50 Guru PAUD & TK Ikuti Bimtek Mendongeng

Berita Kawasan

50 Guru PAUD dan TK Ikuti Bimtek Mendongeng

Bercerita atau berdongen merupakan cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada orang lain, biasanya mendongeng dibawakan dalam bentuk kata-kata, gambar, maupun suara. Teknik ini kerap kali digunakan orangtua atau guru dalam proses belajar anak-anak. Mendongen juga disebutkan memiliki banyak manfaat untuk anak misalnya perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosi, dan mempererat hubungan orangtua dan anak.

Maka dari itu tak heran jika Suku Dinas Perpustakaan Jakarta Timur mengajak 50 guru Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 10 kecamatan di Jakarta Timur untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Mendongeng.

Bimtek Mendongeng diadakan di Ruang Aula Suku Dinas Perpustakaan Jakarta Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara (22/5/2019). Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari yaitu 22, 23 dan 27 Mei 2019 dengan total peserta 150 orang guru TK dan PAUD.

[Baca Juga: Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling]

Tema dari kegiatan Bimtek Mendongeng ini adalah Gerakan Pembudayaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan Jakarta Timur Tahun 2019. Seperti tema acaranya, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan gerakan budaya minat baca serta mempromosikan perpustakaan di Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi. Dalam sambutannya, Usmayadi menyebutkan, guru yang mengikuti Bimtek Mendongeng dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar dan memberikan nilai tambah dutnuk meningkatkan pengetahuan anak didik. Kegiatan ini juga dijalankan demi meningkatkan kualitas tenaga pengelola yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang perpustakaan.

Melansir dari timur.jakarta.go.id (24/5/2019), Kepala Suku Dinas Perpustakaan Jakarta Timur Eka Nuretika Putra menyebutkan, kegiatan Bimtek Mendongeng ini bertujuan untuk membekali guru TK dan PAUD agar mampu mengidentifikasi, memilih dan mengembangkan metode mendongeng atau bercerita.

[Baca Juga: Ayo Dongeng Indonesia Ajak Anak Nikmati Indahnya Dunia Cerita]

"Kegiatan Bimbingan Teknis Mendongeng untuk guru TK dan PAUD ini juga berguna untuk menumbuh kembangkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca bagi warga DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur," kata Eka.

Dari bimbingan ini, Eka berharap adanya kerjasama dari pemerintah, satuan pendidikan, dan masyarakat umum untuk meningkatkan kegiatan gemar membaca dengan memberdayakan perpustakaan. Bimbingan ini merupakan salah satu upaya yang bisa kami lakukan untuk mendekatkan masyarakat dengan perpustakaan.

“Kegiatan ini juga bisa jadi salah satu upaya mendukung visi Gubernur DKI Jakarta menjadikan Jakarta Maju Kotanya Bahagia Warganya," tambah Eka.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.