MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Bisnis

5 Tips Sebelum Memulai Bisnis Lembaga Kursus

Selain kuliner, jenis usaha yang bisa Anda lakukan adalah bisnis pendidikan. Pasalnya pendidikan merupakan kebutuhan banyak orang. Beberapa orang tua merasa pendidikan di sekolah untuk sang buah hati belum cukup maka dari itu banyak tersedia lembaga kursus yang menyediakan jasa belajar.lembaga kursus yang banyak dicari biasanya lembaga kursus untuk jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah keatas.

Namun untuk beberapa tipe pendidikan seperti bahasa dan keterampilan kerja, peminatnya mayoritas orang dewasa. Melihat kebutuhan pasar yang cukup tinggi, tak ada salahnya jika Anda mencoba lembaga pendidikan atau kursus. Berikut beberapa tips untuk Anda yang berminat untuk membuka lembaga kursus:

  • Memilih konsep usaha

MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Jika Anda memilih untuk membuka usaha kursus dengan label sendiri, maka Anda harus merumuskan konsepnya secara matang agar mudah dipasarkan dan mudah dikenal orang banyak. Namun step ini tidak perlu Anda lakukan jika Anda membuka lembaga kursus secara waralaba yang sudah populer, misalnya LIA, EF (English First), Wallstreet English, dan lain-lain.

  • Persiapkan modal

MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Untuk membuka usaha ini tentu Anda membutuhkan modal. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tergantung seberapa besar Anda ingin melakukan promosi dan fasilitas yang Anda sediakan. Jika Anda ingin membuka usaha kursus waralaba, modal yang Anda butuhkan bisa mencapai ratusan juta. Namun jika Anda membuat kursus rumahan, modal yang Anda butuhkan mulai dari Rp5-10 juta. Biaya tersebut dibutuhkan untuk modul, papan tulis, kursi dan meja, serta gaji pengajar.

  • Lokasi usaha strategis

MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Untuk usaha apapun, lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan usaha Anda, termasuk usaha kursus. Pilihlah lokasi yang dekat pusat keramaian seperti pemukiman warga, di sekitar sekolah, atau yang lainnya.

  • Membuat modul belajar

MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-05.jpg

Jika Anda menggunakan modul yang sama dengan sekolah tentu para siswa akan bosan dan cenderung tidak tertarik untuk belajar karena pambahasan dan materi yang sama. Ada baiknya Anda ciptakan modul belajar baru bersama tim pengajar lain atau beli modul belajar baru. Sehingga Anda tak perlu repot-repot membuatnya dari awal. Lembaga kursus waralaba yang sudah memiliki nama besar pun memiliki modul belajar sendiri untuk para siswanya.

  • Tenaga pengajar

MATRAMAN_BISNIS_5 TIPS SEBELUM MEMULAI BISNIS LEMBAGA KURSUS_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-06.jpg

Untuk meningkatkan citra dan kualitas tempat kursus Anda, pilihlah tenaga pengajar yang berkualitas. Pilih tenaga pengajar sesuai aturan yang berlaku dan tentu Anda sebagai pengelola harus memiliki standar tersendiri, misalnya tenaga pengajar harus berasal dari universitas unggulan. Hal ini diharapkan siswa yang belajar di tempat Anda bisa menguasai ilmu dan materi yang disampaikan dengan sempurna.

Itulah lima tips untuk Anda yang tertarik membuka lembaga kursus sebagai bisnis di dunia pendidikan.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.