Tips Penting Memilih Rumah Sakit Bersalin

Kesehatan

5 Tips Penting Sebelum Memilih Rumah Sakit Bersalin

Ketika Anda hamil dan sudah memasuki trimester ketiga, salah satu yang menjadi perhatian Anda adalah memilih rumah sakit bersalin yang tepat agar proses menjalani persalinan nanti berjalan dengan lancar, Anda dan bayi pun sehat tanpa kekurangan apa pun. Pertimbangan apa sajakah dalam memilih rumah sakit bersalin yang tepat?

[Baca Juga: Layanan Bersalin 24 Jam di Puskesmas Terdekat]

Berikut rangkuman PingPoint.co.id dari berbagai sumber mengenai langkah-langkah yang patut Anda pertimbangkan sebelum menantukan rumah sakit yang sesuai:

1) Pilih Dokter Obygin yang Tepat

Selama kehamilan, Anda perlu mencari dan memilih dokter kandungan atau obygin yang memperhatikan Anda dari segi fisik maupun emosional. Pilihan dokter yang tepat membuat Anda akan merasa nyaman berinteraksi dengannya dan kunci mempermudah proses persalinan.

2) Pilih Rumah Sakit Pro IMD dan Pro Asi

Setelah melahirkan, hal pertama yang ingin sekali dilakukan seorang ibu adalah menyusui bayinya sendiri. Mengingat betapa pentingnya ASI ekslusif pada 6 bulan pertama bagi kehidupan si kecil. Tidak semua rumah sakit Pro Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Pro Asi. Sebaiknya Anda cermat memilih rumah sakit bersalin yang Pro IMD dan Pro Asi.

Tips Penting Memilih Rumah Sakit Bersalin

3) Bekerjasama dengan BPJS

Manfaatkan kartu BPJS untuk bersalin. Jangan sampai saat bersalin, BPJS Anda tidak bisa dipakai untuk biaya persalinan Anda. Maka dari itu, pastikan Rumah Sakit yang Anda incar sudah bekerjsama dengan BPJS.

4) Dekat dengan rumah

Memilih rumah sakit bersalin dengan jarak yang dekat dari rumah Anda jauh lebih baik meningat keefisienannya. Idealnya waktu tempuh menuju rumah sakit bersalin kurang dari 30 menit. Hal ini penting diperhatikan mengingat kondisi ibu hamil kerap mengalami masalah kehamilan dengan tiba-tiba.

5) Cek Fasilitas Rumah Sakit

Pastikan Anda memilih rumah sakit bersalin yang menyediakan fasilitas yang lengkap. Kita tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi selama dan setelah persalinan berlangsung. Misalnya saja bayi terlahir prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR) sehingga harus dimasukkan ke NICU atau ICU. Atau pada kondisi darurat yang juga membutuhkan fasilitas tertentu. Bila rumah sakit yang dituju tidak mendapatkan fasilitas lengkap, tentu hal ini akan menyusahkan Anda.

[Baca Juga: Melahirkan di RS Gandaria dan Rumah Sakit Sekitar Kebayoran]

Bila semuanya sudah diperhatikan dan dipilih rumah sakit bersalin yang tepat. Anda akan sedikit lega memikirkannya. Tinggal menunggu waktu perkiraan lahiran bayi Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.