output air yang dikeluarkan oleh shower memiliki volume yang lebih sedikit. Selain itu, dengan pengeluaran air yang lebih sedikit, mandi menggunakan shower juga lebih efektif dalam membersihkan badan.

5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari

Mengurangi Pemakaian Detergen

Jika Anda sering mencuci baju sendiri di rumah, penggunaan detergen yang berlebihan bisa menyebabkan pemborosan air. Pemborosan air biasanya terjadi ketika waktu membilas baju. Semakin bayak detergen yang digunakan maka semakin banyak air yang dikeluarkan untuk membilas. Agar penggunaan air lebih efisien, cukup gunakan sedikit detergen saat mencuci baju.

[Baca Juga: Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau]

Membuat Biopori

Penggunaan air secara berlebih akan mengurangi sumber air yang ada di tanah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membuat lubang Biopori yang berguna untuk menjaga persediaan air. Cara membuat lubang Biopori cukup mudah:

  1. Buat lubang sedalam 10-15 cm di pekarangan rumah
  2. Isi lubang dengan sampah organik seperti daun kering

Pada saat hujan lubang akan terisi dengan air, Lalu air tersebut akan meresap kedalam tanah dan terikat menjadi sumber air tanah untuk suplai air yang Anda butuhkan.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.