4 Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

Pendidikan

5 Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

Anda senang membaca buku-buku berkualitas? Jangan hanya datang ke toko buku arus utama dong! Selain toko buku ritel yang ada di pusat-pusat perbelanjaan besar, di Jakarta Selatan juga ada toko buku independen yang menjual buku-buku berkualitas. Lima toko buku ini fokus menjual buku-buku dari penerbit indie yang sulit menembus distributor buku besar yang menuntut ribuan jumlah eksemplar. Berikut ulasan lima toko buku indie yang disusun PingPoint.co.id.

Post Santa Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

1. Post Santa Bookstore

Post Santa didirikan pada 31 Juli 2014 oleh sepasang suami istri Teddy Kusuma dan Maesy Angelina dan teman mereka, Steven Ellis. Nama terakhir sudah jarang mengunjungi Jakarta sehingga tidak pernah terlihat lagi di toko buku. Kios buku yang berada di lantai atas Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini menjadi wadah alternatif bagi buku-buku berkualitas dari penerbit indie dan ruang dialog bagi para pecinta buku.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

Toko buku indie ini beroperasi setiap akhir pekan pukul 15.00-20.00 WIB. Namun, bagi pencinta buku minimnya jam operasional bukanlah halangan. Pengunjung dan pembeli buku datang dari mana-mana, bukan hanya warga Jakarta. Mereka datang karena tertarik pada buku-buku hasil kurasi dengan teliti pasangan Maesy dan Teddy yang jarang bisa ditemui di tempat lain.

Gueari Galeri Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

2. Gueari Galeri

Toko buku dan galeri foto ini juga didirikan dua orang. Andi Ari Setiadi berprofesi fotografer dan desainer grafis, sementara Caron Toshiko menekuni therapeutic photography (menggunakan fotografi sebagai alat untuk mengeksplorasi pikiran dan emosi).

Gueari Galeri yang mereka dirikan pada 2014 merupakan penerbit independen yang merangkap toko buku serta menyediakan ruang diskusi dan perpustakaan. Berlokasi di Lantai 1 Pasar Santa, galeri ini menempati 2 petak yang dipakai sebagai area perpustakaan dan satunya sebagai perpustakaan. Hingga 2018, penerbit yang berbasis di Jakarta ini sudah menerbitkan 23 judul buku foto.

Aksara Kemang Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

3. Aksara Kemang

Nama Aksara mungkin tak asing di telinga para pencinta buku. Toko buku independen sudah berdiri sejak 2001 dan memiliki beberapa gerai di beberapa pusat perbelanjaan ternama Jakarta. Namun, awal tahun lalu, Aksara undur diri dari industri ritel dengan menutup semua gerainya dan memilih untuk fokus di Kemang, Jakarta Selatan, tempat toko buku ini pertama dimulai.

Setelah melewati tahap renovasi, Aksara Kemang kembali membuka pintunya pada Juli 2018 lalu. Aksara yang baru tak lagi sekadar toko buku, melainkan juga sebuah ruang kultural di mana masyarakat bisa lama-lama menghabiskan waktu mereka. Kini, Aksara terasa lengkap dengan kehadiran kedai kopi Ruang Seduh, mini teater Kinosaurus, Ganara Art Space, Lala Records, dan lab(Rana) di gedungnya.

Kios Ojo Keos Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

4. Kios Ojo Keos

Toko buku merangkap perpustakaan, kedai kopi, dan ruang kegiatan komunitas ini terletak di Ruko Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Di atas pintunya ada papan biru sekitar dua meter persegi dengan tulisan PUSAD (Pusat Studi Agama dan Demokrasi). Meskipun papan tersebut membingungkan, tapi setelah membuka pintu, Anda akan disambut dengan ruangan kafe dengan rak-rak penuh buku di pinggirnya.

Kios Ojo Keos Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

Kios Ojo Keos sudah direncanakan sejak 2017 oleh grup band indie Efek Rumah Kaca (ERK). Toko/kafe ini resmi dibuka untuk umum pada Mei 2018. Beberapa bulan setelah dibuka, ruang kreatif yang beroperasi pukul 11.00-23.00 ini jarang sepi pengunjung. Banyak acara musik, diskusi, dan nonton bareng yang berlangsung di Kios Ojo Keos.

Transit Bookstore Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

5. Transit Bookstore

Transit Bookstore juga terletak di Pasar Santa lantai 2. Toko buku kecil, satu petak ini, didirikan Indra dan Alien. Mereka berdua juga bertindak sebagai kurator yang mengganti tema buku yang dijual secara berkala. "Tidak ada jangka waktu tertentu, kami melihat antusiasme pengunjung toko," kata Alien ketika PingPoint.co.id mendatangi Transit Bookstore beberapa waktu lalu.

Transit Bookstore Toko Buku Indie di Jakarta Selatan Ini Patut Anda Kunjungi

Kala itu tema yang mereka angkat Know Your Neighbor yang menghadirkan buku dari dan tentang negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Dengan cara tematik ini, penggemar buku bisa mendapati buku berkualitas bagus dari luar negeri tanpa harus susah mendapatkannya.

[Baca Juga: Bosan Nonton Film Box Office? Kineforum Putar Film-film Alternatif]

Meskipun bukan toko buku besar, kelimanya berhasil tumbuh dan terus berkembang dengan dukungan komunitas. Di lima toko ini rutin mengadakan diskusi, pelatihan, dan acara seru lainnya. Pengunjung dan pembeli pun ramai berkunjung. Sekarang, para penggemar buku yang warga Jakarta, bahkan hingga warga kota-kota lain, tahu di mana mendapatkan buku yang berkualitas. Anda juga!


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.